TOP REKOMENDASI ITINERARY KHAS MAKASSAR

By: Admin
Daerah Makassar memiliki kuliner yang dikenal luas. Banyak makanan Makassar yang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya, coto makassar dan sop konro. Namun, makanan khas lainnya tidak kalah lezat untuk kamu nikmati bersama teman maupun bersama keluarga saat berlibur ke Makasar. Berbagai macam restoran yang menyajikan menu khas Makassar bisa dengan mudah kita jumpai. Tapi mungkin tidak semua yang memiliki rasa yang lezat dan terkenal menurut warga lokalnya. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan yang nikmat dan lezat buak kamu yang menghabiskan waktu berliburnya di Makassar.
 
Hari 1
Konon asal muasal dari mie Titi ini awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Titi mulai terkenal sejak tahun 1970-an. Mie Kering Di Makassar yang terkenal ada 4 yaitu Mie Titi, Mie Awa, Mie Hengky, dan Mie Anto. Mie Titi ini adalah mie kering yang di atasnya disiram dengan kuah kental yang dicampur dengan adonan telur. Disertai dengan sayuran hijau, irisan daging ayam, ampela, gorengan dan udang membuat siapa saja yang melihatnya tak mampu untuk segera menyantap.
 
Pallubasa adalah sajian irisan daging sapi dan jeroannya yang direbus dengan bumbu khasnya lalu diberikan serundeng atau kelapa sangrai dan telur setengah matang. Pallubasa merupakan salahsatu makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti Coto Mangkasara (Coto Makassar), Pallubasa juga terbuat dari jeroan (isi dalam perut) sapi atau kerbau.
 
Disebut Sop Saudara karena awal mulanya terinspirasi dari nama Coto Paraikatte, yang dalam bahasa makassar paraikatte berarti saudara atau sesama, sehingga diberi nama Sop Saudara. Sop Saudara merupakan sop daging yg mengunakan rempah utama yaitu merica dan ketumbar. Masakan khas dari Sulawesi Selatan ini berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.
 

Hari 2
Coto Nusantara merupakan campuran antara daging dan jeroan sapi atau kerbau, berupa lidah, usus, paru, hati, dan babat. Irisan daging dan jeroan ini direbus kemudian dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus dan sangat kaya akan rempah-rempah. Umumnya, penjual coto memberikan pilihan antara coto campur, coto daging, atau hati. Ini sebagai alternatif bagi pelanggan yang tidak menyukai jeroan.
 
Berawal dari sebuah warung kaki lima yang berdiri pada tahun 1968 di Lapangan Karabosi-Makasar, Rumah Makan Sop Konro Karabosi mampu memikat hati para pelanggannya hingga mampu bertahan dan berkembang hingga berdiri beberapa cabangnya di Jakarta, Makasar dan Surabaya. Nama Karebosi diambil dari nama Alun-alun Kota Makassar, yang dulunya merupakan tempat pertama Warung Sop Konro ini berdiri. Sop Konro dibuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup, sedangkan Konro Bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadu dengan bumbu kacang racikan khas Makassar.
 
Coto Gagak adalah salah satu tempat makan favorit coto makassar yang terkenal paling enak. Ini terlihat dari banyak mobil parkir di depan tempat makan. Ada dua jenis tempat makan yang disediakan Coto Gagak, yaitu yang biasa dan yang ber-AC. Tapi jika ingin merasakan sensasi makan coto yang nikmat, sebaiknya pilih tempat makan biasa yang masih menggunakan kipas angin. Tempat makan yang satu itu jauh dari kesan modern. Bahkan, masih cenderung tradisional. Tempat ini buka 24 jam non-stop.
 

Hari 3
Pisang Epe adalah pisang kepok muda yang dipipihkan dan kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Pisang Epe disajikan dengan lelehan gula merah yang biasanya dicampur dengan buah durian atau nangka. Di sepanjang Jalan Pantai Losari berjejeran pedagang kaki lima pisang epe. Pilihan rasa mulai rasa keju, durian, cokelat dan orisinal.
 
Coto Paraikatte merupakan makahan khas Makassar yang mempertahankan cita rasanya sejak dulu hingga sekarang. Makanannya terbuat dari daging lokal, dan disajikan menggunakan bumbu racikan khas rumah makan ini.
 
Pallubasa merupakan makanan yang pertama kali dijual di rumah makan ini, rasanya yang nikmat membuat Pallubasa Onta sudah memiliki pelanggan loyal. Bumbu daging sapi yang disajikan bersama kuah Pallubasa, diracik langsung oleh pemilik rumah makan ini. Selain itu, di dalam Pallubasa diberi telur setengah matang sedangkan daging yang dipakai adalah daging pipi sapi.
 

Hari 4
Mie kering khas Makassar ini renyah, karena tidak direbus melainkan digoreng. Keistimewaannya terasa ketika kuah panas diguyurkan diatasnya, tekstur mienya menjadi sangat khas, antara mulai lembut tapi tetap menyisakan kerenyahannya. Mie kering yang diguyur kuah kental dengan aroma kaldu ayam yang kuat menjadikan hidangan Mie Anto ini memang patut menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Kota Makassar.
 
Dalam bahasa Makassar, ”ulu” berarti kepala dan ”juku” berarti ikan. Jadi, bila ada rumah makan bernama Ulu Juku, kiranya sudah jelas apa yang disajikan sebagai menu utama di tempat tersebut. Kepala ikannya disajikan dalam bentuk terbelah tiga sehingga bagian-bagian dalam kepala itu sudah tersaji tanpa perlu kita membongkarnya. Seperti lazimnya sup, kuah sup ini terasa segar dengan sedikit sentuhan rasa asam, tetapi tanpa kehilangan sensasi gurih dan aroma laut dari irisan-irisan kepala ikan di dalamnya.
Sumber:
CeritaPerut Daerah Makassar memiliki kuliner yang dikenal luas. Banyak makanan Makassar yang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya, coto makassar dan sop konro. Namun, makanan khas lainnya tidak kalah lezat untuk kamu nikmati. 4 Visit us on Google+

There are no comments

Post a comment