TOP REKOMENDASI ITINERARY KHAS SURABAYA

By: Admin
Surabaya yang menjabat sebagai kota kedua terbesar di Indonesia dan juga merupakan kota pahlawan yang kental dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini menyimpan banyak tempat wisata yang layak untuk di kunjungi wisatawan. Tapi, selain tempat wisata yang menarik buat dikunjungi, Surabaya juga memiliki banyak tempat kuliner yang khas dan sayang bila dilewatkan. Untuk membantu wisata kuliner kamu di Surabaya, berikut ini beberapa rekomendasi tempat kuliner yang wajib kamu bersama keluarga coba.
 
Hari 1
Potongan lontong dan tahu goreng yang lembut, juga tambahan lentho sebagai ciri khas lontong balap, diguyur dengan kuah segar dan gurih beraroma garlic yang memikat, juga dengan dengan tauge yang melimpah, dan… ah! taburan bawang goreng yang kriukk kriukk wangi… membayangkannya saja pasti mau coba kan? Jangan lupa untuk menambah sambal petis yang ‘joss!’, agar semakin bertambah kenikmatan makan malam kamu!
 
Campuran tauge mentah dan daun melinjo dengan siraman kuah rawon pekat nan nikmat dan dengan daging sapi yang empuk dipotong dadu dan campuran jeroan atau kikil sapi, juga taburan bawang goreng yang kriukk kriukk menggoda semakin mempercantik rasa dan penampilan. Sebagai pelengkap kenikmatan makan kamu bisa tambahkan tempe goreng, telur asin, telur pindang, empal daging, dan perkedel kentang yang lembut juga kerupuk udang. Bagi pecinta masakan pedas, wajib tambahkan sambal ke dalam rawon! Pedas dan segar dalam satu suapan.
 
Menu makanan yang fenomenal di Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli ada soto Madura, soto ayam, dan rujak cingur. Untuk pelengkapnya ada jeroan dan daging. Harga dari soto bergelar ini Rp 32.000,-/porsinya. Ciri khas dari sotonya yaitu ada taburan koya dan kremesan kerupuk udang. Selain itu ada makanan khas China juga lho yaitu ang sio tahu sama fu yung hai. Kalau untuk minumannya ada es buah, jus, kopi instan, dan ada jamu juga. Untuk minumannya kisaran harga Rp 10.000,-.
 

Hari 2
Kuliner dengan bahan dasar bebek terutama bebek goreng, si Kota Pahlawan adalah gudangnya. Salah satu tempat pilihan untuk mencicipi olahan bebek adalah di Bebek Palupi. Tempat makan yang terletak di Jalan Rungkut Madya No. 77 ini selain menawarkan bebek goreng, disini juga menawarkan bebek bakarnya yang spesial sebagai menu andalan. ada menu lainnya juga seperti ayam goreng atau bakar dan ikan.
 
Menu olahan daging dengan bumbu dan kuah hitam ini super mantap! Bumbunya bener-bener kaya rasa rempah dan kasih sensasi manis pedas yang segeeerr banget, rasanya melebur dilidah… enggak hanya dikuah, tapi bumbunya juga meresap ke dagingnya yang berukuran lumayan gede-gede tapi tetep empuk, woah! Pokoknya enak banget banget banget! Nah, buat nemenin makan rawon ini menurut aku sih paling klop kalo udah bareng kerupuk udang, gorengan tempe, perkedel, gorengan sama paru, dan semuanya disediain disini.
 
Warung Lontong Balap Rajawali di kota Pahlawan memang superb! Dari 1956 lontong balap disini enaknya enggak pernah berubah, si empunya dan keturunannya sangat menjaga resep rahasianya yang diwariskan secara turun temurun hingga sekarang!
 


Hari 3
Sebenernya kalau dilihat secara fisik, kedainya cukup sederhana dan kurang luas tapi kalau udah ngomongin rasa, ah! Enggak usah ditanya, bahkan banyak selebritis beberapa kali mampir untuk sekedai menikmati tahu tek racikan Pak Ali di kedai ini! Keren ga? Itu bisa jadi indicator kalau tempat makan satu ini memang recommended banget. Bahkan, menurut penuturan Pak Ali sendiri waktu saya cicip tahu tek di kedainya, Pak Ali menghabiskan tahu lebih dari 200 butir setiap harinya untuk dijual, beda cerita kalau udah weekend bisa sampai tiga kali lipat penjualannya!
 
Rawon Pak Pangat memang beda, suwiran empalnya untuk kuah rawonnya bisa pilih sendiri sesuai yang yang kamu pengen, ada tiga varian yang bisa dipilih, ada pilihan nasi rawon suwir, nasi rawon krengsengan dan nasi rawon campur.
 
Hal pertama yang diinget kalau denger ‘rujak cingur’ pasti inget Surabaya, iya enggak sih? Karena memang rujak cingur asalnya dari Surabaya, meski memang enggak Cuma di Surabaya, disebagian besar Jawa Timur juga banyak ditemuin, tapi yang cukup recommended ada di Rujak Cingur Ahmad Jais!
Sumber:
CeritaPerut Selain tempat wisata yang menarik buat dikunjungi, Surabaya juga memiliki banyak tempat kuliner yang khas dan sayang bila dilewatkan. 4 Visit us on Google+

There are no comments

Post a comment