TOP REKOMENDASI ITINERARY MAKAN KENYANG DI SOLO

By: Admin
Solo merupakan tempat yang penuh dengan wisata budayanya setelah kota Jogja. Di sini kita bisa mengunjungi Kraton Solo, batik Solo dan berbagai tempat wisata sejarah dan budaya lainnya. Buat kamu yang punya rencana berlibur atau ada acara dinas di Solo pasti sudah menyiapkan list tempat-tempat yang harus dikunjungi dari jauh-jauh hari.
 
Tapi belum lengkap kalau datang ke Solo tanpa menikmati kuliner khas Solo. Selain tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Solo juga punya banyak tempat kuliner khas Solo  yang lezat dan mengenyangkan yang wajib kamu kunjungi. Untuk memudahkan kamu berwisata kuliner di Solo, berikut ini rekomendasi tempat-tempat kuliner yang wajib kamu datengin.
 
Hari 1
Rasa gudegnya sangat gurih dan cenderung asin. Sementara ceker ayamnya terasa sangat empuk. Cekernya dimasak dalam kuah santan dengan waktu yang cukup lama, sehingga kulit dan tulang mudanya akan langsung terlepas ketika digigit. Porsinya pun tidak terlalu besar, pas banget buat perut yang mudah kenyang. Gudeg Ceker Bu Kasno memang mulai beroprasi sejak jam 01.00 dini hari hingga 04.00, tapi jangan salah, meski buka diwaktu dini hari tapi ga pernah sepi antrian.
 
Kunjungan ke kota budaya di Jawa Tengah belum sah kalau belum coba Selat Solo. Salah satu kedai yang menjajakan kuliner ini dan cukup legendaris adalah Warung Selat Mbak Lies. Irisan daging sapi yang empuk tapi mungil bertengger di atas telur pindang, kentang goreng, dengan sayuran: wortel, tomat, buncis dan selada ditemani dengan ceriping kentang (kentang tipis digoreng garing), acar timun, irisan bawang merah dan yang spesial "mayonaise jawa". Kenapa spesial? Karena Mayonaise ini tidak bisa ditemui di hidangan lain, khusus untuk Selat Solo. 
 
Soto dengan porsi yang pas. Kuahnya agak kental dengan warna cenderung putih. Sedang rasa memang beda. Terasa gurih dan memang cenderung berlemak. Di meja tersedia berbagai lauk yang menggoda. Tempe, Empal, Tahu, Sate Uritan, Brutu, Perkedel. Selain rasa soto yang enak, yang paling banyak di cari adalah minuman tehnya.
 

Hari 2
Tengkleng buatan Bu Ediyem berbahan dasar kepala kambing berikut tulang-tulangnya. Kuahnya berwarna kuning dengan cabai rawit merah menyembul di sana-sini. Sekilas masakan ini seperti gulai dengan kuah yang agak encer. Cita rasanya asin bercampur gurih dan pedas. Edi menyajikan tengklengnya dalam pincuk daun pisang dilapisi kertas pembungkus makanan.
 
Kupat tahu disini terdiri dari ketupat, mie basah, taoge, tahu goreng, bakwan goreng yang dipotong kecil-kecil, kacang goreng dan disiram dengan kuah bumbu kecap manis dengan rasa bawang yang cukup terasa. Yang membuatnya berbeda dari yang lain, di warung kupat tahu ini, anda dapat pula menambahkan telur ceplok sebagai pelengkap kupat tahu.
 
Nasi gurih ini biasa dijumpai di warung-warung kuliner di Kota Solo kala pagi dan malam hari. Kuliner yang satu ini memang lebih sedap disantap kala pagi atau malam hari. Nasi liwet menjadi kuliner favorit bagi keluarga Solo. Nasinya yang gurih dan harum membuat banyak orang ingin dan mudah merindukan masakan Solo yang satu ini.
 

Hari 3
Meskipun spesialis sate buntel, tapi warung ini juga menyediakan menu olahan kambing lainnya. Diantaranya adalah Gulai dan Tengkleng. Kami mencoba dua varian gulainya, yaitu Gule Daging Biasa dan Gule Sumsum. Meskipun namanya Gule Daging Biasa, namun rasanya tetap spesial. Sementara Gule Sumsum lebih menantang lidah karena penampilannya yang berantakan.
 
Beneran deh, kalu udah cicip menu rawon di Rawon Penjara pasti lidah dan hati kamu terpenjara kenikmatan rawonnya! Sebenernya menu ini seperti rawon pada umumnya, disajikan dengan nasi putih yang pulen dan kuahnya yang coklat kental yang syarat akan bumbu rempah yang gurih berisi potongan daging yang empuk dan taoge segar plus sambal terasi, tempe dan telor asin, dan tentunya rasa ini udah jadi rasa yang solo banget!
 
Kalo ke Solo, jangan lupa buat mampir ke warung sate yang satu ini. Sate Kere Yu Rebi ini sudah sangat terkenal di Solo. Bumbu kacang Yu Rebi ini dahsyat, pedasnya baru berasa di tenggorokan dan perut setelah makan! Nggak membayangkan orang yang menambahkan cabe dan bawang merah tambahan yang juga disodorkan Yu Rebi.
 

Hari 4
Soto ini super legendaris di Solo. kalau misalnya bingung menemukan soto ini, tanya saja ke orang Solo. yakin 70 % orang Solo asli tahu tentang Soto ini. Warung sotonya njawani dengan perabot-perabot kuno, mirip warung-warung di jaman dulu.
 
Harjo bestik merupakan salah satu warung yang menjual bestik yang cukup terkenal di Solo. Beragam menu bestik ada di warung ini, namun ada 1 menu yang tidak tercantum di menu, yaitu elek-elekan, lidah sapi yang di goreng hingga crispy, berisi potongan lidah sapi dan irisan kentang wortel, daun selada, tomat, timun acar dan moster alias mayones solo.
 
Ada 35 menu makan dan 40 menu minuman yang ditawarkan sama Es Masuk. Banyak diantaranya merupakan menu tradisional yang Solo Banget dan tentunya memberikan sensasi rasa nostalgia dengan menu yang sudah ada dari jaman ‘entah kapan’ macam nasi timlo, garang asem, nasi gudeg, nasi langi, nasi tumpang, tahu acar, garang asem, selat dan tentunya masih ada banyak lagi! Yang menggelitik perhatian aku waktu ke warung makan yang ada di jalan Reksoninten 43B adalah menu minumannya dinginnya macam es teller dan es dawet selasih, rasanya menggelitik lidah! Apalagi harganya yang menggelitik kantong cuma butuh uang mulai dari Rp 1000 untuk minumannya! Woooho!
Sumber:
CeritaPerut Selain tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Solo juga punya banyak tempat kuliner khas Solo  yang lezat dan mengenyangkan yang wajib kamu kunjungi. 4 Visit us on Google+

There are no comments

Post a comment