REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK PEKALONGAN

By: Admin
Pekalongan, yang merupakan salah satu tempat yang terkenal di Propinsi Jawa Tengah,  tidak hanya menyimpan budaya yang tinggi dengan batiknya, maka tidaklah mengherankan bila Pekalongan disebut kota Batik.Bila anda melewati Pekalongan, tak puas rasanya bila tidak mencicipi kuliner terbaik di Pekalongan. Yuk simak apa aja rekomendasi kuliner di pekalongan
 
  • Nasi Megono
Khasnya Pekalongan nih! dengan menu irisan nangka muda yang dipadukan dengan bumbu sambal kelapa. Rasanya yang gurih, pedas dan khas menjadikan naasi megono termasuk dalam wisata kuliner pekalongan yang tidak boleh ketinggalan. Nah untuk menemukan makanan ini gampang kok, apalagi kalau masih di daerah pekalongan. Biasanya setiap sore banyak pedagang nasi megono di sekitar alun-alun kota pekalongan. Kalo masalah harga gausah kawatir, seporsi nasi megono komplit bisa sekitar 4000-5000 rupiah. Recommnded nih buat yang lagi mudik.
 
  • Pindang Tetel Pak Anas
Ini dia menu khas Pekalongan selain nasi megono. Namanya pindang tetel. Menu ini berasal dari daerah Kedungwuni, sekitar 8 kilometer ke arah selatan Kota Pekalongan. Sayangnyaa, penjual menu ini kebanyakan berjualan keliling. Namun tenang saja, ada kedai sederhana milik pak Ahmad Nasoho yang sudah berjualan sejak tahun 1975. Letaknya di Jl. Raya Ambokembang Gang 6, No. 6. Kedainya berlokasi di seberang rumah sakit islam muhammadiyah. Seporsi pindang tetel bisa dinikmati dengan harga Rp 4.500 saja. Murah dan lezat. Pak Anas berjualan dikedai mungil berkapasitas 10 pengunjung mulai pukul 09.30-15.00. jangan lupa mampir ya.
 
  • Tauto Bu Bawon
Ada cukup banyak pedagang tauto loh yang bisa kita jumpai di kota Pekalongan, namun tauto PPIP atau tauto ibu bawon merupakan salah satu warung yang cukup dikenal. Untuk dapat menemukan lokasi warung tauto PPIP bukanlah yang terlalu sulit, lokasinya berada dikompleks grosir batik PPIP pekalongan di Jl. Dr. Wahidin. Namun kalau kalian merasa kesulitan untuk menemukan lokasinya, jangan malu untuk bertanya ke salah satu tukang parkir, tukang becak atau warga sekitar karena sebagian besar dari warga pekalongan. Satu porsi tauto ini berharga sekitar 9.000 – 11.000. cukup terjangkau bukan?
 
  • Kepiting Gemes Kombor
Ketika melintas kota Pekalongan, jangan lupa untuk singgah ke salah satu rumah makan yang menyajikan menu olahan kepiting. RM kepiting gemes kombor merupakan salah satu rumah makan yang cukup terkenal di daerah Pekalongan. Nah kepiting gemes kombor  ini berlokasi di Jl. Belimbing No. 134, Pekalongan. Biasanya rumah makan kepiting gemes kombor ini mulai melayani para pembelinya setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. Namun terkadang sebelum jam 6 sore menu yang satu ini sudah habis duluan. Masalah harga mungkin terbilang mahal, sekitar (Rp. 70.000 – Rp. 95.000). mungkin karena berbau seafood wajar saja agak mahal. Jangan sampe dilewatkan ya.
 
  • Sop Buntut Bu Leman
Sop buntut Bu Leman berada di jalan Wahidin 91 D, Pekalongan. Tempatnya cukup mudah ditemukan. Konon, disinilah tempat langganan para pejabat setempat karena rasa sop buntutnya terasa segar dan lezat. Rumah makan ini cukup luas dan terbagi atas dua lantai serta melayani penggunjung mulai dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.Satu porsi sop buntut kuah Bu Leman bisa dinikmati dengan harga Rp 28 ribu sedangkan sop buntut goreng Rp 33 ribu. Yuk dicoba.
 
  • Garang Asem Masduki
Satu lagi makanan yang bisa dicicipi ketika berkunjung ke Kota Pekalongan yaitu garang asem masduki. Masduki membuka garang asem di daerah alun-alun atau tepatnya berada di dekat biro-biro travel. Bahkan garang asem masduki juga telah membuka cabang di Jalan KH Mas Mansyur. Satu porsi garang asem masduki saat ini Rp 15 ribu. Kalau mau komplit dengan nasi dan minum, harganya hanya Rp 18.500 saja hehehe
 
  • Es Durian di Gubuk Es Merah
Selain makanan, ada juga nih yang seger-seger. Es durian disajikan dengan campuran kelapa muda cukup lezat untuk dinikmati pada siang hari. Kelezatan es durian yang ada di Gubug es merah, Jalan Merak ternyata cukup dikenal oleh masyarakat kota Pekalongan dan sekitarnya. Hal itu terbukti dengan selalu ramainya tempat tersebut setiap harinya dengan dikunjungi oleh para pembeli. Khusus es durian dengan kopyor dipatok dengan harga Rp 12 ribu sedangkan untuk kombinasi lainnya masing-masing berharga Rp 10 ribu permangkoknya. Jangan sampai dilewatkan.
 
  • Soto Ayam Bang Dul
Masih berbau soto nih. Jika kita ingin mencoba soto khas pekalongan dengan cita rasa lezat, disinilah tempatnya. Soto ayam milik Bang Dul ini berlokasi di Jl. A Yani No.50, kedainya agak kecil dan tempat parkirnya juga terbatas. Tapi jangan khawatir selain disini, soto ayam Bang Dul ini juga membuka cabang ditempat lain. Tempatnya lebih besar dan lahan parkirnya juga cukup luas, letaknya kira-kira 1 km dari kedai pusat tepatnya di Jl. Dr. Cipto No.119. Kedai ini mulai buka jam 7 pagi sampai 6 sore. Saat lebaran, biasanya kedai ini menghabiskan hingga 60 ekor ayam.Satu porsi berkisar seharga 8.000 - 10.000. selamat menikmati.
 
  • Sate Kebo
hmmm sekarang menu nya agak berbeda loh tapi tetap khas pekalongan. Di pekalongan ada sate kebo yang sangat lezat dan juga terkenal. Jika kalian mencoba sate ini pasti akan ketagihan. Sate ini hampir sama dengan sate padang, namun berbeda dan juga hanya bisa di temukan di pekalongan. Jika kalianpenasaran dengan sate ini, bisa mencarinya di selatan pekalongan tepatnya di jl hasanudin. Sate ini per porsinya hanya di banderol dengan harga Rp. 20.000 saja. Yuk dicoba.
 
  • Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto
Kali ini ada ikan bakar nih, rekomendasi yang sangat bagus. Ikan bakar dengan aroma yang kuat dan juga gurih memang bisa membuat orang yang mencobanya ketagihan. Salah satu rumah makan yang menawarkan ikan bakar adalah RM writo. Lokasinya ada di Jl. Pantai sari panjang baru Pekalongan. Harganya cukup adil kok hehe, sekitar Rp 30.000. wajib cobain nih

Sumber:
CeritaPerut Pekalongan, yang merupakan salah satu tempat yang terkenal di Propinsi Jawa Tengah,  tidak hanya menyimpan budaya yang tinggi dengan batiknya, maka tidaklah mengherankan bila Pekalongan disebut kota Batik.Bila anda melewati Pekalongan, tak puas rasanya bila tidak mencicipi kuliner terbaik di Pekalongan. Yuk simak apa aja rekomendasi kuliner di pekalongan 4 Visit us on Google+

There are no comments

Post a comment