TOP REKOMENDASI KULINER PILIHAN BERBUKA PUASA KOTA MAKASSAR

By: Admin
Daerah Makassar memiliki kuliner yang dikenal luas. Banyak makanan Makassar yang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya, coto makassar dan sop konro. Namun, makanan khas lainnya tidak kalah lezat untuk kamu coba bersama keluarga tercinta. Jika kamu mau berlibur ke Makasar di bulan puasa, di Makassar tersedia banyak restoran yang cocok untuk berbuka puasa bersama. Selain Restoran yang menyediakan masakan khas Makassar, makanan indonesia lainnya juga tersedia di Makassar. Berikut ini 10 rekomendasi tempat makan yang nikmat dan lezat buat kamu berbuka puasa :
 

Disebut Sop Saudara karena awal mulanya terinspirasi dari nama Coto Paraikatte, yang dalam bahasa makassar paraikatte berarti saudara atau sesama, sehingga diberi nama Sop Saudara. Sop Saudara merupakan sop daging yg mengunakan rempah utama yaitu merica dan ketumbar. Masakan khas dari Sulawesi Selatan ini berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.
 

Pallubasa adalah sajian irisan daging sapi dan jeroannya yang direbus dengan bumbu khasnya lalu diberikan serundeng atau kelapa sangrai dan telur setengah matang. Pallubasa merupakan salahsatu makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti Coto Mangkasara (Coto Makassar), Pallubasa juga terbuat dari jeroan (isi dalam perut) sapi atau kerbau. Proses memasak pun hampir sama dengan Coto Makassar, yakni jeroan direbus dalam waktu lama. Setelah matang, jeroan ditambah dengan daging itu diiris-iris, kemudian ditaruh/dihidangkan dalam mangkuk. Pallu Basa ini hampir mirip dengan Coto tetapi dengan aroma kuah yang sedikit berbeda, santannya lebih kental dan serbuk kelapa sangrai terasa menyatu dengan kuahnya. Isinya aneka campuran daging dan jeroan dari sapi dan (katanya) kerbau.
 
 

Coto Nusantara merupakan campuran antara daging dan jeroan sapi atau kerbau, berupa lidah, usus, paru, hati, dan babat. Irisan daging dan jeroan ini direbus kemudian dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus dan sangat kaya akan rempah-rempah. Umumnya, penjual coto memberikan pilihan antara coto campur, coto daging, atau hati. Ini sebagai alternatif bagi pelanggan yang tidak menyukai jeroan.
 

Coto Gagak adalah salah satu tempat makan favorit coto makassar yang terkenal paling enak. Ini terlihat dari banyak mobil parkir di depan tempat makan. Ada dua jenis tempat makan yang disediakan Coto Gagak, yaitu yang biasa dan yang ber-AC. Tapi jika ingin merasakan sensasi makan coto yang nikmat, sebaiknya pilih tempat makan biasa yang masing menggunakan kipas angin. Tempat makan yang satu itu jauh dari kesan modern. Bahkan, masih cenderung tradisional. Di bagian dalam, terdapat meja panjang dan kursi plastik. Ada ketupat berukuran mini, sambal, dan kecap tersaji di atas meja. Coto Makassar di jalan gagak ini, selain rasanya enak, katanya tempat ini juga buka 24jam sehingga jadi tujuan kuliner banyak warga di kota ini.
 

Mie Hengky, terletak persis di depan pintu satu pelabuhan. Menempati rumah tua yang terkesan kurang terawatt. Banyak yang mengeluhkan kondisinya terutama para perempuan. Namun yang paling penting adalah rasa mie yang sesuai dengan selera. Menu utama Mie Hengky adalah mie kering, tidak mempunyai cabang namun hanya terdapat di jalan nusantara dan mie hengky ini terkenal dengan cara masaknya yang mendadak yaitu memasak satu per satu sesuai pesanan pelanggan sehingga membuat mie ini segar dan lezat untuk disantap para pelanggannya.
 

Diolah dari ayam kampung, ayam goreng sulawesi ini menyajikan cita rasa yang berbeda. Semburat rasa legit tapi gurih langsung terasa begitu kita mengunyah potongan daging ayam yang empuk ini. Kesan pertama yang kita lihat pada ayam goreng di sini adalah warnanya. Jika biasanya warna ayam goreng itu kuning keemasan, maka di sni warnanya cokelat tua. Bumbunya yang meresap sampai ke dalam tulang dan tekstur daging ayam yang lembut memberi jejak bahwa proses memasak ayam ini tidak seadanya dan memakan waktu yang cukup lama. Bahkan rasa manis yang gurih ini juga bisa dinikmati sampai ke jeroan ati-ampela nya. Nikmati dengan sambal yang tersaji, maka rasa yang kita nikmati akan semakin lengkap.
 

Sejak lama kota Makassar terkenal dengan masakan lautnya yang nikmat. Warisan resep leluhur yang turun temurun tetap terjaga dengan baik sampai sekarang. Anda pasti sudah kenal dengan ikan kudu-kudu bakar, ikan sukang, kepiting lada hitam, kerang kepa tauco, cumi ala Dinar? Semuanya membuat sensasi makan Anda yang sudah-sudah soal seafood, menjadi berbeda. Sekilas pandang, wujud ikan kudu-kudu akan sama setelah dibakar. Namun, di balik kulit kerasnya, tersembul aroma wangi bumbu tradisional yang melumuri sekujur badannya. Kenikmatan aroma sudah Anda rasakan dan tidak berhenti di sini. Sekarang, carilah dan rasakan dagingnya yang empuk. Nikmatnya daging ikan ini bukan hanya karena teksturnya yang kenyal, tapi yang khas dari ikan ini adalah karena tidak ada duri. Bayangkan bila merasakan ikan tanpa duri dengan tekstur daging yang kenyal dan lembut. Sensasi itu akan lebih fantastis, jika daging ikan kudu-kudu ini dipadukan dengan bumbu parape.
 

Pada umumnya, bahan dasar coto terdiri dari daging sapi, hati, usus, paru yang dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, serai, laos, ketumbar, jintan, garam halus, daun salam, kacang, dan jeruk nipis. Perbedaan Coto Makassar dan Coto Maros terletak pada kuahnya. Kuah Coto Maros lebih terasa kacang gilingnya. Untuk menikmati coto biasanya dipasangkan dengan ketupat atau buras.
 

penyajian bakso yang unik dengan cara menyajikan baso tersebut menggunakan piring, hal ini isangat tidak biasa seperti kebanyakan tempat jual bakso yang lainya.
 

Dalam bahasa Makassar, ”ulu” berarti kepala dan ”juku” berarti ikan. Jadi, bila ada rumah makan bernama Ulu Juku, kiranya sudah jelas apa yang disajikan sebagai menu utama di tempat tersebut. Pada pandangan pertama, tak ada yang istimewa pada tampilan menu-menu kepala ikan ini. Gulainya tak jauh beda dari tampang gulai kambing yang biasa kita temui, berkuah santan warna kuning dan ditaburi irisan bawang goreng. Kepala ikannya disajikan dalam bentuk terbelah tiga sehingga bagian-bagian dalam kepala itu sudah tersaji tanpa perlu kita membongkarnya. Seperti lazimnya sup, kuah sup ini terasa segar dengan sedikit sentuhan rasa asam, tetapi tanpa kehilangan sensasi gurih dan aroma laut dari irisan-irisan kepala ikan di dalamnya. Aroma laut di sini tidak sama dengan bau amis ikan, tetapi lebih ke sensasi aroma khas sajian makanan laut yang merangsang perut untuk lapar. Bahkan, saat irisan-irisan daging kepala ikan ini mulai disantap, sama sekali tak tercium aroma amis. Inilah keistimewaan kepala ikan yang disajikan Ulu Juku.
Sumber:
CeritaPerut Daerah Makassar memiliki kuliner yang dikenal luas. Banyak makanan Makassar yang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya, coto makassar dan sop konro. Namun, makanan khas lainnya tidak kalah lezat untuk kamu coba bersama keluarga tercinta. Jika kamu mau berlibur ke Makasar di bulan puasa, di Makassar tersedia banyak restoran yang cocok untuk berbuka puasa bersama. Selain Restoran yang menyediakan masakan khas Makassar, makanan indonesia lainnya juga tersedia di Makassar. Berikut ini 10 rekomendasi tempat makan yang nikmat dan lezat buat kamu berbuka puasa : 4 Visit us on Google+

There are no comments

Post a comment