TOP REKOMENDASI KULINER PILIHAN BERBUKA PUASA KOTA SOLO

By: Admin
Solo merupakan tempat yang penuh dengan wisata budayanya setelah kota Jogja. Di sini kita bisa mengunjungi Kraton Solo, batik Solo dan berbagai tempat wisata sejarah dan budaya lainnya. Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Solo di bulan puasa, pasti sudah menyiapkan list tempat-tempat yang harus dikunjungi dari jauh-jauh hari.
 
Tapi belum lengkap kalau datang ke Solo tanpa menikmati kuliner khas Solo. Selain tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Solo juga punya banyak tempat kuliner khas Solo  yang lezat dan wajib kamu kunjungi dan pastinya sangat cocok buat kamu bersantai sambil berbuka puasa. Untuk memudahkan kamu berwisata kuliner di Solo, berikut ini mimin akan beri tahu tempat makan yang asik untuk dijadikan pilihan berbuka puasa, Catat 10 Tempat rekomendasi kuliner pilihan Pekanbaru buat berbuka puasa :
 

RM. Timlo Solo terletak di salah satu jalan utama kota Solo yaitu di jalan Urip Sumoharjo 94. Dengan akses parkir yg aman. Ruangan yg nyaman dan bersih untuk anda bersantap. Serta lokasi yg mudah ditemukan, anda bisa menjadikan RM. Timlo Solo sebagai meeting point dan berkumpul dengan keluarga atau kolega.
 

Rasa gudegnya sangat gurih dan cenderung asin. Sementara ceker ayamnya terasa sangat empuk. Cekernya dimasak dalam kuah santan dengan waktu yang cukup lama, sehingga kulit dan tulang mudanya akan langsung terlepas ketika digigit. Porsinya pun tidak terlalu besar, pas banget buat perut yang mudah kenyang..coba yu!
 

Salah satu kedai yang menjajakan kuliner ini dan cukup legendaris adalah Warung Selat Mbak Lies. Irisan daging sapi yang empuk tapi mungil bertengger di atas telur pindang, kentang goreng, dengan sayuran: wortel, tomat, buncis dan selada ditemani dengan ceriping kentang (kentang tipis digoreng garing), acar timun, irisan bawang merah dan yang spesial "mayonaise jawa". Kenapa spesial? Karena Mayonaise ini tidak bisa ditemui di hidangan lain, khusus untuk Selat Solo. 
 

Kota Solo memiliki cukup banyak tempat yang menawarkan aneka olahan kambing yang lezat, salah satunya adalah Warung Sate Kambing Mbok Galak. Tempat ini menyediakan berbagai macam pilihan olahan kambing seperti sate kambing, sate buntel, tongseng, gule, dan tengkleng. Namun di antara kesemua menu itu yang paling mengesankan adalah sate kambing, sate buntel, dan tongsengnya. Tergiur ga???
 

Pecel Solo ato dikenal juga pecel ndeso adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, daun kenikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap  bersama belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.
 

Oh La Vita yang didominasi warna merah ini merupakan konsep restoran Italia yang menarik. Casual dan modern, tapi tetap mempertahankan kesan tradisional Italia dengan tungku dan dapur yang terbuka.  Secara umum, menu yang ditawarkan OLV resto ini dibagi menjadi Appetizers, Side-Dish, Steak, Pasta, Pizza, Roast Chicken, danDessert.
 
Meskipun spesialis sate buntel, tapi warung ini juga menyediakan menu olahan kambing lainnya. Diantaranya adalah Gulai dan Tengkleng. Kami mencoba dua varian gulainya, yaitu Gule Daging Biasa dan Gule Sumsum. Meskipun namanya Gule Daging Biasa, namun rasanya tetap spesial. Sementara Gule Sumsum lebih menantang lidah karena penampilannya yang berantakan.
 

Dagingnya – yang menempel di tulang-tulang kepala kambing, begitu empuk dan gurih, langsung mretheli begitu dicecap. Apalagi otak kambingya, rasanya khas banget begitu diseruput dengan kuah. Belum lagi sumsumnya yang guuurrrriiiih tenan. Pokoknya tengkleng ini bener-bener menggoda iman, alias dibela-belain jajan meski kantong tipis.
 

Menyajikan makanan khas kota Solo dengan resep warisan masa lalu yang dijaga secara turun temurun sejak jaman Kraton Mataram di Kartasura masih berdiri. Namun demikian kelezatan masakan khasnya masih bisa dinikmati dengan cita rasa yang asli di rumah makan “Dapur Solo”.
 

Salah satu rujukan nasi liwet khas Solo yang sudah melegenda adalah Nasi Liwet Wongso Lemu ini. terdiri dari nasi gurih ditemani oleh sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus, dan areh serta disajikan dengan dipincuk dengan daun pisang. Nikmatnya..
Sumber:
CeritaPerut Solo merupakan tempat yang penuh dengan wisata budayanya setelah kota Jogja. Di sini kita bisa mengunjungi Kraton Solo, batik Solo dan berbagai tempat wisata sejarah dan budaya lainnya. Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Solo di bulan puasa, pasti sudah menyiapkan list tempat-tempat yang harus dikunjungi dari jauh-jauh hari. 4 Visit us on Google+

There are no comments

Post a comment