RUMAH SUMSUM, JUARANYA SUMSUM

By: Jsamudr1
4.5 Jsamudr1 @CeritaPerut Kota hujan bagusnya memanjakan penduduknya dengan kuliner yang menggoda dan menggugah selera. Hujan dan makanan itu pasangan yang serasi. Kuliner yang akan direkomendasikan kali ini akan… Kota hujan bagusnya memanjakan penduduknya dengan kuliner yang menggoda dan menggugah selera. Hujan dan makanan itu pasangan yang serasi. Kuliner yang akan direkomendasikan kali ini akan… Visit us on Google+

Kota hujan bagusnya memanjakan penduduknya dengan kuliner yang menggoda dan menggugah selera. Hujan dan makanan itu pasangan yang serasi. Kuliner yang akan direkomendasikan kali ini akan cocok bagi kalian yang hobi makan: Sop Sumsum sapi.

Salah satu restoran yang menyajikan menu ini ialah rumah sumsum yang terletak di sekitaran jln. Lawang gintung, Batu tulis. Tempat ini biasanya ramai didatangi pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota Bogor. Banyak mobil ber-plat B yang nangkring di parkiran rumah sumsum. Ya, namanya aja rumah sumsum, semua list makanannya juga pasti berbahan dasar sumsum. Tentunya sop sumsum sapi yang jadi andalan restoran ini.

Tanpa panjang lebar saya dan keluarga langsung pesan menu ini. 

Begitu makanan dihidangkan, terlihat tulang besar berisi sumsum yang berlimpah dan kuah bening berisi sayuran seperti kentang, wortel, bawang daun memenuhi isi mangkok. 

Suapan pertama, saya tak kuasa untuk mencicipi kuahnya yang begitu menggoda. Sruputan pertama begitu nikmat dengan kaldu sapinya yang begitu kental serta hangat rempah-rempah menyatu didalamnya. Seketika nafsu makan pun membuncah.

Suapan kedua, saya mengguyurkan kuahnya keatas nasi, biar berasa makan beneran. Duet antara nasi dan kuah pun begitu menyatu sempurna. Mantap!

Ini belum masuk ke acara utamanya: sedot sumsum sapi. Sumsum yang berada didalam tulang harus disedot terlebih dahulu. Sumsum itu disedot dengan cara memasukkan kuah kedalam lubang tulang agar kuah dan sumsum menyatu sehingga mudah disedot. Gurih & lembut terasa sekali dalam mulut. Ketiga komponen ini: Sumsum, kuah dan nasi berpadu dalam rasa kuliner yang sederhana ini. Nikmat sekali!

Untuk menetralisir dari gurihnya sumsum, saya sarankan untuk memesan minuman segar seperti jus jeruk ataupun teh manis. Apapun minumannya sesuai selera kalian.

Gak cuma rasa, harganya pun nikmat di kantong. Terakhir saya kesana sop sumsum sapi seharga 28 ribu rupiah. Kisaran harga menu lainnya bervariasi dari mulai 10 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Selamat mencoba

Gravatar
Mila

perlu dicoba nih...

Gravatar
Dede

buka puasa disini enak nih ! apalagi dibayarin yg nulis. hhe

azhar.ssc

Nice try. Very good recommendation! Referensi bagi para penyuka iga dan hobi menyeruput sumsum daging sapi. (y) :)

azhar.ssc

Nice try! Keep up for your good hardwork, bro. Emangg dah paling bener buat para pecinta kuliner khas daerah, terutama yg doyan sama sumsum atau iga sapi. Belum lengkap rasanya kalo di Batu Tulis kalo belum mampir ke tempat ini. Sy jamin mampu menggoyang lidah dan endess bgt sampai ke "sruputan" yg terakhir. Cocok buat makan sahur & menu berbuka bersama keluarga. Beneran nampol.. Aseli nendangg bambang gurindang!! Bikin nagih, mau lagi dan lagi

Post a comment