LEGEND-NYA MIE KOREA DI JAKARTA!

By: Agnessia Putri Larasati
4.5 Agnessia Putri Larasati @CeritaPerut Kalau membahas yang ada “Korea”-nya pasti banyak yang semangat nih (termasuk saya) hehe. Nah, budaya Korea secara nggak langsung udah kayak tuan rumah di Indonesia. Gimana nggak, awalnya mulai… Kalau membahas yang ada “Korea”-nya pasti banyak yang semangat nih (termasuk saya) hehe. Nah, budaya Korea secara nggak langsung udah kayak tuan rumah di Indonesia. Gimana nggak, awalnya mulai… Visit us on Google+

Kalau membahas yang ada “Korea”-nya pasti banyak yang semangat nih (termasuk saya) hehe. Nah, budaya Korea secara nggak langsung udah kayak tuan rumah di Indonesia. Gimana nggak, awalnya mulai dari drama/filmnya, terus nyambung ke artis-artisnya, dan sekarang kita udah ‘dijajah’ sama kulinernya! Hmmm, makanan Korea kayak apa ya?


Kemarin pas banget dapet rekomendasi dari temen yang kerjanya di salah satu perusahaan Korea gitu, jadi secara nggak langsung dia juga ikutan ‘demam’ Korea. Ada salah satu tempat makan yang katanya ‘legend’ banget masalah mie Korea. Yaudah deh akhirnya karena penasaran langsung kesana sama rombongan! 


“Legend of Noodles”, begitu nama yang terpampang tepat di depan restorannya. Restorannya kalau dari luar kelihatannya kecil, sederhana gitu, tapi pas masuk ke dalem lumayan kok luas. Ada lantai duanya juga. Tapi waktu itu karena rame banget, kita nggak bisa milih tempat, pelayannya langsung nyamperin kita dan nganter kita ke tempat duduk. 
Dari pas awal masuk tempatnya, suasananya udah Korea banget. Mungkin karena di dindingnya ditempel menu dengan tulisan Korea. Ditambah lagi pas kemarin kita kesana, rata-rata pengunjungnya memang orang Korea yang lagi ada di Jakarta! Wah, recommended banget deh kalau kayak gini, orang Korea aja secara nggak langsung ngakuin kelezatan makanan disini.


Waktu itu karena kita pertama kali kesana, jadi kita masing-masing pesen 1 porsi. Dan kita akhirnya pesen Haemul Jampong, Sacheon Jampong dan Haemul Sujaebi. Untuk minumnya ternyata disini udah dikasih gratis ocha, kalian bisa pilih mau yang dingin atau panas. Dan kia juga mendapatkan free banchan (side dishes), berupa kimchi dan pickle. Untuk kimchinya, disini paling juara deh daripada di tempat makan Korea lainnya!


Pesanan kita udah dateng, dan ternyata porsinya gede bangeeeet! Mungkin cocoknya 1 porsi untuk 2-3 orang, tapi karena kita udah pesen masing-masing, jadi 1 porsi untuk 1 orang!
Haemul Jampong ini isinya ada kerang, scallop, udang, kepiting, baby octopus, sayur sama kimchi. Mienya mirip kayak spaghetti, dan untuk kuahnya kayak kuah ramen, tapi ini lebih mild. Kalau Sacheon Jampong mirip isinya kayak Haemul Jampong, jenis mienya juga sama, cuma yang ngebedain adalah kuahnya. Sacheon Jampong kuahnya polos, alias kita dikasih sambel dan bumbunya sendiri untuk kita racik sesuai dengan selera. Jadi kalau yang nggak suka terlalu pedas, bisa pilih menu ini nih. Dan yang terakhir adalah Haemul Sujaebi, yang ini untuk isinya sama kayak Haemul Jampong dan Sacheon Jampong, tapi mienya yang beda dan unik. Mienya itu bentuknya bukan kayak mie biasanya yang panjang, berbentuk pipih atau mirip tabung, tapi mienya lebar-lebar gitu. Lebih lebar dari mie yang dipake bikin kwetiaw, lebar banget kalo untuk ukuran mie, untuk kuahnya mirip kayak Sacheon Jampong, jadi polos dan bisa kita racik sendiri sesuai selera.


Untuk masing-masing rasanya punya khas masing-masing, dan enak banget! Yang belum pernah nyobain makanan Korea, nggak bakal ‘aneh’ deh sama makanan ini. rasanya masih bisa diterima kok sama lidah orang Indonesia. dan yang bikin enak karena menunya itu penuh banget sama seafood! Wah, udah kayak laut, banyaaaaaak banget seafoodnya! Sebenarnya ada satu lagi menu favorit disini, yaitu Jjajangmyeon. Tapi karena jjajangmyeon ini campurannya pakai daging babi, jadi kita nggak jadi pesen.


Nah, restoran Korea ini beda dari yang lain. Biasanya restoran Korea di Jakarta kebanyakan menyajikan menu-menu Korean BBQ, tapi restoran ini beda, karena restoran ini menyajikan mie sebagai andalannya. Ayoo nggak usah ragu buat dateng kesini. Recommended banget!! Pelayanannya juga ramah banget.


Untuk yang mau kesini bisa datang langsung ke :
Legend of Noodles Restaurant
Jl. Senopati No. 81, Jakarta Selatan

 


Penulis: Agnessia Putri Larasati

Dreamer. Selalu bermimpi untuk bisa punya restoran sendiri. Tapi apa daya, nggak ada bakat masak, cuma ada bakat untuk kuliner-an :D
Anindita Prita

Ini bikin penasaran pengen nyoba!

agunglukman49

nice kakak, terima kasih telah berbagi informasi, sangat bermanfaat sekali bagi saya terutama, dan bagi ara penikmat mie korea lainnya :)

aldiwinhardi

informasi yang bermanfaat, mkasih kakak cantik :)

Rifai R

Terus terang karena baca artikel ini dalam keadaan merem melek (bagun tidur) dan ini jam 15.33 siang bulan puasa, sehingga yang ada cuma bayangin makanan korea di artikel sama sesekali lap air liur pake kerah baju.

Nice artikel, jadi mesti coba makan! Tenyata korea ga melulu tentang K pop atau drama, tapi kayak akan kuliner juga. Ditunggu postingan berikutnya..

febrianika13

nice review! :D

Post a comment