[SAGOO] ABON GULUNG KHAS MANOKWARI, PRIMADONA DARI BUMI CENDRAWASIH

By: Rizkywil
4 Rizkywil @CeritaPerut "Wil, nitip roti gulung abon khas Manokwari ya balik dari Papua" Kata-kata itu yang selalu terngiang di kepalaku sebelum mendapatkan tugas Dinas di Jayapura, Papua. Rasa penasaranku semakin… "Wil, nitip roti gulung abon khas Manokwari ya balik dari Papua" Kata-kata itu yang selalu terngiang di kepalaku sebelum mendapatkan tugas Dinas di Jayapura, Papua. Rasa penasaranku semakin… Visit us on Google+

"Wil, nitip roti gulung abon khas Manokwari ya balik dari Papua"

Kata-kata itu yang selalu terngiang di kepalaku sebelum mendapatkan tugas Dinas di Jayapura, Papua. Rasa penasaranku semakin tinggi untuk mencoba roti yang konon fenomenal di bumi cendrawasih tersebut. Sesampainya di Jayapura, dengan perasaan tak sabar sayapun akhirnya mencari roti gulung tersebut yang terdapat di Manokwari Bakery. Persis di pusat kota Jayapura sekitaran Jalan Samratulangi, akhirnya sepotong roti berbentuk bulat lonjong tersaji di atas piring putih tersebut bisa saya temukan juga.

Pada awalnya, saya merasa bahwa roti ini sama saja dengan roti pada umumnya, hanya roti yang bertabur topping abon. Tapi setelah saya langsung melihat dan mencoba rotinya, statement saya tersebut langsung berubah 360 derajat. Ternyata roti gulung khas manokwari ini berbeda dengan Roti pada umumnya. Aroma gurih terpancar dari roti yang baru diangkat dari oven dan masih hangat,ditambh taburan wijen, rotinya yang lembut dan kenyal, oh iya...satu lagi yang membuat roti ini khas adalah adanya taburan daun bawang di sekeliling roti gulung, entah itu roti asin (rasa abon) ataupun rasa manis (keju dan cokelat). Perpaduan yang cantik tersebut membuat roti ini semakin menggelitik nafsu untuk memakannya.

Dinamakan Roti Gulung karena pada dasarnya makanan khas manokwari ini adalah abon dalam jumlah banyak yang dibungkus dengan roti gulung yang kenyal dan empuk. Roti gulung ini sangat lembut ketika digigit, namun sangat padat ketika mulai dikunyah, dan lumer di lidah. Walau membuat kenyang, rasanya yang unik tidak akan membuat lidah bosan untuk memakannya. Roti Gulung ini terbuat dari bahan utama abon sapi khas buatan industri rumahan di Jayapura, namun di dalam pengembangannya Abon Gulung ini mempunyai beberapa variasi. Misalnya, abon rasa pedas, abon asin, rasa coklat, rasa keju. Dengan demikian penikmat roti gulung ini tidak bosan, karena rasanya bervariasi. Dan lagi-lagi, yang membuat unik dan nikmat adalah ketika perpaduan rasa manisnya coklat dan ceres dicampur dengan legitnya daun bawang, membuat lidah tak henti-hentinya bergoyang.


Roti gulung khas manokwari ini tersedia dalam berbagai pilihan penyajian, biasanya turis atau wisatawan membeli dalam bentuk packing dus dengan isi 10 roti gulung dengan varian rasa campuran untuk ukuran kecil. Atau untuk ukuran besar diisi dengan 30 roti gulung. Dan tenang saja, ketika saya bawa lagi ke Jakarta, Roti ini bisa bertahan hingga 5 hari kedepan (mengingat perjalanan Papua-Jakarta yang memakan waktu). Selain di Manokwari bakery, Roti gulung ini juga bisa ditemukan di sekitaran Sentani Airport atau Mall Of Jayapura.

Menyantap Roti Gulung ini seperti tidak ada bosannya. Gurih, nikmat, dan rasa uniknya membuat lidah seperti tidak ingin berhenti bergoyang untuk megecapnya. Maka tak heran bila makanan ini dijuluki "Primadona dari Bumi Cendrawasih" dan menjadi oleh-oleh favorit dari Jayapura.

 

:)

 

 

 

 

 

There are no comments

Post a comment