TOP REKOMENDASI ITINERARY JAJANAN DI MAKASSAR

By: Admin
Daerah Makassar memiliki kuliner yang dikenal luas. Banyak makanan Makassar yang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya, coto makassar dan sop konro. Namun, makanan khas lainnya tidak kalah lezat untuk dicoba. Di Makassar juga punya banyak jajanan-jajanan yang pastinya ga boleh kamu lewatin. Buat kamu yang pengen nyari tempat jajanan yang ada di Makassar, mungkin kamu boleh coba beberapa jajanan yang mimin rekomendasiin di bawah ini.
 
Hari 1
Pisang Epe adalah pisang kepok muda yang dipipihkan dan kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Pisang Epe disajikan dengan lelehan gula merah yang biasanya dicampur dengan buah durian atau nangka. Di sepanjang Jalan Pantai Losari berjejeran pedagang kaki lima pisang epe. Pilihan rasa mulai rasa keju, durian, cokelat dan orisinal.
 
Konon asal muasal dari mie Titi ini awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Titi mulai terkenal sejak tahun 1970-an. Mie Kering Di Makassar yang terkenal ada 4 yaitu Mie Titi, Mie Awa, Mie Hengky, dan Mie Anto. Mie Titi ini adalah mie kering yang di atasnya disiram dengan kuah kental yang dicampur dengan adonan telur. Disertai dengan sayuran hijau, irisan daging ayam, ampela, gorengan dan udang membuat siapa saja yang melihatnya tak mampu untuk segera menyantap.
 
Mie Hengky, terletak persis di depan pintu satu pelabuhan. Menempati rumah tua yang terkesan kurang terawatt. Banyak yang mengeluhkan kondisinya terutama para perempuan. Namun yang paling penting adalah rasa mie yang sesuai dengan selera. Menu utama Mie Hengky adalah mie kering, tidak mempunyai cabang namun hanya terdapat di jalan nusantara dan mie hengky ini terkenal dengan cara masaknya yang mendadak yaitu memasak satu per satu sesuai pesanan pelanggan sehingga membuat mie ini segar dan lezat untuk disantap para pelanggannya.
 

Hari 2
Usaha ini dulunya bernama Mie Angko. Pertama kali didirikan di Jalan Bali tahun 1960-an oleh Angko Chao dan belum berbentuk warung ketika itu. Hanya gerobak di pinggir jalan dan cuma punya satu meja serta beberapa kursi. Si pendiri usaha meninggal lalu diganti oleh salah seorang anaknya bernama Awa. Ada yang unik di Mie Awa. Gerobak yang digunakan warung ini dari generasi pertama sampai generasi ketiga masih digunakan hingga sekarang. Gerobak itu tampak sudah berwarna coklat pudar dan kusam.
 
Bakso Ati raja yang kenyal sangat nikmat di lidah, selain bakso bulat ada juga bakso dalam bentuk kotak serta gorengan berupa pangsit. Anda dapat menyantap bakso ati raja dengan kuahnya yang gurih, cukup diberi sambal dan jeruk nipis rasanya nikmat sekali.
 
Pisang Ijo Bravo, itulah nama tempat makan pisang ijo yang terkenal di Makassar. Es pisang ijo terdiri dari pisang yang dibalut dengan dadar tepung berwarna hijau. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja. Pisang ini kemudian dipotong bulat lalu ditambah es serut, bubur sumsum dan terakhir diguyur dengan sirup merah dan susu kental manis. Jangan ditanya soal rasa. Es pisang ijo Bravo memiliki rasa yang pas, mulai dari manis sirup hingga manis pisang yang dipilih. Sekali mencoba pasti ingin langsung menyantap habis semuanya.
 

Hari 3
Di Pulau Jawa terkenalnya dengan sebutan Pastel tapi di Makassar dikenal dengan nama Jalangkote. Memiliki bentuk yang sama persis antara keduanya. Jalangkote biasanya diisi dengan mie putih, wortel, toge, kentang, telur dan daging cincang. Ukurannya pun tidak tanggung-tanggung, cukup besar. Satu lagi yang menambah rasa yakni sambel cair nya yang khas, pedes dan juga segar.
 
Mie kering khas Makassar ini renyah, karena tidak direbus melainkan digoreng. Keistimewaannya terasa ketika kuah panas diguyurkan diatasnya, tekstur mienya menjadi sangat khas, antara mulai lembut tapi tetap menyisakan kerenyahannya. Mie kering yang diguyur kuah kental dengan aroma kaldu ayam yang kuat menjadikan hidangan Mie Anto ini memang patut menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Kota Makassar.
 
penyajian bakso yang unik dengan cara menyajikan baso tersebut menggunakan piring, hal ini sangat tidak biasa seperti kebanyakan tempat jual bakso yang lainya. Tapi soal rasanya jangan ditanya, bakso in sangat terkenal karena rasanya juga yang lezat.
Sumber:
CeritaPerut Di Makassar juga punya banyak jajanan-jajanan yang pastinya ga boleh kamu lewatin. Buat kamu yang pengen nyari tempat jajanan yang ada di Makassar, mungkin kamu boleh coba beberapa jajanan yang mimin rekomendasiin 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=05 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259