9 TIPS UNTUK MERAWAT MOBIL YANG DITINGGAL MUDIK

By: Admin
 
Menjelang lebaran, tradisi mudik tahunan pun kembali meramaikan perjalanan di Indonesia. Banyak diantara para pemudik yang menggunakan mobil pribadi, tapi banyak juga diantaranya yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, dan pesawat terbang karena kendala jarak dan kenyamanan. Akhirnya bagi yang menggunakan transportasi umum, mereka harus meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah.
 
Namun, ketika mobil ditinggal beberapa hari selama kamu mudik dalam keadaan mati, maka mobil kamu akan berpotensi menjadi tidak seprima biasanya. Kemungkinan lainnya adalah gangguan dari hewan-hewan kecil yang bisa membuat mobil menjadi kotor dan bau ataupun beberapa kondisi lainnya yang bisa memperpendek usia dari komponen-komponen mobil.
 
Maka dari itu, kamu perlu mengetahui langkah-langkah yang bisa dilakukan agar mobil kita bisa tetap prima saat kita kembali dari mudik atau liburan.
 
  1. Beri Kapur Barus
Kapur barus merupakan senjata paling ampuh dan serbaguna, terutama dalam menghadapi gangguan-gangguan hewan semacam serangga dan tikus. Kapur barus bisa disebarkan di beberapa titik sudut seperti sela-sela jok yang berpotensi mengundang serangga dan tikus.
 
  1. Pastikan Kebersihan Mobil
Pastikan bagian-bagian interior mobil sudah dibersihkan dari kotran debu yang menempel maupun sisa-sisa makanan akibat penggunaan sehari-hari. kebersihan dalam mobil juga berkesinambungan dengan kapur barus, karena penggunaan kapur barus akan sia-sia apabila dalam mobil tetap kotor. Serangga akan tetap datang kalau ada sisa-sisa makanan.
 
  1. Isi Bahan Bakar
Pengisian bahan bakar sangatlah direkomendasikan sampai dalam keadaan penuh. Salah satu pengisian bahan bakar sampai penuh adalah supaya tangki mobil terhidar dari kondensasi. Apabila tangki tidak tangki mobil tidak diisi penuh, setelah kondensasi berlangsung akan ada kemungkinan tangki kita akan terisi oleh air. Hal tersebut akan mengakibatkan tangki mobil kita berkarat, apalagi kalau tangki mobil kita masih terbuat dari besi.
 
  1. Tekanan Angin Pada Ban
Di saat mobil kita ditinggal di rumah, ban mobil kita akan berpotensi mengalami penurunan tekanan secara drastis karena suhu pada malam hari, apalagi jika mobil kita diparkir di lantai porselen. Selain itu ban kita bisa juga berpotensi berubah bentuk dan ban jadi benjol, maka dari itu akan lebih baik apabila tekanan dari ban diset hingga menyentuh angka 45 pada satuan psi (pound per square inches)
 
  1. Selimuti Mobil
Salah satu masalah yang sering kita temui apabila mobil diparkir di garasi rumah adalah body mobil kita lusuh, berdebu, bahkan beberapa kasus baret-baret dan terdapat kotoran hewan di mana-mana. Selain merusak car, mobil juga jadi tidak sedap dipandang. Penggunaan cover mobil ini akan sangat membantu  supaya mobil terlindung dari debu dan baret.
 
  1. Parfum Mobil
Salah satu problema yang sering kita temui pada saat memasuki mobil yang lama ditinggal adalah mobil terasa pengap dan beraroma tidak sedap. Maka penggunaan parfum mobil akan sangat membantu supaya mobil tetap bearoma wangi dan segar.
 
  1. Gunakan Ganjal Ban
Pernggunaan ganjal mobil adalah sebagai pengganti peran rem, karena aat rem parkir diaktifkan dalam waktu lama dan kita tinggalkan mobil kita untuk liburan, maka rem yang menempel akan memiliki kemungkinan terkena korosi
 
  1. Jangan Melepas Aki
Beberapa orang menganggap bahwa melepas aki merupakan langkah yang cermat untuk menghindarkan mobil dari banyak kemungkinan yang tidak diinginkan. Nyatanya, potensi kejahatan lebih besar daripada potensi kerusakan internal. Aki yang tidak dilepas berhubungan dengan sistem keamanan kita sendiri. Karena jika aki dilepas, maka sumber kelistrikan akan alpa dan apabila itu terjadi, maka alarm mobil pun akan non-aktif.
 
  1. Parkir Inap
Parkir inap munkin bisa menjadi solusi bagi mereka yang benar-benar repot dan tidak bisa membagi waktu supaya mobil bisa diperhatikan leibh lanju. Dititipkan ke parkir inap bukan berarti kita bisa santai dengan mobil kita. Kita tetap harus memperhatikan kondisi sebelum dititipkan ke parkir inap. Parkir inap sendiri sudah dilengkapi CCTV, dan penjagaan yang baik 24 jam.
Sumber: admin
CeritaPerut Menjelang lebaran, tradisi mudik tahunan pun kembali meramaikan perjalanan di Indonesia. Banyak diantara para pemudik yang menggunakan mobil pribadi, tapi banyak juga diantaranya yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, dan pesawat terbang karena kendala jarak dan kenyamanan. Akhirnya bagi yang menggunakan transportasi umum, mereka harus meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259