REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK BREBES

By: Admin
Ngomong-ngomong brebes. Kalau orang bilang brebes paling terkenal itu memang telur asin dan bawang merahnya. Tapi jangan salah, ternyata di brebes juga ada beberapa kuliner atau makanan khas yang patut dicoba. Mau tau rekomendasi kuliner yang ada di brebes? Buat yang mudik penting banget nih.
 
  • Ayam Panggang Pak Tarwud
Nih buat kamu yang sedang mudik menuju brebes, harus mencicipi makanan yang satu ini. namanya adalah ayam panggang pak tarwud. Ayam panggan ini memiliki cita rasa yang lezat dan terkenal di kota brebes. Ayam panggang pak tarwud ini buka mulai jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Lokasi ayan panggang pak tarwud ini berada di jl. A. yani No. 46. Kota brebes. Untuk bisa menikmati menu ayam panggan ini kalian hanya harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 35. 000 rupiah saja satu porsinya. Hmm selamat menikmati.
 
  • Seafood Gusti
Hampir setiap kota memiliki kuliner berbau seafood. Untuk kalian nih yang suka dengan makanan seafood apalagi yang sedang mudik. Maka kamu harus mencoba seafood gusti. Seafood gusti ini sangat lezat dan juga dapat menggoyang lidah. Nah lokasi seafood gusti ini berada di Jl. Randu Sanga Kulon, no 6 brebes. Harga yang di tawwarkan pun masih tergolong murah, hanya di banderol dengan harga mulai dari Rp. 30.000 saja.
 
  • Sate Bengong Barokah
Jika kalian suka sate, maka tidak ada salahnya jika mencoba sate bengong barokah brebes. Sate bengong barokah ini adalah sate yang berbahan dasar bebek. Sate begong ini terdiri dari beberapa menu, seperti sate paha, sate tulang dan juga sate dada bebek. Sate blengong ini biasanya di sajikan dengan ketupat. Sate ini sangat gurih san lezat. sate blengong ini terletak di  Pasar batang tepatnya di Jl.KH Ahmad dahlan. Untuk bisa menikmati sate blengong ini hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 50.000
 
  • Bakso Pak Gimin
Ini nih bakso paling terkenal dan juga paling enak di brebes adalah bakso pak gimin. Bakso ini terbuat dari daging sapi asli. Bakso pak gimin ini ada di  Jl. A. Yani No 28. Dan untuk bisa menikmati bakso ini nggak mahal kok, hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja. Jangan dilewatkan ya, apalagi buat yang lagi mudik hehhehehe
 
  • Soto brebes
Soto brebes yang segar memang cocok di jadikan santapan di siang hari. Salah satu penjual soto brebes yang enak adalah soto brebes yang ada di Berada di Jl.Gajah Mada no 39. Soto brebes ini terdiri dari campuran, soun, tauge, babat, dan juga di tambah dengan sajian nasi putih. Harga soto brebes ini dia banderol dengan harga Rp.10.000 saja.
 
  • Ikan Ndas Manyung “Mbah Opah Sigambir”
Bagi warga brebes higga pekalongan jawa tengah, masakan ikan Ndas Manyung atau biasa di sebut menu masakan Kapal Burak bukanlah suatu sajian istimewa. Namun di desa sigambir kecamatan brebes ada masakan khas Ndas Manyung yang mungkin bagi penikmat kuliner belum merasakannya sensasinya. Makanya main-main ke brebes. Di warung mba opah ini, masakan Ndas Manyung disajikan dengan hidangan yang benar-benar baru di masak sehingga aroma bau asap bumbu yang sangat terasa. Masakan ndas manyung di Mba Opah desa sigambir juga terkenal murah. Untuk satu porsi Ndas Manyung dengan kapasitas makan 3 orang di patok 30.000 hingga 35.000 rupiah. Cukup menggoda ya.
 
  • Gesek bandeng sawojajar
Berbicara gesek, pikiran kita tertuju makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan dengan rasa asin yang kuat. Ups, jangan salah dulu sebab gesek ikan yang satu ini di samping rasanya kenyal karena daging ikan gesek yang tebal, rasanya juga tidak di dominasi rasa asin lagi. Namunrasanya bila mampir di lidah akan terasa nikmat dan gurih. Apalagi dengan sambal terasi yang cukup pedas, di padu dengan sayur asam…wuaaahh. Harga per-porsi juga dipatok tidak begitu mahal. Untuk satu bilah gesek bandeng beserta sambal terasi dan sayur asem berikut nasinya, HJ. Muslikha hanya mematok 12.000 rupiah. Penasaran? Coba saja mampir ke warung makan Hj. Muslikha desa sawojajar kecamatan wanasari ini.
 
  • Rujak belut ala Cigedug Kersana
Berbagai makanan rujak, seperti rujak pecel, rujak lotek atau rujak gado-gado, mungkin bukan hal yang aneh, dan setiap warga Brebes sudah merasakan. Namun untuk sebagian masyarakat, mencoba makan rujak belut ala desa cigedog kecamatan kersana mungkin belum begitu banyak yang merasakan. Banyak maasyarakat dari luar daerah yang kecanduan loh ternyata, seperti dari tegal, cirebon bahkan jakarta. Harganya pun perporsi terjangkau, sekitar 20 ribu ditambah dengan segelas minuman es teh.. wuaaahhhh… nikmatnya.
 
  • Adep-adep Brebes
Adep-adep merupakan makanan yang terdiri dari nasi, ayam bacem, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin, jengkol, sayuran (daun singkong, kacang panjang, mentimun) dan sambal. Kuliner yang kini tengah digilai warga Brebes ini berlokasi di kawasan ketanggungan. Silahkan mampir
 
  • Warung makan kampung alang-alang
Brebes yang berada di perbatasan antara Jawa tengah dan Jawa barat ini menjadikan sebagian warganya cenderung kesunda-sundaan, tak heran jika di beberapa wilayah brebes terdapat sejumlah warung makan yang menggunakan konsep warung makan sunda, salah satunya adalah warung makan kampung alang-alang. Warung makan alang-alang ini berlokasi di Jalan raya tanjung Banjarharjo-Kersana, Brebes. Warung makan yang bernuansa sunda ini begitu digemari banyak orang dari berbagai daerah. Suasananya yang mendamaikan membuat siapapun merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini. Warung makan kampung alang-alang memiliki berbagai macam menu, mulai dari bakar-bakaran sampai goreng-gorengan. Disini kamu akan menjumpai berbagai makanan khas sunda yang begitu menggugah selera. Selamat mencoba.

Sumber:
CeritaPerut Ngomong-ngomong brebes. Kalau orang bilang brebes paling terkenal itu memang telur asin dan bawang merahnya. Tapi jangan salah, ternyata di brebes juga ada beberapa kuliner atau makanan khas yang patut dicoba. Mau tau rekomendasi kuliner yang ada di brebes? Buat yang mudik penting banget nih. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259