REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK CIREBON

By: Admin
Lebaran tinggal bentar lagi nih, pasti tradisi tahunan yang ga pernah sepi alias mudik pun kembali meramaikan jalanan jalur Pantura. Cirebon merupakan salah satu kota yang dilewati oleh jalur Pantura. Ngomong-ngomong soal Cirebon, Cirebon ini memiliki pilihan kuliner yang enak-enak loh!! Banyak juga menu makanan khas nya. Nah, kalo kamu lagi kebetulan mencari tempat istirahat di Cirebon, kebetulan kali ini Cerita Perut bagi-bagi tempat rekomendasi kuliner di Cirebon.
 
  • Warung Makan Mang Kojek
Kalau berkunjung ke Cirebon, atau sekedar lewat Cirebon, ga ada salahnya mampir sebentar untuk mencicipi menu khas Cirebon, salah satunya adalah Empal Gentong. Salah satu Empal Gentong yang populer di Cirebon adalah Warung Makan Mang Kojek di Jalan Fatahillah Desa Weru Kidul Kec. Weru Kab. Cirebon, di depan Masjid Raya Weu.
Lokasi : Jalan Fatahillah Desa Weru Kidul Kec. Weru Kab. Cirebon
Harga : Rp. 18.000
Menu : Empal Gentong
Telepon : -
 
  • Warung Mang Dul
Kalau di Jogja, Solo, dan Semarang punya masakan yang namanya nasi kucing, di Cirebon punya yang namanya Nasi Jamblang. Nasi Jamblang merupakan nasi berbungkus daun jati yang ukuran satu porsinya kurang lebih seukuran kepalan tangan orang dewasa. Bungkus daun jati inilah yang membuat nasi jamblang terasa lebih khas dan beraroma sedap. Lauk yang biasa jadi pendamping nasi jamblang setidaknya terseida sekitar 20-an macam seperti sayur tahu, tempe goreng, paru goreng, aneka pepes, sambal kerang, otak goreng, sate usus, dan lain-lain. Salah satu penjual nasi jamblang yang tersohor di Cirebon adalah Warung Mang Dul yang berlokasi di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 4 (perempatan Grage) Cirebon dan mulai buka kira-kira pukul 6 pagi sampai 2 siang.
Lokasi : Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 4 (perempatan Grage) Cirebon
Harga : Rp. 1.000 – Rp. 12.500
Menu : Nasi Jamblang
Telepon :
 
  • Gado-Gado Ibu Yeti
Menu Gado-gado Bu Yeti ini merupakan menu yang populer di Cirebon, pasalnya bumbu kacang dari gado-gado ini disiram sama kuah opor ayam
Lokasi : Jl Pekalangan 114/66, dekat stasiun KA Prujakan, Cirebon
Harga : Rp. 10.000
Menu : Gado-Gado
Telepon : 0231 236395
 
  • Nasi lengko H Barno
Salah satu makanan khas Cirebon lainnya adalah Nasi Lengko. Nasi Lengko adalah nasi dengan lauk pauk tahu putih yang digoreng basa-basi, dipotong kecil-kecil dengan taburan tauge rebus, ketimun, kucai dan disiram bumbu kacang. Salah satu yang populer adalah NasiLengko H Barno, di  JL. Pagongan No. 15 b, Cirebon, Jawa Barat 45118, Indonesia dan mulai buka sekitar pukul 6 pagi sampai 9 pagi.
Lokasi : JL. Pagongan No. 15 b, Cirebon, Jawa Barat 45118, Indonesia
Harga : Rp. 10.000
Menu : Nasi Lengko
Telepon : 0231 210064
 
  • Empal Gentong Mang Darma
Salah satu tempat Empal Gentong yang menjadi rekomendasi oleh banyak orang adalah Empal Gentong Mang Darma. Empal Gentong Mang Darma ini memiliki rasa kuah yang lebih berasa dan sedap. Saking populernya, tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, khususnya pada saat jam makan siang. Satu porsi Empal Gentong dihargai sekitar Rp. 30.000.
Lokasi : JL. Slamet Riyadi no.1, Cirebon
Harga : Rp. 30.000
Menu : Empal Gentong
Telepon : 081804644091 – 08131326359
 
  • Tahu Gejrot
Kalau kamu berencana untuk mencari menu khas Cirebon yang suda sangat terkenal, yaitu tahu gejrot, kamu bisa mencoba untuk mampir ke Alun-alun kejaksaan di Jl. R.A. Kartini, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Di sini kamu bisa menemukan banyak penjual tahu gejrot. Kamu bisa menikmati tahu gejrot ini sambil bersantai dan menikmati suasana alun-alun.
Lokasi : Alun-alun kejaksaan di Jl. R.A. Kartini, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Harga : Rp. 6.000/porsi
Menu : Tahu Gejrot
Telepon :
 
  • Rumah Makan H. Moel
Rumah makan ini menyajikan beraneka hidangan seafood seperti udang, kerang, kepiting, ikan, cumi, dan lain-lain. Kepiting saus asam manis dan kerang rebus menjadi menu favorit di rumah makan H. Moel ini.
Lokasi : Jl. Kalibaru Selatan no. 39, Cirebon Barat, Jawa Barat
Harga : Rp. 16.000 - Rp. 90.000
Menu : Seafood
Telepon : 0231-206886, 247850, 081320599922
 
  • Mie Koclok Panjunan
Salah satu makanan khas yang menjadi favorit banyak orang di Cirebon adalah Mie Kocok Panjunan. Mie Koclok ini merupakan mie rebus yang disajikan dengan siraman kuah kental, irisan daun bawang, kol, tauge, telur rebus, suwiran daging ayam, taburan bawang goreng serta merica dan sambal merah. Mie Koclok panjunan ini berlokasi di Jl. Panjunan, Cirebon (dekat Masjid Merah Panjunan) dan mulai melayani para pelanggannya pada pukul 17.00 – 23.00.
Lokasi : Jl. Panjunan, Cirebon (dekat Masjid Merah Panjunan)
Harga : Rp. 7.000
Menu : Mie Koclok
Telepon : -
 
  • Docang Ibu Kapsah
Docang merupakan makanan khas cirebon yang terdiri dari lontong, daun singkong, tauge dan kelapa parut yang disiram dengan kuah yang dicampur oncom atau dikenal dengan dage. Kuah oncom yang panas serta parutan kelapa yang ada di dalam makananini memberikan rasa yang boleh dibilang unik. Kono katanya, awalnya makanan ini merupakan sisa hidangan syukuran para Wali Songo yang menyebarkan Islam di tanah Cirebon.
Lokasi : Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon
Harga : Rp. 5.000
Menu : Docang
Telepon :
 
  • Pempek Palembang Selera
Siapa sih yang engga kenal sama Pempek Palembang? Di Cirebon ada pempek Palembang yang terkenal akan kelezatannya yaitu Kedai Palembang Selera di Jalan Kanggraksan Kota Cirebon.
Lokasi : Jalan Kanggraksan Kota Cirebon
Harga : Rp. 4.000 – Rp. 14.000
Menu : Pempek Palembang
Telepon :

Sumber:
CeritaPerut Lebaran tinggal bentar lagi nih, pasti tradisi tahunan yang ga pernah sepi alias mudik pun kembali meramaikan jalanan jalur Pantura. Cirebon merupakan salah satu kota yang dilewati oleh jalur Pantura. Ngomong-ngomong soal Cirebon, Cirebon ini memiliki pilihan kuliner yang enak-enak loh!! Banyak juga menu makanan khas nya. Nah, kalo kamu lagi kebetulan mencari tempat istirahat di Cirebon, kebetulan kali ini Cerita Perut bagi-bagi tempat rekomendasi kuliner di Cirebon. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259