REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER CIREBON

By: Admin

Tak lengkap jika pulang berlibur tanpa buah tangan. Di Cirebon, punya banyak oleh-oleh yang bisa kalian bawa pulang. Untuk mendapatkannya, ini dia tempat untuk berburu oleh-oleh khas Cirebon.
 
  • KERUPUK MELARAT
Melarat berarti miskin. Kerupuk ini adalah khas Cirebon yang biasanya disajikan dengan menambahkan sambal asam. Kerupuk ini biasanya dikemas plastik dan diberi tali rapia beragam warna. Warna kerupuk ini juga beragam: merah muda, kuning, putih, dan hijau. Kerupuk melarat digoreng tanpa minyak goreng melainkan pasir yang sudah dibersihkan, dikeringkan, dan diayak. Tetap dijamin higienis kok.
 
  • KERUPUK LAMBAK
Kerupuk lambak atau biasa dikenal kerupuk kulit ini adalah salah satu dari krupuk khas Cirebon. Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ataupun kulit kerbau ini setelah digoreng akan berwarna kecoklatan dan teksturnya yang berongga membuat rasa gurihnya pun bukan main, kerupuk ini sangat cocok dijadikan teman makan atau sekedar untuk camilan. Harus dicoba.
 
  • TJAMPOLAY
Kuliner lain yang menjadi oleh-oleh khas Cirebon adalah sirup Tjampolay, sirup yang diberi rasa pisang susu ini hanya ada di Cirebon. Dengan rasanya yang khas dan produknya yang tidak banyak di jual di pasar luar Cirebon, menjadikan sirup Tjampolay sebagai oleh-oleh favorit bagi orang yang berkunjung ke Cirebon.
 
  • MANISAN SINTA
Jika kalian sedang di Cirebon, jangan lupa untuk mengunjungi toko Manisan Shinta. Sesuai dengan namanya, toko ini memang menjual berbagai macam manisan. Ada manisan mangga, manisan pala, frambozen, dan lainnya. Salah satu yang paling terkenal dari manisan Sinta adalah manisan mangga kering. Selain manisan, toko manisan Sinta ini juga menjual berbagai oleh-oleh khas Cirebon seperti kerupuk mlarat, kerupuk rambak, sirop tjampolay, dan terasi udang. Toko manisan Sinta ini berada di Jalan Lemah Wungkuk No 37, dekat Pasar Kanoman, Cirebon.
 
  • KERUPUK UDANG
Cirebon memang tidak jauh-jauh dari udang. Makanan ini sangat mudah kalian temukan di pusat pertokoan oleh-oleh yang ada di Cirebon. Kerupuk sangat dikenal di Indonesia. Bisa juga dijadikan camilan sehari-hari loh.
Sumber: admin
CeritaPerut Tak lengkap jika pulang berlibur tanpa buah tangan. Di Cirebon, punya banyak oleh-oleh yang bisa kalian bawa pulang. Untuk mendapatkannya, ini dia tempat untuk berburu oleh-oleh khas Cirebon. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259