REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER GARUT

By: Admin
Garut merupakan salah satu kota wisata Jawa Barat yang memberikan berbagai keindahan tempat wisata seperti pegunungan, air terjun, pantai dan pemandian air panas. Keindahan alam di garut dengan tempat-tempat yang masih terjaga ketradisionalannya menjadikan Kota Garut ini memiliki daya tarik yang bagi para turis baik lokal maupun mancanegara. Dengan meningkatnya turis-turis di Garut ini menjadikan oleh-oleh kuliner tradisional Garut menjadi semakin terkenal juga dan selalu di buru oleh para turis yang berkunjung ke Garut.
 
Buat kamu yang berkunjung ke Garut, nampaknya oleh-oleh kuliner Garut ini ga mungkin bakal kamu lewatkan. Nah, di sono Cerita Perut akan membantu ada oleh-oleh kuliner apa aja sih di Garut, Yuk mari kita simak aja!
 
  • Dodol Garut
Dodol adalah penganan manis yang bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia dan Malaysia. Dodol ini umumnya terbuat dari santan kelapa, tepung santan, gula pasir, gula merah, dan garam. Salah satu dodol yang terkenal di Indonesia adalah Dodol Garut yang merupakan makanan khas Sunda dari kota Garut. Di Garut sendiri, dodol memiliki banyak varian jenisnya, diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia). Buat bisa menikmati Dodol Garut ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di sepanjang Jalan di Garut yang menjual Oleh-oleh kuliner Khas Garut. Atau kamu juga bisa mencoba dodol picnic yang merupakan dodol Garut yang paling populer dan menjadi ikonnya kota Garut, di Jl. Pasundan, Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat 44112, Indonesia.
 
  • Ladu Malangbong
Ladu merupakan salah satu makanan khas dari garut, tepatnya dari Malangbong. Di luar Jawa Barat, makanan ini mungkin masih terdengar asing. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan diolah sehingga makanan ini berbeda dengan yang lainnya. Secara tekstur, makanan ini terasa kenyal hampir mirip dengan dodol. Namun yang memberdakannya, makanan ini memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dodol. Bagi kamu yang suka makanan manis, jangan lupa untuk menikmati ladu ini yang banyak dijual di sepanjang jalan Garut.
 
  • Jeruk Garut
Garut juga merupakan daerah sentra produksi jeruk. Jeruk garut merupakan salah satu ikon Kabupaten Garut yang paling terkenal dengan rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Pada musimnya, jeruk garut ini bisa dengan mudah di temui di pinggir-pinggir jalan yang menjual buah-buahan.
 
  • Burayot
Makanan yang satu ini mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas, makanan ini lebih dikenal oleh masyarakat Leles, Kadungora dan Wanaraja. Kelezatan Burayot ini tidak kalah dengan Dodol Garut dan Chocodot yang baru-baru ini menjadi ikon Kota Garut.  Rasanya yang manis dan gurih banyak disukai oleh banyak orang. Burayot terbuat dari gula merah, minyak kelaoa, kacang tanah, dan beras merah. Buat kamu yang berkunjung ke Garut atau sekedar transit di Garut, jangan lupa buat mencoba Burayot ini yang biasa tersedia dai toko makanan khas Garut.
 
  • Emplod
Emplod merupakan makanan khas dari Garut, yang hanya di produksi di kawasan Lewo, tepatnya di Kp. Cicadas, Desa Sukajaya, Kecamatan Malangbong, Kab. Garut. Emplod atau yang dikenal juga dengan nama lainnya sebagai Endog Lewo ini merupakan sejenis makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini mirip-mirip dengan comro dan guik yang juga terbuat dari songkong dan sama-sama digoreng. Sekarang peasaran Emplod ini suda menyebar luas ke beberapa kota besar di Jawa Barat, seperti Bandung, Tasikmalaya, Subang, dan Sumedang.
 
  • Chocodot
Dengan melihat kesempatan dalam berinovasi makanan khas Garut yang di padu dengan makanan favorit banyak orang yaitu chokelat, maka lahirlah sebuah jajanan khas baru di Garut, yaiut Chocodot. Jajanan cokelat yang berisi dodol ini sekarang sudah sangat terkenal sampai negera Eropa. Uniknya lagi, Chokodot ini memiliki berbagai sebutan yang lucu-lucu, seperti Coklat Anti Galau, Coklat Enteng Jodoh dan Coklat Tolak Miskin adalah beberapa nama lucu yang dipasang di kemasan Chocodot. Buat bisa membeli oleh-oleh ini, kamu bisa menemukan banyak penjual oleh-oleh yang memiki logo Chokodot di luar tokonya, atau bisa juga langsung datang ke gerai Chokodot di Tarogong dan di Jl. Siliwangi garut.
 
  • Dorokdok
Dorokdok merupakan penganan kering yang bisa dicemil atau dijadikan lauk (terutama dengan hidangan sayu-sayuran). Dorokdok, dinamakan demikian karena ketika dikunyah oleh gigi, menimbulkan suara Dorok dok dorok dok. Bahan mentah Dorokdok sendiri dari sisitan daging yang menempel dari kulit sapi yang baru datang dari penjagalan sebelum digarami. Jadi bisa dikatakan, Dorokdok berbahan baku mentah yang lumayan bergizi, karena ada daging sapi dan lemak sapi. Cemilan gurih ini bisa kamu dapatin dengan mudah di toko oleh-oleh di sepanjang jalan di Garut.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Garut merupakan salah satu kota wisata Jawa Barat yang memberikan berbagai keindahan tempat wisata seperti pegunungan, air terjun, pantai dan pemandian air panas. Keindahan alam di garut dengan tempat-tempat yang masih terjaga ketradisionalannya menjadikan Kota Garut ini memiliki daya tarik yang bagi para turis baik lokal maupun mancanegara. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259