REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER GOMBONG

By: Admin

Mudik lebaran kesempatan yang baik untuk berburu makanan. Yaps, hal ini tepat sekali bagi kalian pecinta kuliner nusantara yang beragam. Nah, jika kalian sedang berada di daerah Gombong tak ada salahnya untuk menikmati dan membeli beberapa makanan khas yang ada di sini untuk kalian bawa pulang. Jangan bingung dan khawatir jika kamu tak tau makanan apa yang wajib kamu beli kalau berkunjung ke daerah ini.
 
  • Keripik Pisang khas Gombong
Keripik Pisang atau lebih dikenal dengan nama Seriping Pisang adalah kudapan sehari-hari masyarakat Gombong. Rasanya renyah, gurih dan lezat. Rasa Kripik Pisang ini tiada duanya. Baik dalam hal rasa maupun kerenyahannya. Kalian wajib banget nih untuk nyobain makanan yang satu ini. Dan di jamin kalian ga nyesel kok.
 
  • Gembus
Ada satu jenis makanan khas yang unik dan dijumpai di daerah Gombong Kabupaten Kebumen. Mungkin banyak orang yang belum tahu dan tentu saja belum pernah mencicipinya. Gembus sebenarnya makanan yang relatif cukup enak, khususnya jika dimakan saat malam dan masih hangat selepas digoreng. Makanan ini berasal dari ubi singkong dengan rasa yang tidak kalah dengan makanan-makanan kota. Gembus berbentuk untingan macam klanthing tapi berukuran lebih besar. Kalau klanthing digoreng sampai kering, maka geblek ini tidak sampai kering sehingga masih terasa liat saat digigit.
 
  • Gethuk Lindri
Gethuk merupakan makanan dengan bahan utama dari ketela pohon atau singkong. Pengolahannya di mulai dengan singkong di kupas lalu di kukus atau di rebus dan sesudah matang di tumbuk atau di giling kemudian di tambah gula plus pewarna makanan. Untuk penyajiaannya sering di kasih parutan kelapa. Gimana ? kebayangkan gimana enaknya makanan satu ini ? yuk cobain.
 
  • Geblek
Jangan salah menafsirkan makanan ini berdasarkan namanya menjadi satu konotasi yang negatif, mendekati istilah umpatan goblok atau geblek. Untuk nama makanan ini dibaca seperti membaca kata pete (petai). Pokoknya makanan ini terus jangan diartikan untuk orang-orang geblek. Geblek sebenarnya makanan yang relatif cukup enak, khususnya jika dimakan saat malam dan masih hangat selepas digoreng. Makanan ini berasal dari ubi singkong dengan rasa asin dan gurih beraroma bawang. Geblek berbentuk untingan macam klanthing tapi berukuran lebih besar. Kalau klanthing digoreng sampai kering, maka geblek ini tidak sampai kering sehingga masih terasa liat saat digigit.
 
  • Mendoan Gombong
Kerenyahan saat di gigit, dan pas banget saat di lidah menjadikan makanan ini sangat pas di lidah kita saat di nikmati. Kekhasan tempe mendoan Gombong ini bisa di adu dengan tempe mendoan lainnya. Kalau kalian penasaran langsung cobain aja deh ya makanan ini.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Mudik lebaran kesempatan yang baik untuk berburu makanan. Yaps, hal ini tepat sekali bagi kalian pecinta kuliner nusantara yang beragam. Nah, jika kalian sedang berada di daerah Gombong tak ada salahnya untuk menikmati dan membeli beberapa makanan khas yang ada di sini untuk kalian bawa pulang. Jangan bingung dan khawatir jika kamu tak tau makanan apa yang wajib kamu beli kalau berkunjung ke daerah ini. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259