REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER GRESIK

By: Admin

Kota Gresik merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur yang populer sebagai kota penghasil semen berkualitas di Indonesia. Sebagian lagi masyarakat mengenal kota ini sebagai kota santri karena banyak pondok pesantren dan makam para wali atau pejuang Islam yang dapat ditemui disana. Selain itu, dari segi pariwisata, Gresik juga berkembang cepat. Potensi wisata alam dan kuliner kota Gresik cukup membanggakan. Jika kalian sedang melewati Kota Gresik, tak ada salahnya untuk mampir sebentar ke kota ini. Persiapan untuk pulang dan membawa oleh oleh dari kota Gresik menjadi hal yang tak boleh kalian lewatkan. Berikut beberapa oleh oleh yang dapat kalian bawa pulang dari Kota Gresik.
 
  • Pudak
Kue ini  diolah dari tepung beras dengan bahan tambahan seperti gula pasir atau gula merah dan santan kelapa. Selanjutnya dikukus dan dimasukkan dalam kemasan yang dibuat dari pelepah daun pinang atau ope. Kue ini awalnya hanya terdapat di kota ini, namun seiring waktu, para pengusaha semakin kreatif dan menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha.. Saat ini, kue ini diolah dengan bahan baku selain tepung beras. Salah satunya dengan olahan dari tepung sagu. Warna dan rasa juga sudah bervariasi. Terdapat rasa coklat yang diolah dari gula jawa dan hijau yang diolah dari pandan.
 
  • Kue Jobong
Kue ini berbahan dari tepung ketan yang diolah dengan santan, sari kelapa dan gula. Jika pudak memiliki tekstur yang empuk dan mudah dicerna, beda dengan jobong yang memiliki tekstur yang kenyal, lengket dan susah dicerna. Di atasnya ditaburi butiran wijen. Warna kue ini juga memiliki beberapa macam. Biasanya dijual dengan warna hitam, namun kini juga dijual dengan beragam variasi dan warna, seperti warna hijau.
 
  • Otak Otak Bandeng
Otak-otak bandeng ini terbuat dari ikan bandeng yang dipisahkan antara kulit dan daging, kemudian dagingnya dihaluskan. Setelah itu daging bandeng diberi bumbu-bumbu khas yang sudah disiapkan, lalu dimasukkan lagi dalam badan ikan. Selanjutknya ikan dikukus hingga matang.
 
  • Bonggolan
Makanan ini hampir mirip seperti lemper atau ada juga yang bilang mirip pempek, namun makanan jelas berbeda. Asal nama Bonggolan sendiri belum diketahui. Akan tetapi makanan ini ialah makanan khas yang mencerminkan Gresik. Makanan ini memiliki aroma khas ikan yang sedap. Dengan Bahan untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan mentah, tepung kanji, bawang putih,  garam, penyedap rasa jika suka dan air panas. Itulah gambaran singkat dari makanan khas yang satu ini.
Sumber: admin
CeritaPerut Kota Gresik merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur yang populer sebagai kota penghasil semen berkualitas di Indonesia. Sebagian lagi masyarakat mengenal kota ini sebagai kota santri karena banyak pondok pesantren dan makam para wali atau pejuang Islam yang dapat ditemui disana. Selain itu, dari segi pariwisata, Gresik juga berkembang cepat. Potensi wisata alam dan kuliner kota Gresik cukup membanggakan. Jika kalian sedang melewati Kota Gresik, tak ada salahnya untuk mampir sebentar ke kota ini. Persiapan untuk pulang dan membawa oleh oleh dari kota Gresik menjadi hal yang tak boleh kalian lewatkan. Berikut beberapa oleh oleh yang dapat kalian bawa pulang dari Kota Gresik. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259