REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER INDRAMAYU

By: Admin

Mudik melalui jalur Pantai Utara (Pantura) pasti kita akan melewati beberapa kota kecil namun memiliki berbagai oleh-oleh kuliner yang sayang kalo sampai kita lewatkan. Salah satunya adalah di Kabupaten Indramayu. Indramayu selain memiliki beragam budaya yang indah, juga memiki beraga kuliner yang unik, dan diantaranya adalah kuliner oleh-oleh. Mau tau oleh-oleh khas apa aja yang ada di Indramayu? Yuk, kita simak aja yang berikut ini.
 
  • Blengep Cotot
Blengep cotot adalah makanan khas yang hanya bisa dapat ditemukan di Bangkir yaitu salah satu daerah setingkat kecamatan yang berada di kabupaten Indramayu selatan. Jarak dari pusat kota ke Bangkir sekitar 1 km. Blegep Cotot berbentuk bulat ovel dengan permukaan licin mengkilap dan ditaburi bawang goreng.
 
  • Mangga Indramayu
Indramayu merupakan surganya buah mangga. Buah mangga Indramayu memiliki rasa yang manis dan aromanya yang harum, juga dagingnya yang lembut. Pada musimnya, mangga Indramayu ini akan sangat mudah dijumpai di pinggiran jalan Pantura. kalau beruntung nih, pas bulan Juli di musim Mudik nanti bakal dimulai musim mangga Indramayu.
 
  • Nagasari
Nagasari terkenal juga di daerah lain,terbuat dari tepung tapioka yang di bubur dengan santan dan gula pasir. Isianya yaitu potongan pisang. Di bungkus dengan daun pisang lalu di masak dengan cara di kukus.  Bagi yang mudik dan lewat jalur Indramayu Pantura, mungkin kamu bisa mampir untuk beli nagasari sebagai oleh-oleh.
 
  • Keripik Tike
Mungkin belum banyak yang mengenal tentang keripik Tike ini, keripik tike terbuat dari umbi rumput teki. Umbi rumput teki ini bentuknya bergelombong, kecil-kecil dan sekilas mirip dengan akarnya. Proses pembuatannya hampir mirip dengan cara pembuatan emping melinjo. Disangrai dulu kemudian dipukul-pukul sampai pipih dan gepeng, dikeringkan lalu digoreng. Keripik tike ini memiliki rasa yang sedikit kesat-pahit tapi beraroma wangi khas teki, rasa pahitnya mirip-mirip dengan emping melinjo. Keripik tike ini bisa kamu cari di toko penjual oleh-oleh di Indramayu.
 
  • Asin Jambal Roti
Lokasi Indramayu yang berdekatan dengan laut menjadikan nelayan sebagai salah satu mata pencaraharian para warga Indramayu yang dekat dengan laut. Hal tersebut menjadikan Indramayu sebagai salah satu penghasil ikan asin jambal terbesar di indonesia. Ikan Asin Jambal ini sudah dikenal sebagai oleh-oleh khas bagi para pengendara jalur Pantura dan selalu diburu.
 
  • Terasi Udang Rebon
Terasi merupakan produk awetan ikan atau rebon yang telah diolah melalui proses pemeraman atau fermentasi, penggilingan atau penumbukan dan penjemuran yang berlangsung selama + 20 hari. Ke dalam produk terasi tersebut ditambahkan garam yang berfungsi sebagai bahan pengawet, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga sering ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Mudik melalui jalur Pantai Utara (Pantura) pasti kita akan melewati beberapa kota kecil namun memiliki berbagai oleh-oleh kuliner yang sayang kalo sampai kita lewatkan. Salah satunya adalah di Kabupaten Indramayu. Indramayu selain memiliki beragam budaya yang indah, juga memiki beraga kuliner yang unik, dan diantaranya adalah kuliner oleh-oleh. Mau tau oleh-oleh khas apa aja yang ada di Indramayu? Yuk, kita simak aja yang berikut ini. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259