REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER KEBUMEN

By: Admin

Bagi kamu yang kebetulan mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Kebumen, atau hanya sekedar untuk datang di kota Lawet ini, tak ada salahnya untuk singgah sementara di kota yang satu ini. Entah itu untuk kepentingan pribadi atau hanya sekedar lewat di kota ini saja. Tak ada salahnya, untuk membeli beberapa makanan khas di sini untuk di bawa pulang sebagai oleh oleh bagi keluarga di rumah. Yuk, simak beberapa makanan khas Kebumen yang wajib banget untuk kamu bawa pulang.
 
  • Lanthing
Salah satu makanan khas yang ada di Kabupaten Kebumen adalah LANTHING. Makanan kecil yang bahan bakunya berasal dari pohon ketela (budin=Jawa) ini lebih dikenal sebagai Lanthing Karanganyar. Tidak salah, karena yang membuat makanan tersebut adalah para warga di Dukuh Sanggrahan Desa Meles Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Makanan ini memiliki kekhasan yang sangat luar biasa, warna dari Lanthing ini adalah dua warna, yakni Lanthing Merah dan Lanthing Putih. Hal ini karena ada yang mengatakan, kalau saat dimulainya pembuatan makanan tersebut terjadi saat Indonesia menjelang Kemerdekaan. Untuk itu ada suatu niat menanamkan rasa cinta pada Bendera sang Merah Putih, yang diwujudkan secara samar dalam sebuah makanan kecil yang kemudian diberi nama Lanthing ini. Lanthing Super.
 
  • Jipang Kacang
Kabupaten Kebumen juga dikenal sebagai penghasil makanan khas berupa jipang kacang. Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang. Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Persis seperti yang diajarkan nenek moyang dulu. Hanya ada perubahan pada bungkusnya. Kalau zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini menggunakan bungkus plastik.
 
  • Gula Merah
Gula merah (gula kelapa) adalah salah satu hasil alam khas kabupaten KEBUMEN, yg sudah di kenal luas khususnya di daerah jawa. Di daerah kab.Kebumen salah satu daerah penghasil gula merah ada di daerah perbukitan gunung sewu, tepatnya di kecamatan ayah, mayoritas petani gula merah di kec. ayah berada di desa-desa di daerah pegunungan. seperti desa Tlagasari, Kalibangkang, Argosari,Watukelir dll.Dan di jamin, gula merah di sini itu beda dari daerah lainnya loh guys hehehe.
 
  • Golak dan Gembus ( Enggeng )
Makanan ini adalah jajanan khas Kebumen yang patut kamu cobain kalau lagi main ke kota ini. Perbedaan antara Golak dan Gembus adalah berdasarkan bentuknya. Golak di bentuk seperti angka 8 besar besar ( lebih besar dari lanthing ) , sedangkan Gembus di bentuk dari angka 0 ‘Nol’. Keduanya di goreng dengan minyak kelapa dan enak ketika di nikmati pada saat fresh dan hangat. Bahan utamanya adalah ketela pohon / singkong .
 
  • Kripik Pisang Kepok
Kripik pisang ini menawarkan sensasi yang mantap saat makanan ini baru mendarat di lidah kita. Dengan sensasi gurih, manis dan asin menjadi satu, menjadikan makanan ini salah satu yang wajib kamu nikmati ketika ke Kebumen.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Bagi kamu yang kebetulan mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Kebumen, atau hanya sekedar untuk datang di kota Lawet ini, tak ada salahnya untuk singgah sementara di kota yang satu ini. Entah itu untuk kepentingan pribadi atau hanya sekedar lewat di kota ini saja. Tak ada salahnya, untuk membeli beberapa makanan khas di sini untuk di bawa pulang sebagai oleh oleh bagi keluarga di rumah. Yuk, simak beberapa makanan khas Kebumen yang wajib banget untuk kamu bawa pulang. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259