REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER KULONPROGO

By: Admin
Kabupaten Kulon Progo terdiri atas 12 kecamatan yang dibagi lagi atas 88 desa dan kelurahan dengan setiap daerah menyimpan banyak makanan khas yang unik, bahkan tak hanya unik, ada juga yang di percaya dapat mengobati beberapa penyakit loh! Nah, berikut ini Ceritaperut rangkumkan makanan khas Kulon Progo yang bisa kamu bawa pulang dan jadikan oleh-oleh!
 
  • Enting-Enting Jahe

Enting enting jahe gurih dibuat dengan komposisi campuran gula, kelapa,kacang, wijen dan panili ini, punya perpaduan rasa antara rasa sedikit pedas jahe tetapi manis dan diselingi rasa wijen yang gurih dan unik sehingga enting enting jahe cocok untuk kudapan, kalau kamu melawati kulonprogo kamu pasti dengan makanan unik satu ini karena memang banyak dijajakan di tempat penjaja oleh-oleh khas.
 
  • Geblek

Geblek merupakan makanan kecil yang khas dari kabupaten Kulon Progo dengan bahan baku berasal dari tepung tapioka atau tepung kanji basah. Sudah tentu makanan kecil satu ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Kulonprogo.
 
  • Peyek Undur-Undur

Peyek undur-undur merupakan makanan khas Kulonprogo dengan bahan utamanya adalah undur-undur laut dan dari banyak bahan seperti tepung beras, tepung kanji,kuah santan,bawang putih, kemiri, tumbar, garam, kencur dan daun jeruk sebagai penghilang bau amis yang terdapat pada undur-undur. Makanan khas peyek undur-undur ini di percaya berkhasiat menjaga kesehatan, menurunkan gula darah sekaligus mampu mengobati beberapa penyakit seperti diabetes meilitus dan stroke loh!
 
  • Gula Semut

Selama ini kebanyakan orang mengenal gula pasir dan gula jawa atau gula merah. Semuanya memang gula, yang diberi nama tambahan sesuai bentuknya. Yang putih seperti pasir disebut gula pasir, yang merah dinamai gula merah atau kalau di daerah Jawa Tengah dan Yogya dinamai gula jawa. Nah gula semut ini juga diberi nama sesuai bentuknya yang seperti hamparan rumah semut. Warnanya merah, terdiri dari butiran kecil seperti pasir, dan seperti halnya gula merah, dibuat dari nira pohon kelapa. Salah satu pusat produksi gula semut di Yogya ada di kawasan Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Gula ini layak jadi oleh-oleh dari Yogya, meski mungkin bisa ditemukan di sejumlah toko atau pasar, berburu gula semut di desa-desa yang memproduksinya adalah petualangan seru!
 
  • Besengek Tempe Benguk

Yang satu ini merupakan makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempe benguk adalah tempe yang terbuat dari benguk, yaitu biji-bijian sejenis kacang koro. Bumbu-bumbu yang diperlukan untuk membuat besengek tempe benguk adalah bawang merah, bawang putih, gula jawa, lengkuas, jahe, garam, ketumbar, daun sereh, santan encer, santan kental, dan daun salam dengan proses pemasakan ini memakan waktu sekitar 4 jam lamanya. Besengek tempe benguk ini biasanya disantap dengan geblek dalam keadaan hangat.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Kabupaten Kulon Progo terdiri atas 12 kecamatan yang dibagi lagi atas 88 desa dan kelurahan dengan setiap daerah menyimpan banyak makanan khas yang unik, bahkan tak hanya unik, ada juga yang di percaya dapat mengobati beberapa penyakit loh! Nah, berikut ini Ceritaperut rangkumkan makanan khas Kulon Progo yang bisa kamu bawa pulang dan jadikan oleh-oleh! 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259