REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER KUTOARJO

By: Admin

Kutoarjo adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Purworejo, dulunya Kutoarjo adalah sebuah Kabupaten tersendiri yang berbentuk kawedanan, namun sejak tahun 1934 Kutoarjo dimasukkan dalam wilayah kabupaten Purworejo. Nah, jika kalian melewati kota ini ataupun sekedar singgah ke kota yang satu ini taka da salahnya kan untuk mencoba menikmati kuliner khas dari daerah ini. Dan mungkin saja jika cocok dengan selera kalian, solusi untuk membawanya pulang dan menjadi oleh oleh sangat tepat untuk kalian semua. Yuk simak beberapa oleh oleh ini yang bisa kalian jadiin sebagai sebuah referensi.
 
  • Kue Lompong
Kue hitam manis ini, penganan khas Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Rasa makanan itu legit dan kenyal. Bahan dasarnya batang daun talas atau lompong, tepung merang, tepung ketan, dan gula pasir. Isinya, tumbukan kacang tanah.
 
  • Biskuit Bagelen
Biskuit Bagelen adalah makanan khas Kutoarjo,yang sudah terkenal sejak tahun 1906.Tidak rugi untuk mencobanya,dijamin ketagihan. Jika kamu penasaran dengan makanaan yang satu ini, tak ada salahnya jika kalian mampir ke Kutoarjo membeli makanan yang satu ini.
 
  • Kopi Munthu
Ada sebuah kopi khas yang populer disebut kopi Munthu. Bahan dasarnya memang sama-sama kopi, tapi aroma dan khasiatnya yang berbeda. Kopi Cap MUNTU khas kutoarjo. Kopi Munthu bahan bakunya lebih banyak berasal dari biji kopi lokal Purworejo, tanpa campuran bahan lainnya. Itulah yang membuat aroma kopi ini benar-benar alamiah dan terjaga cita rasanya. Menurut cerita warga setempat, kopi Munthu sudah ada sejak tahun 1950-an. Kopi ini banyak beredar di wilayah Purworejo bagian barat, yaitu Kutoarjo. Kebanyakan dijual di toko-toko penyedia obat-obat Cina. Karena memang di situlah tempat diproduksinya kopi ini.
 
  • Kue Clorot
Kue Clorot termasuk kue yang tergolong unik, meski pembuatanya sederhana yaitu terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah, tetapi pada cara memasaknya di butuhkan ketrampilan dan ketelatenan yang cukup tinggi, karena adonan tersebut di masukan dalan sebuah wadah dari daun kelapa muda (janur kuning) yang di pilin melingkar membentuk  kerucut , kemudian di kukus.
 
 
Sumber: admin
CeritaPerut Kutoarjo adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Purworejo, dulunya Kutoarjo adalah sebuah Kabupaten tersendiri yang berbentuk kawedanan, namun sejak tahun 1934 Kutoarjo dimasukkan dalam wilayah kabupaten Purworejo. Nah, jika kalian melewati kota ini ataupun sekedar singgah ke kota yang satu ini taka da salahnya kan untuk mencoba menikmati kuliner khas dari daerah ini. Dan mungkin saja jika cocok dengan selera kalian, solusi untuk membawanya pulang dan menjadi oleh oleh sangat tepat untuk kalian semua. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259