REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER MADIUN

By: Admin

Berjalan jalan ke provinsi Jawa Timur, tak lengkap rasanya kalau kalian tak mengunjungi kota yang satu ini. Madiun, kota ini menyimpan rahasia kuliner yang sangat istimewa loh. Kalian ga percaya ? makanya, datang aja ke kota satu ini dan beli kuliner khas yang ada di sini untuk di jadiiin buah tangan buat orang orang di rumah. Bagi kalian yang masih bingung harus beli makanan oleh oleh apa saja, nih beberapa makanan yang jadi khas dari kota Madiun.
 
  • Sambal Pecel
Sambel pecel adalah produk asli khas Madiun. Di Madiun, industri sambel pecel tumbuh subur sebagai industri rumah tangga. Yang membedakan sambel pecel asli Madiun dengan sambel pecel dari daerah lain adalah aroma jeruk purutnya. Dengan bahan dasar kacang tanah, ditambah bumbu-bumbu cabe merah,cabe rawit, gula merah,gula putih,asam,garam dan jeruk purut yang diambil kulit buahnya,juga daunnya.

Proses pembuatan sambel pecel sangat sederhana. Kacang tanah dipilih yang bagus kwalitasnya,disangrai dan dikupas kulit arinya. Karena di Madiun sambel pecel menjadi salah satu produk andalan,maka tidak sulit mendapatkan kacang tanah yang bagus, bahkan yang sudah matang, siap untuk digiling. Kacang tanah matang ini diproses dengan cara dioven dan dikuliti dengan mesin sederhana. Setelah bumbu-bumbunya siap, maka bumbu dan kacang tanah lantas digiling dan dicampur rata. Selanjutnya sambel pecel yang sudah jadi ditimbang dan dikemas. Daya tahan sambel pecel yang sudah dikemas, antara 3-4 bulan,tergantung dari mutu kemasan dan higienis tidaknya saat melakukan proses pembuatan sambel pecel.
 
  • Brem
Brem adalah Makanan yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan, merupakan hasil dari fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya saja yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam. Sensasi makanan ini muncul ketika makanan dimasukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa 'semriwing' di lidah. Brem dikemas berbentuk lempengan agak kekuningan, rata-rata berukuran kurang lebih 15 cm x 5 cm x 0,5 cm. Untuk lebih memaksimalkan pemasarannya, brem kini dikemas dalam bentuk kecil kecil seukuran permen, sehingga mudah untuk dikantongi.
 
  • Lempeng/Krupuk Puli
Krupuk puli merupakan makanan khas asli kota madiun yang juga dikenal dengan nama lempeng, bagi kalian warga Madiun tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, rasanya yang gurih dan renyah membuat ketagihan. Terbuat dari beras ketan yang ditambahkan garam dan bumbu sehingga rasanya sangat nikmat kemudian dijemur.
 
  • Madumongso
Madumongso adalah camilan yang legit, cocok sebagai teman minum teh di sore hari. Bentuknya seperti dodol tapi teksturnya lebih kasar. Bahan dasarnya beras ketan hitam kualitas super yang harus dipoles ( jawa: disosoh ) terlebih dahulu, untuk menghilangkan kulit arinya yang kasar. Proses pembuatannya ada dua tahap.
 
  • Kue Satu
Kue yang menjadi salah satu makanan khas Madiun tersebut merupakan jajanan tradisionil berbahan baku kacang ijo dan gula pasir. Karena tergerus era modern kue satu banyak kalangan yang tidak mengetahui tentang kue satu dan semakin sedikit yang memproduksi kue yang satu ini. Namun masih ada beberapa orang yang masih memproduksi kue satu ini di Madiun salah satunya di daerah Dawuhan Desa Bantengan Kec. Wungu Madiun. Sampai sekarang produksi kue satu hanya di produksi oleh beberapa keluarga saja. Kue satu sering dijadikan makanan khas oleh - oleh dari Madiun selain sambel pecel dan brem kata salah seorang keluarga yang memproduksi kue satu di desa tersebut. Mereka sangat kewalahan menerima pesanan kue satu disaat libur besar seperti Hari raya Idhul fitri.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Berjalan jalan ke provinsi Jawa Timur, tak lengkap rasanya kalau kalian tak mengunjungi kota yang satu ini. Madiun, kota ini menyimpan rahasia kuliner yang sangat istimewa loh. Kalian ga percaya ? makanya, datang aja ke kota satu ini dan beli kuliner khas yang ada di sini untuk di jadiiin buah tangan buat orang orang di rumah. Bagi kalian yang masih bingung harus beli makanan oleh oleh apa saja, nih beberapa makanan yang jadi khas dari kota Madiun. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259