REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER PURWOREJO

By: Admin
Purworejo memiliki banyak keunikan wisata kuliner khas daerah yang selalu bikin penasaran para wisatawan ataupun pengunjung yang sekedar lewat. Ga cuman itu, oleh-oleh khas purworejo juga unik-unik buat dicoba. Penasaran apa aja oleh-oleh khas purworejo? Ini nih jawabannya:
 
  • GEBLEK

Sejenis makanan goreng yang bentuknya bulat kecil mirip gelang atau setengah angka 8. Tidak heran kalau masyarakat sana sering menyebut makanan ini dengan nama gelangan. Makanan yang terbuat dari tepung singkong itu rasanya sangat gurih. Lebih nikmat kalau disantap saat masih hangat atau baru saja digoreng. Kalau kalianjalan-jalan ke kota Purworejo, kalian bisa menemukan para penjual geblek yang ada di seputar pasar Baledono, dekat alun-alun Purworejo, ataupun dekat pasar jenar. Uniknya banyak wisatawan yang suka menikmati geblek dengan campuran saus ataupun sambal kacang. Perlu dicoba nih !
 
  • KRIMPYING

Nah, makanan khas yang satu ini masih sejenis gorengan yang berbahan dasar singkong dan warnanya krem. Bentuknya bulat-bulat berlubang tengah seperti geblek, namanya krimpying atau dikenal juga sebagai lanting. Makanan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis makanan yang tahan lama. Jadi bisa dibawa buat oleh-oleh.
 
  • KUE LOMPONG

Ini adalah kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.Yang bikin unik makanan yang satu ini karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Uniknya lagi pada setiap gigitan kue lompong ada suatu rasa sangat khas yang terasa di lidah kita. Itulah rasa klaras yang menjadi pembungkusnya. Benar-benar unik dan patut kalian coba.
 
  • CLOROT

Dari namanya saja sudah unik dan menggelitik ya. makanan khas Purworejo yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dalam pilinan daun kelapa yang masih muda (janur kuning). Bentuknya seperti terompet kecil yang dibalut janur kuning, rasanya manis hampir seperti wajik atau dodol. Oleh-oleh buat keluarga cocok banget nih.
 
  • RENGGINANG

Makanan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis gorengan yang terbuat dari ketan yang dimasak. Bentuknya bulat unik dan agak gepeng. Rasanya kriuk-kriuk dan pastinya cukup menggoda selera para pecinta kuliner. Apalagi buat oleh oleh udah paling pas ini mah.
Sumber: admin
CeritaPerut Purworejo memiliki banyak keunikan wisata kuliner khas daerah yang selalu bikin penasaran para wisatawan ataupun pengunjung yang sekedar lewat. Ga cuman itu, oleh-oleh khas purworejo juga unik-unik buat dicoba. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259