REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER TASIKMALAYA

By: Admin

Bagi kalian, yang lagi terjebak di kota Tasikmalaya, melihat sesudut kota yang lumayan enak untuk di pandang mata, tak ada salahnya kalian membawa pulang beberapa makanan khas yang ada di kota Tasikmalaya. Yaps, jika kalian bingung dan tak tau apa yang harus kalian beli apasaja oleh oleh yang bisa kalian bawa pulang, nih ada beberapa rekomendasi untuk kalian, seputar oleh oleh yang bisa di bawa pulang ke rumah untuk sanak saudara di rumah.
 
  • Kolontong
Kolontong adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari beras ketan yang di proses dalam babarapa tahapan tahapan yang panjang, kolontong ini dibuat sebagaimana membuat opak namun setelah menjadi opak, untuk menghasilkan sebuah kolontong harus diproses kembali yaitu dengan proses pemanasan. biasanya pemanasan dilakukan menggunakanpasir yang dipanaskan.
 
  • Rengginang
Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diproses dalam waktu yang lama dan melalui tahap pengolahan yang cukup panjang, sehingga terciptalah bentuk makanan yang disukai sebagian orang. Rengginang (Ranginang) terbagi berbagai jenis, diantaranya ada rengginang Beras ketan hitam, Rengginang Terasi, Rengginang Asin, Dan Rengginang Manis.
 
  • Opak
Nama makan yang satu ini orang menyebutya opak, di daerah tasik makan ini adalah yang paling terpopuler, mengapa? karena rata rata setiap ada acara acara, warga selalu menyiapkan berbagai makan ringan dan salah satunya yang tak pernah terlewatkan adalah opak.Opak ada yang terbuat dari beras ketan, ada juga yang terbuat dari singkong, namun ada sebagian orang yang membuatnya dari beras cere.
Yang tertera di gambar disamping merupakan contoh opak yang terbuat dari singkong. rasanya gurih dan renyah, kemudian teksturnya tidak terlalu keras sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja, makanan makanan sepertiini bebas pengawet, karena meskipun tampa pengawet mkanan ini dapat bertahan lama dan tidak mudah basi.
 
  • Sale Pisang
Sale pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang di sisir tipis dan di jemur pisang sale ini bisa langsung di makan langsung atau di goreng menggunakan tepung. sale pisang merupakan produk pisang yang di buat dengan proses pengeringan, sale mempunyai rasa dan aroma yang khas.
 
  • Wajit
Wajit adalah makanan yang terbuat dari ketan dipadukan dengan kelapa yang dihaluskan dan dipanaskan bersamaan dengan manisnya gula merah, sehingga wajit ini rasanya manis dan teksturnya yang kenyal.
 
  • Keripik Sukun
Keripik Sukun adalah Sejenis makanan ringan yang bentuknya tipis memanjang dan sedikit melebar dengan warna kuning ke emas emsan kalau di gigit rasanya sangat renyah dan gurih. siapa yang tidak kenal dengan buah sukun, buah ini sangat lejat, mulai dari di goreng, di kukus, bahkan sampei di buat keripik. cara pembuatan keripik sukun pilih lah buah sukun yang cukup tua tapi tidak terlalu matang agar saat di goreng bisa renyah, iris tipis buah sukun yang telah di kupas dari kulinya, rendam irisan buah sukun tersebut di air yang sudah di campur sirih, setelah 5 jam angkat irisan buah sukun dari renaman kapur sirih, cuci irisan buah sukun di air bersih, campurkan bumbu-bumbu seperti bawabg putih, kunyit, garam, gula, dan bumbu lainya sehingga menghasilkan keripik sukun yang lezat, rendam kembali irisan sukun ke dalam campuran bumbu air tesebut, baru lah di goreng dalam ninyak panas hingga kering dan warna agak kecolatan.
Sumber: admin
CeritaPerut Bagi kalian, yang lagi terjebak di kota Tasikmalaya, melihat sesudut kota yang lumayan enak untuk di pandang mata, tak ada salahnya kalian membawa pulang beberapa makanan khas yang ada di kota Tasikmalaya. Yaps, jika kalian bingung dan tak tau apa yang harus kalian beli apasaja oleh oleh yang bisa kalian bawa pulang, nih ada beberapa rekomendasi untuk kalian, seputar oleh oleh yang bisa di bawa pulang ke rumah untuk sanak saudara di rumah. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259