REKOMENDASI OLEH-OLEH KULINER TEGAL

By: Admin
Trip dari kota satu ke kota lain, beberapa tempat wisata dan aneka kuliner sudah masuk ke dalam list kegiatan. Sudah jauh-jauh sampai di kota tujuan jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya sebelum meninggalkan lokasi. Begitu juga kalau sedang bertandang di kota Tegal,
  • Tahu Murni

Kalau singgah ke Tegal rasanya ada yang kurang bila tidak mencoba atau membawa tahu khas kota ini. Ada cukup banyak jenis tahu yang ditawarkan, antara lain : tahu pletok, pepes tahu, tahu aci, yong tahu (tahu kukus isi udang), kerupuk tahu dan tahu royal (kerupuk tahu berbentuk stik).
 
  • Kacang Bongares

kacang bogares merupakan kacang tanah yang berasal dari salah satu desa di Kabupaten Tegal yang bernama Bogares. Meski secara fisik tidak jauh berbeda dengan kacang tanah pada umumnya, tapi kacang yang berasal dari Desa Bogares ini memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda. Bagi yang sudah sering melewati Jalur Pantura pasti mengetahui keberadaan kacang ini, pasalnya kacang bogares sering dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh jika sedang melintasi Kota Tegal.
 
  • Kerupuk Antor

Ingin mencoba sensasi Kerupuk yang dibuat menggunaan pasir dalam pengolahannya? Coba saja Kerupuk Antor. Rasa kerupuk antor itu kebanyakn adalah rasa bawang. Menurut penduduk sekitar, kerupuk antor yang nikmat itu kerupuk antor “badeg”. Maksudnya adalah kerupuk antor yang warnanya pekat karena bumbunya.
 
  • Pilus

Makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan bumbu tambahan lainnya, membuat jajanan yang satu ini sangat nikmat. Terlebih lagi dicampur dengan kuah bakso yang hangat. Bisa juga nih jadi alternatif buah tangan. Yang membedakan pilus Tegal dengan yang lainnya adalah dari warna dan rasanya. Warnanya putih agak kecoklatan. Nah kalo kalian tertarik, pilus khas Tegal ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau warung-warung terdekat.
 
  • Latopia

Latopia, laktopia atau latopnya adalah salah satu kuliner khas Tegal. Bakpia khas Tegal ini tampilannya hampir sama dengan bakpia dari kota lain, dari Jogja umpamanya. Namun yang membedakannya adalah pianya lebih padat, lebih renyah,  dan lebih gurih. Untuk ukurannya pun lebih besar. Untuk masalah isinya, hampir sama dengan bakpia yang lain. Seperti isi kacang hijau, keju, buah, durian, bawang, gula aren, dan lain-lain. Namun latopia Tegal isi kacang hijau lebih banyak dicari.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Trip dari kota satu ke kota lain, beberapa tempat wisata dan aneka kuliner sudah masuk ke dalam list kegiatan. Sudah jauh-jauh sampai di kota tujuan jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya sebelum meninggalkan lokasi. Begitu juga kalau sedang bertandang di kota Tegal, 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259