TOP REKOMENDASI KULINER PILIHAN BERBUKA PUASA KOTA BOGOR

By: Admin

Sebagai salah satu kota yang berjarak paling dekat dengan Jakarta, kota Bogor sering kali dipilih sebagai tempat tujuan wisata akhir pekan warga Jakarta dan sekitarnya. Selain berkunjung ke tempat wisata di Bogor, pengunjung juga sering kali berwisata kuliner di Bogor karena kota yang berjarak sekitar 50 km dari Jakarta ini menawarkan udara yang lebih sejuk dari Jakarta, dan juga kuliner khas Bogor yang menarik. Berikut ini adalah 10 tempat wisata kuliner rekomendasi kota bogor untuk berbuka puasa :
 
Sate dari daging seperti kambing, sate sapi atau sate ayam mungkin sudah biasa, tapi kalo sate dari sumsum? Pasti lebih dari biasa. Itulah yang ditawarkan Sate Sapi Pak Oo yang menjajakan sate dari sapi, tidak cuma dagingnya tapi juga sumsum, ati dan ginjalnya. Yang paling favorit adalah Sate Sumsum, sumsum yang kenyal dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar layaknya sate. Disajikan dengan bumbu kacang. Sensasi yang muncul ketika kelembutan sumsum kemudian lumer di dalam mulut plus rasa bumbu kacang yang legit. Juga sate ginjal yang tak kalah juaranya, dengan teksturnya yang kenyal dengan aroma bumbu bakar yang tepat begitu asik berpadu dengan bumbu kacangnya. Kekenyalannya tidak jauh berbeda dengan ginjal ayam. nyamm..
 

De'Leuit, restoran khas nusantara dengan resep turun temurun dengan menyuguhkan Nasi Jambal sebagai menu andalannya yang khas. Nasi yang dibumbui dengan rempah dan jambal sehingga mampu menggugah selera makan kamu! dengan penyajiannya yag dilengkapi bakwan jagung manis, tahu goreng yang lembut, krecek oncom, lalap dan sambal yang nikmat kamu bisa memilih lauk utamanya, ada ayam goreng yang gurih, empal lembut dimulut dan ikan balita yang renyahnya sudah terkenal seantero nusantara. Selain Nasi Jambal Deleuit juga menyuguhkan menu spesal lainnya seperti gurame Spesial de'Leuit, Sop Buntut Bakar, Gurame Goreng Kering Menari, Es Kelapa Glodok dan belum lengkap rasanya jika kamu melewatkan minuman khas bogor yang juga di sajikan di De'Leuit, yaitu Bir Kocok, minuman yang berbahan dasar jahe merah dan gula merah yang disajikan brrr' ingin menyegarkan.
 
Rumah Sumsum, sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyediakan menu utama yang serba Sumsum, dengan menu andalannya: Sop Sumsum Sapi. Dahsyat... Satu potong tulang sapi yang besar dengan sumsum yang masih utuh didalamnya disajikan langsung dalam mangkok dengan kuah sop dan sayuran. Bentuk sajiannya saja sudah provokatif, karena tulang tersebut terlihat sangat besar, sehingga mangkuknya tidak muat. Sumsumnya sengaja tidak dikeluarkan dari tulang tersebut, membiarkan kita berkutat untuk mengeluarkan sumsum tersebut. Sebuah sensasi tersendiri. Makanya disediakan sendok kecil panjang dan SEDOTAN! Siapa tau mau nyeruput langsung dari tulangnya..
 
Kuliner khas bogor yang menyajikan kuah santan kuning dengan harum rempah yang khas dengan pilihan isinya yang bisa kita tentukan sendiri: daging sapi, otak, paru, limpa, lidah, usus, babat dan kikil. Disandingkan dengan nasi yang sudah bertabur bawang goreng... hhhhmm, terbayang lezatnya. itulah soto khas Kota Hujan, dan salah satu yang paling terkenal ada Soto Bogor Pak Salam yang berlokasi di salah satu sisi sentra kuliner tradisional Bogor, Jl Suryakencana. Soto Pak Salam biasanya buka jam 4 sore dan bisa ludes sebelum jam 7 malam, makanya antrian slalu tampak memenuhi kedai kaki lima milik Pak Salam ini. Apalagi disaat akhir pekan, ketika banyak orang dari luar kota Bogor turut ingin mencicipi salah satu ikon kuliner bogor yang satu ini.
 

Salah satu jawara makanan favorit sejuta umat di Bogor adalah Bakso Urat Boboho. kedai bakso yang selalu ramai pembeli ini terletak di kawasan Bantarjati dengan Bakso Urat berkuah yang mengandung gorengan lemak sapi atau gajih yang gurih memang menjadi andalan. Belum lengkap rasanya santap bakso tanpa minuman segar. disini terdapat minuman paling populer dikalangan pembeli yaitu Es jeruk kelapa degan yang wiiihh, suegeerr.. Buat kamu yang sedang akan berkunjung ke Bogor tak ada salahnya untuk mampir ke kedai Bakso Urat Boboho dan menikmati kuliner sejuta umat ini, kedai ini buka dari jam 9pagi sampai jam 9 malam, jadi bisa untuk brunch, lunch sampai dinner! :D
 

Seperti namanya, warung ini memang bikin NAGIH! Beragam topping disediakan demi memenuhi kepuasan setiap pelanggannya. Jangan menyesal ya kalau sudah ke warung ini. DIJAMIN BIKIN NAGIH!
 

Siap-siap! Aroma sop buntut panas yang satu ini bisa bikin perut kamu menjerit. Dagingnya dimasak dalam waktu yang lama dan api kecil sehingga menghasilkan daging yang kandungan nutrisinya terjaga juga lembut banget dimulut, sama sekali gak butuh perjuangan untuk menyantapnya. Kuahnya? Segeerrr dan tanpa lemak yang mengganggu, dengan potongan wortel yang menjadi pelengkap. ditambah sedikit sambal dan acar.. aaah, perfecto!
 

Meski bernama 'warung', namun Warung Taman memiliki konsep yang lebih dari sekedar warung. interior yang cantik dan nyaman dengan bangku yang tertata rapi dan pencahayaan yang temaram membuat tempat ini menjadi tempat yang romantis. Tempat yang nyaman, makanan yang enak, mengenyangkan dan murah meriah sudah pasti menjadi tempat tujuan anak muda untuk sekedar makan cantik, ngobrol santai sambil ngemil bareng sahabat atau pasangan. Berlokasi di sekitar taman kencana bogor, Warung Taman menghadirkan pilihan makanan yang cukup populer, seperti aneka nasi goreng, mie goreng, mie ayam, hingga sup iga dengan porsi yang pas bagi yang sedang lapar dengan isian cukup komplit. tersedia telur orak arik, cumi sosis, udang, juga jagung manisa sisir, ajar da juga emping yang kriukk. Menu favorit lainnya yaitu Jus ala Warung Taman yang memadukan bit, semangka dan jeruk sehingga menghasilkan minuman yang segar dan enak, slurrpppp, dan tentunya menyehatkan.
 

Satu lagi tempat makan favorit di Bogor bagi yang gemar menyantap mie ayam dan baso. Mie Tasik. Mie Tasik yang berada di kawasan Ruko Plaza Indah Bogor no.C9 ini tidak hanya menyajikan mie ayam dan baso saja, ada juga Mie Yamin Manis yang khas ayamnya, pilihan Mie, Bihun atau Kwetiau tanpa kuah diaduk dengan beragam bumbu dan kecap manis, ditemani suwiran ayam dan sawi rebus. Rasa manis dari yaminnya ini yang ngangenin, juga potongan daging ayamnya juga yang berbeda dengan penjaja mie ayam lainnya. Untuk "temannya" kita bisa pilih: baso, pangsit, babat atau gabungan ketiganya. Baso yang kenyal dan pangsit yang lembut dalam kuah kaldu yang segar. Oh ya jangan lupa cicipi pangsit goreng yang selalu tersedia di meja. Pangsit gorengnya ini khas dari Mie Tasik, dan paling pas jika di-"cocol" dengan sambal bawang yang juga hanya bisa kita dapatkan di Mie Tasik.
 

Satu lagi warung tenda yang tidak pernah sepi di Bogor, apalagi pas weekend. Mie Ayam Bakso 'Al' atau 'Mie Bangka'! Menu utamanya adalah Mie Ayam Bakso. Mie ayam "home made" yang ditemani dengan Baso dan Bakso Tahu. Wuihhh.. melihat penampakannya saja kamu pasti tergoda... Kamu bisa meminta mie nya asin atau manis sesuai selera. Kemudian bakso dan tahu serta sayuran akan disajikan dalam kuah. Maka kita akan mendapatkan kenikmatan adonan yamin berpadu dengan kesegaran baso yang hangat plus udara malam kota bogor cetarrr...
Sumber:
CeritaPerut Sebagai salah satu kota yang berjarak paling dekat dengan Jakarta, kota Bogor sering kali dipilih sebagai tempat tujuan wisata akhir pekan warga Jakarta dan sekitarnya. Selain berkunjung ke tempat wisata di Bogor, pengunjung juga sering kali berwisata kuliner di Bogor karena kota yang berjarak sekitar 50 km dari Jakarta ini menawarkan udara yang lebih sejuk dari Jakarta, dan juga kuliner khas Bogor yang menarik. Berikut ini adalah 10 tempat wisata kuliner rekomendasi kota bogor untuk berbuka puasa : 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259