TOP REKOMENDASI KULINER PILIHAN SAHUR KOTA YOGYAKARTA

By: Admin
Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang penduduknya betah melek alias tidak tidur. Aktifitas dini hari pun sering dilakukan masyarakat terutama anak muda seperti nongkrong di pusat kuliner khas. Karena itu tidak heran banyak sekali penjual makanan dini hari di Jogja dan tentunya menjadi pilihan menu saat sahur. Buat kamu yang sedang berlibur di Yogyakarta saat puasa, jangan lewatkan sahur dengan kuliner khas. Banyak loh kuliner yang menjadi santapan favorit anak muda Jogja dan pastinya dengan harga terjangkau dan rasa maksimal. Apa saja menu andalan saat sahur? Simak ya!
 
  • Gudeg
Jogja adalah kota gudeg. Itu sudah pasti, karena gudeg adalah makanan khas. Nah buat yang bingung cari makanan pas sahur kamu bisa menjumpai gudeg di segala penjuru kota Jogja. Beberapa gudeg yang bisa kamu nikmati saat sahur antara lain gudeg mercon Kranggan, gudeg Bu Tekluk depan SMA Gama Gejayan, gudeg mbak Sasha di Mirota Gejayan, gudeg batas kota, gudeg dekat bioskop Permata sampai gudeg pawon. Lokasi penjual gudeg ini cukup mudah ditemukan kok karena berada di daerah perkotaan. jadi kalau bingung nggak perlu kawatir, tinggal tanya saja ke penduduk sekitar.
 
  • Nasi Kuning Kranggan
Nasi kuning biasanya ditemukan pagi hari untuk sarapan, tapi tidak untuk bu Tuminem hehe. Dia berjualan nasi kuning dengan aneka lauk pauk yang lengkap mulai dari malam sampai dini hari, bisa juga loh jadi alternatif buat kamu yang bingung mau sahuur dimana. Tidak susah mencari warung ini karena dia berjualan di sebelah gudeg mercon di Kranggan. Kalau bingung cari warung ini langsung tanya saja dimana nasi kuning Tugu atau nasi kuning Kranggan. Sudah pada kenal tempat ini kok, karena sering sekali jadi tempat makan untuk anak muda yang habis clubbing atau kegiatan gaul malam hari. Aseeeeekkk. Untuk seporsi nasi kuning dengan isian telur dadar yg diiris tipis, sambal kering kentang, timun, kacang, abon dan ayam suwir hanya Rp.12.000 saja. Mau pakai krecek ala gudeg juga ada, mau pakai gorengan juga bisa, pokoknya lauknya lengkap deh. Selamat mencoba
 
  • Nasi Campur Demangan
Bosan makan gudeg dan pengen varian lain untuk sahur? Cobain nih yang namanya nasi campur demangan. Warung nasi campur ini buka selepas jam 8 malam, saat toko di deretan Demangan sudah mulai tutup. Warung nasi ini sederhana, tempat makannya pun hanya jejeran kursi plastik. Tumpukan lauk seperti ayam goreng, telur ceplok, tempe, tahu goreng atau bakwan jagung tersedia di warung ini. Keistimewaan nasi campur demangan ini yaitu nasi dihidangkan dengan lauk teri pedas, sayur labu, kering tempe, oseng-oseng kacang panjang dan jagung muda, serta lodeh. Rasa pedas nasi campur ini berasal dari oseng teri yang dimasak dengan cabai. Kuahnya yang pedas begitu dominan dari rasa keseluruhan nasi campur ini. Harga seporsinya plus teh hangat dimulai dari Rp.7.500, tergantung lauk apa yang kita makan. Hmmmm boleh juga nih :D
 
  • Soto Sampah
Ini bukan sampah yang dijadikan soto tapi hanya nama saja. Warung soto sampah terletak di jalan setelah belokan di depan SPBU  Kranggan. Warung ini tidak begitu jelas tertulis Soto Sampah karena memang soto sampah hanya semacam sebutan saja oleh orang-orang yang pernah berkunjung. Selain soto sampah, sebutan lainnya yaitu soto demit (setan), soto uwuh, soto sumuk (berkeringat) dan soto becak. Nama asli warung yang digunakan oleh Pak Ngadimin ialah Soto Simak. Banyak yah namanya hehe.Nah makanan ini juga bisa jadi makanan sahur alternatif buat kamu yang lagi di jogja, karena warung ini buka hampir 24 jam loh. Tidak perlukhawatir dengan masalah harga jika ingin menikmati soto sampah. Harga soto per mangkuk tergolong sangat murah yakni 4500 rupiah. Gorengan yang juga dijual sebagai pelengkap di warung hanya 500 rupiah. Minuman yang disediakan juga beragam mulai dari teh, jeruk, jahe, kopi, nescafe, dan sebagainya.
 
  • Brongkos Legendaris Mbok Padmo
Umurnya kira-kira sudah 50-an tahun pantas bila disebut sebagai legenda warung brongkos yang ada di Yogyakarta. Dulu berlokasi di bawah kolong sisi timur jembatan krasak sleman Yogyakarta, sekarang sudah berpindah di sebelah timur pasar tempel, sekitar 20 km dari Jogja ke arah Magelang. Selain brongkos, warung Mbok Padmo juga menghidangkan mangut lele, nasi rames, dan ayam goreng. Tapi tetap saja brongkos menjadi andalan dan memang karena brongkos inilah yang membuat warung ini istimewa. Mbok Padmo, si empunya, yang meracik sendiri takaran bumbu, daging dan tentu saja kluwak nya. Maka tidak heran jika cita rasanya terjaga membuat orang ingin kembali lagi makan di warung ini. Warung brongkos Mbok Padmo juga bisa dijadikan tempat makan sahur juga kok. Satu porsinya dihargai di kisaran Rp.10.000,00 keatas tergantung lauk apa yang dipilih. Sederhana, murah dan dijamin enak. 
 
  • Gudeg Pawon
Kalau di malam hari tiba-tiba kamu ngidam gudeg, datang saja ke Gudeg Pawon! Gudeg Pawon ini buka mulai pukul 22.30. Walaupun rasanya sama lezatnya dengan gudeg yang lain, tapi kamu akan mendapatkan pengalaman kuliner yang menarik ketika menikmati Gudeg Pawon. Dalam bahasa Indonesia, pawon berarti dapur. Jika datang ke Gudeg Pawon, kamu akan mencicipi gudeg dengan nuansa dapur zaman dahulu seperti gudeg yang dimasak menggunakan kayu bakar dan lincak atau amben (tempat tidur tanpa kasur yang terbuat dari kayu atau bambu) yang digunakan sebagai tempat makan. Unik kan! Untuk harga pun masih terbilang murah. Hanya dengan uang kurang dari Rp 20.000,00, kamu sudah bisa menikmati seporsi gudeg dengan paha ayam.
 
  • Angkringan Lek Man
Kamu wajib merasakan kuliner di Angkringan Lek Man. Angkringan yang terletak di dekat Stasiun Tugu ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Penikmat kuliner di Angkringan Lek Man ini nggak pandang bulu, mulai dari pegawai kantoran, mahasiswa, sampai tukang becak, semua berkumpul di tempat ini. Menu yang disajikan oleh Angkringan Lek Man antara lain nasi kucing (nasi dengan porsi yang tidak terlalu banyak dengan lauk yang bervariasi, seperti oseng-oseng tempe ataupun oseng-oseng ikan teri), gorengan, berbagai macam sate seperti sate usus dan sate telur puyuh, jadah tempe, dan menu yang paling terkenal adalah Kopi Joss. Kopi Joss adalah kopi yang disajikan dengan memasukkan arang panas ke dalam kopi tersebut sehingga ketika memasukkan arang panas tersebut ke dalam kopi akan menimbulkan suara “Jooooooosssss…”. Untuk masalah harga, jangan takut! Harga makanan di Angkringan Lek Man ini mulai dari harga Rp 500,00. Murah kan?
 
  • Gudeg Mercon Bu Tinah
Jogja memang tersohor dengan gudeg. Makanan tradisional asal Jogja ini berbahan dasar nangka muda yang dicampur dengan serangkaian bumbu dan didominasi oleh rasa manis. Jika kamu sudah jemu terhadap rasa manis, kamu wajib menjajal kuliner satu ini. Gudeg mercon yang terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta ini memang rasanya berbeda daripada gudeg lain di Jogja. Jika gudeg lain berasa manis, maka gudeg Bu Tinah rasanya pedas membakar lidah. Gudeg yang anti mainstream ini jam jualannya juga unik. Jika warung gudeg yang lainnya buka pada pagi hingga malam hari, maka Bu Tinah ini baru menggelar lapak gudeg Merconnya pada pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari.  Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, mulai dari telur, gorengan, ceker goreng tepung, ayam kampung, sate ayam. Harga yang dibandrol pun sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Murah ‘kan?  Tapi harus bersabar-sabar antri ya kamu, karena dijamin antriannya bakal mengular.
Sumber:
CeritaPerut Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang penduduknya betah melek alias tidak tidur. Aktifitas dini hari pun sering dilakukan masyarakat terutama anak muda seperti nongkrong di pusat kuliner khas. Karena itu tidak heran banyak sekali penjual makanan dini hari di Jogja dan tentunya menjadi pilihan menu saat sahur. Buat kamu yang sedang berlibur di Yogyakarta saat puasa, jangan lewatkan sahur dengan kuliner khas. Banyak loh kuliner yang menjadi santapan favorit anak muda Jogja dan pastinya dengan harga terjangkau dan rasa maksimal. Apa saja menu andalan saat sahur? Simak ya! 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=06 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259