REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK AMBARAWA

By: Admin
Kawasan Ambarawa, sebuah daerah di kabupaten Semarang ini memiliki pesonanya tersendiri. Mulai dari pesona wisata alam, wisata situs-situs bersejarah, dan tentunya wisata kulinernya yang sayang jika kamu melewati kawasan ini tapi kamu melewatkan kenikmatannya.
 
Dari sekian banyak kuliner khas yang bisa ditemui di Ambarawa, berikut ini Ceritaperut bagikan rekomendasi kuliner mudik Ambarawa. Disimak ya!
 
  • Pecel Tukinem Ambarawa

Pecel Ini Didirikan Oleh Almarhumah Veronica Tukinem Asal Sanggrahan Ambarawa. Pecel Tukinem dijual mulai  jam 07-12 siang diatas Kantor Yayasan Gotong Royong setiap hari. Pecel ini biasanya menjadi santapan sarapan pagi. Nah, untuk yang mau beli sesudah jam 12 siang, datang aja di rumah mbok tukinem di daerah Sanggrahan, bawah Sekolah Teknik Menengah Dr cipto. Bagi yang ingin pesan agar tidak kehabisan? Silahkan menghubungi : 0298 592 083.
 
Menu: Pecel
Harga: Rp 8.000
Alamat: Jl. Kridanggo, Sanggrahan atau Jl Brigjen Sudiarto, Lodoyong, Ambarawa.
Telpon: 0298 592 083.
 
  • Tahu Serasi Bendungan

Tahu ini merupakan tahu khas dari daerah Bandungan, Ambarawa. Di daerah ini memang terkenal sebagai sentral pengrajin tahu. Selain tahu serasi juga dijual sari kedelai yang rasanya sangat gurih. Tahu Serasi sendiri warnanya putih bersih dan sangat padat. Rasanya sangat enak dan gurih. Keistimewaannya tahu serasi buatan Bandungan tidak mengunakan pengawet sama sekali. Biasanya menikmati tahu serasi, tahu digoreng terlebih dahulu. Satu bungkus tahu serasi yang isinya delapan potong harganya berkisar Rp 10.000. Menikmati tahu serasi, penjual biasanya menyediakan sambel kecap yang dibuat dengan bawang goreng dan irisan cabe yang dicampur jadi satu dengan kecap manis. Untuk minumannya, tersedia sari kedelai. Rasanya sangat manis dan segar. Minuman ini bisa kamu pesan panas atau dingin.
 
Menu: Tahu
Harga: Rp 10.000
Alamat: Jl. Raya Bandungan - Sumowono KM.1
Telpon:
 
  • Eva Coffee House

Rumah kopi ini merupakan bisnis keluarga penduduk asli ambarawa sejak tahun 1956. Perkebunan kopi yang dimiliki keluarga ini seluas 4 hektar terletak bagian belakang warung kopi. Kopi hasil perkebunan dijual dengan merek dagang KOPI EVA. Di warung kopi ini juga dijual beragam kopi mulai dari biji kopi, kopi bubuk sampai kopi berbentuk sirup. Kisaran harga satu bungkus kopi eva Rp 5000 - Rp 12.500. Biji kopi seharga Rp 12.500, sedang sirup kopi seharga  Rp 25.000 per botol.
 
Menu: kopi
Harga: mulai dari Rp 5.000
Alamat: Jl Raya Ambarawa, Bedono
Telpon: (+62) 298 591155
 
  • Sate Kelinci Bandungan

Selain tahu serasi, di Bandungan, kamu juga bisa menikmati sate kelinci dengan rasa dagingnya yang lembut dan gurih. Penjual sate kelinci di daerah ini jumlahnya juga tak kalah banyak. Kebanyakan penjualnya adalah mbok-mbok. Mereka menempati lokasi di pinggir jalan atau menempel pada tembok objek wisata Bandungan. Harga untuk 10 tusuk sate kelinci dengan lontong atau nasi berkisar Rp 11.000,- Untuk yang tidak suka sate kelinci, bisa nikmati sate ayam dengan harga lebih murah Rp 1.000,- Sate kelinci ini maupun sate ayam disantap dengan bumbu kacang yang kental.
 
Menu: Sate Kelinci
Harga: Rp 11.000
Alamat: Jl. Raya Bandungan - Sumowono KM.1
Telpon:
 
  • Pecel Mbok Kami

Pecel Mbok Kami sebenarnya sederhana saja, tak beda dari pecel-pecel yang lain. Dalam satu porsi terdiri dari nasi, sedikit mie goreng, dan aneka sayuran yang kemudian disiram dengan sambal kacang yang rasanya manis-gurih. Yang membedakan adalah kualitas sambal kacangnya yang sudah membuat banyak orang kesengsem. Barangkali ini yang namanya “beda tangan, beda rasanya”. Meski bumbu sambal kacang yang digunakan sama dengan yang lain, tapi tetap ada citarasa yang khas disana.
 
Menu: Pecel
Harga: Rp 10.000
Alamat: Jl. Goa Maria Kerep – Ambarawa. Dekat terminal Ambarawa
Telpon:
 
  • Surabi Kuah Ambarawa

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan serabi model Solo atau Bandung yang biasa dikombinasikan dengan aneka macam topping, seperti cokelat, pisang, angka, oncom, keju, bahkan telur. Tapi ada satu lagi serabi tradisional yang perlu anda coba: serabi kuah ala Ambarawa. Anda akan menemui banyak penjual serabi kuah ini di pinggir jalan raya Magelang – Ambarawa.
 
Serabi kuah memang tidak spesifik berasal dari Ambarawa, tapi serabi yang dijual disini memang punya ciri khas tersendiri. Serabinya berukuran kecil, tipis, dan punya tiga macam warna: putih polos, hijau dan cokelat. Warna hijau dan cokelat itu sebenarnya berasal dari topping serabi. Yang cokelat dari gula merah, dan yang hijau dari adonan warna hijau (mungkin dari daun suji). Serabi ini hanya punya dua rasa: polos/orisinal dan gula merah.
 
Menu: Serabi, jenang Ngampin, peyek kacang, dan kerupuk opak (sermier)
Harga: mulai Rp 2000
Alamat: Ngampin, Ambarawa. Sepanjang pinggir jalan di jalur utama yang menghubungkan Magelang-Ambarawa.
Telpon: -
 
  • Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Gecok, mungkin kata ini masih asing di telinga. Tapi bila kamu orang Semarang, mungkin sudah sering mendengarnya, bahkan mencicipi kuliner satu ini. Gecok  Tlogo  berasal dari desa Tlogo, Tuntang, kabupaten Semarang. Makanan ini mirip dengan tengkleng Solo, hanya saja jika tengkleng menggunakan santan, gecok tidak. Dari segi rasa, gecok lebih berani dibandingkan tengkleng, karena  lebih kaya bumbu dan rasanya yang ekstra pedas. Rasa ekstra pedas ini didapatkan dari campuran cabai Jawa atau cabai jamu yang dipergunakan dalam olahan gecok.
 
Warung gecok ini berada di Desa Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang, letaknya memang jauh dari pusat kota. Anda jangan kaget bila menenukan warung ini hanyalah berupa warung kecil dan sederhana, namun siapa mengira bila warung tersebut memiliki pelanggan sejumlah pejabat Pemkab Semarang, bahkan Wakil Gubernur Ali Mufiz pun pernah singgah untuk menikmati gecok ini saat melakukan kunjungan ke daerah Tuntang.
 
Menu: Gecok
Harga: mulai Rp 10.000
Alamat: Desa Tlogo,
Telpon: -
 
  • Rumah Makan Sate Sapi Pak Kempleng

Sate Sapi Pak Kempleng memiliki keistimewaan, yaitu tekstur dagingnya yang walaupun berotot  namun lembut dan tidak berlemak karena daging yang digunakan adalah daging khas dalam dan lulur. Selain itu untuk mengurangi kadar kolesterol pada sate sapi sebelum dibakar  lemak- lemak yang menempel di daging dibersihkan terlebih dahulu. Sate sapi memiliki rasa yang manis, karena sebelum dirangkai menjadi sate, potongan –potongan daging direndam dalam bumbu yang bercampur gula aren, semakin lama potongan daging direndam, semakin meresap bumbu. Sate Sapi Pak Kempleng  selalu berusaha menggunakan daging kualitas terbaik yang didapatkan dari Salatiga.
 
Sate sapi biasanya disantap dengan lontong dan nasi. Bumbu kacang dan irisan cabe dan bawang merah ditempatkan ditempat yang berbeda, tidak disiramkan ke atas sate. Harga satu porsi sate sapi plus lontong berkisar Rp25.000,-. Sate Sapi Pak Kempleng buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB.
 
Menu: sate sapi
Harga: Rp25.000
Alamat: Jl. Diponegoro 265 Ungaran, Semarang.
Telpon:
 
  • Gudeg Merakmati

Warung gudeg ini terletak di Jl. Soekarno-Hatta 89, yaitu di jalur lintas Semarang – Solo, sekitar 2 km sebelah utara terminal bis Bawen. Warung ini bukan warung makan yang mewah, bahkan bisa dikatakan sederhana. Namun demikian, warung gudeg ini mempunyai tempat parkir yang cukup luas dengan pelanggan yang sangat banyak.
 
Gudeg yang dijual di sini adalah jenis gudeg kering, tetapi tidak terlalu manis. Ini sedikit berbeda dengan gudeg Jogja yang cenderung legit.  Seperti gudeg Jogja, bersama gudeg ada juga daun singkong rebus, areh, dan lauk pendamping gudeg yang lainnya. Yang kemudian membuat gudeg ini spesial adalah adanya koyor (urat tendon sapi yang direbus sampai empuk dalam bumbu) goreng. Selain itu, masih ada juga jeroan sapi lainnya yang menjadi pendamping istimewa dari gudeg Merakmati ini. Jeroan-jeroan ini dimasak dengan sangat teliti sehingga cita rasa bumbunya dapat meresap sampai ke dalam, dan tentunya menjadi teman yang pas untuk gudeg yang manis dan gurih.
 
Menu: Gudeg
Harga: mulai Rp 10.000
Alamat: Jl. Soekarno-Hatta 89
Telpon:
 
Sumber: admin
CeritaPerut Kawasan Ambarawa, sebuah daerah di kabupaten Semarang ini memiliki pesonanya tersendiri. Mulai dari pesona wisata alam, wisata situs-situs bersejarah, dan tentunya wisata kulinernya yang sayang jika kamu melewati kawasan ini tapi kamu melewatkan kenikmatannya. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259