REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK BANYUWANGI

By: Admin

Banyuwangi memiliki sejumlah kuliner yang khas dan unik. Meskipun tidak semua kuliner tersebut merupakan kuliner asli Banyuwangi, namun ada beberapa diantaranya yang diakui sebagai kuliner khas Banyuwangi. Bagi kamu yang melakukan perjalanan mudik, mungkin kamu bisa berkesempatan untuk menikmati makanan khas Banyuwangi ini. berikut adalah beberpa rekomendasi tempat makan yang ada di Banyuwangi.
 
  • Nasi Tempong Mbak Nah

Bisa dibilang Nasi Tempong merupakan makanan Khas Banyuwangi yang paling populer. Nasi Tempong atau Sego Tempong berasal dari rasa pedas sambal yang membuat wajah memerah serasa ditampar (ditempong). Biasanya dalam seporsi nasi tempong terdiri dari nasi putih yang disandingkan dengan sayur bayam rebus, terung rebus, tahu, tempe, ikan asin, perkedel jagung, mentimun dan beberapa helai daun kemangi kemudian ditambahkan sambal tempong yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan untuk lauk tambahannya ada telur dadar, hati, pepes, ayam dan beberapa jenis ikan laut. Salah satu penjual nasi tempong yang terkenal adalah Nasi Tempong Mbak Nah yang berlokasi di Jl. Kolonel Sugiono No. 16, Banyuwangi. Mbak Diah mulai membuka dagangannya pada pukul 14.00 - 24.00.
 
Lokasi : Jl. Kolonel Sugiono No. 16, Banyuwangi
Harga : Rp. 4.000 – Rp. 10.000
Menu : Nasi Tempong
Telepon : 081.913.961.721
 
  • Rawon Bik Atik

Rawon merupakan menu makanan yang cukup populer di Banyuwangi. Seporsi nasi rawon disajikan dalam satu piring nasi putih bersama daging dan taoge. Kuahnya tidak terlalu gelap dengan potongan daun kucai yang cukup banyak. Rasa bumbunya cukup ringan dan dagingnya empuk, meskipun dipotongan agak besar-besar dan lemak yang menempel cukup banyak. Salah satu rumah makan rawon yang populer adalah Warung Rawon Bik Atik yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 83, Banyuwangi. Rawon Bik Atik ini buka selama 24 jam.
 
Lokasi : Jl. Ahmad Yani No. 83, Banyuwangi
Harga : Rp. 16.000/ porsi
Menu : Nasi Rawon
Telepon : 0333 – 423165
 
  • Sego Tempong

Kuliner satu ini lumayan populer di Banyuwangi. Ya, kuliner dengan ciri khas ada pada sambal yang segar dengan tingkat rasa pedas yang luar biasa itu sangat digemari penikmatnya. Sego tempong disajikan dengan beragam sayuran, seperti daun ketela, timun, kacang panjang terung dan lainnya. Lauknya pendampingnya bisa apapun, namun yang pasti tak ketinggalan adalah tempe, tahu dan ikan asin goring. Sego tempong banyak dijumpai dihampir warung dipinggir jalan-jalan kota yang ada di Banyuwangi. Harga untuk per porsinya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5 ribu. Dicoba yahhh.
 
  • Ayam Pedas

Ayam pedas rantimen merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Banyuwangi. Bentuk kuliner ini berupa daging ayam yang disajikan dengan bumbu kuah. Agak mirip dengan opor ayam. Yang membedakan, bumbu kuah tersebut rasanya sangat pedas. Ayam pedas rantimen berlokasi di genteng di belakang kantor pos terminal lama. Menu ini juga akan membuat keringat mengucur deras di pipimu saking pedasnya. Yuk mampir.
 
  • Pecel Titik

Pecel pitik juga bisa dijadikan menu makan malam yang nyumi ketika kamu berkunjung ke Banyuwangi. Jelas, bahan utama pecel pitik adalah daging ayam. Daging ayam yang digunakan pada pecel pitik adalah daging ayam kampung yang masih muda sehingga teksturnya masih empuk. Daging ayam kampung dalam pecel pitik disajikan dengan cara dibakar. Dicampur dengan kacang sangrai yang dihaluskan, bumbu rempah serta parutan kelapa. Menu pecel pitik ini juga mudah ditemukan di warung-warung tenda di pinggir jalan. Jadi gausah kawatir.
 
  • Rujak Soto

Rujak soto ini hasil kreasi kuliner Banyuwangi selanjutnya. Kuliner satu ini lebih mudah untuk membelinya di warung-warung makan. Karena memang banyak yang menjual salah satu makanan khas Banyuwangi ini. Rujak Soto ini adalah perpaduan dua kuliner berbeda, yaiturujak cingur dengan soto babat. Perpaduan dua kuliner berbeda ini menghasilkan citarasa yang nikmat. Biasanya disajikan pedas namun menyesuaikan dengan selera. Hmmm selamat mencoba.
 
  • Ayam Goreng Blambangan

Ayam goreng mungkin menjadi  menu populer begitu juga di Banyuwangi. letaknya cukup strategis, yaitu di terminal lama Blambangan lokasinya membuat kedai ini tak pernah sepi pengunjung.tentu jika seramai itu, ayamnya pasti spesial. Diah hanya menggunakan ayam kampung pilihan. Ayam kemudan dibumbui lalu diungkep lebih dahulu hingga bumbunya meresap. Bumbunya bercita rasa gurih dan sedikit manis. Aroma serai dan ketumbar tercium cukup kuat. Harga satu potong ayam goreng dengan pelengkapnya dipatok Rp 19 ribu. Soal rasa, tak perlu diragukan. Daging ayam kampung yang gurih berpadi sempurna dengan bumbu rempahnya. Recommended nih!
 
Sumber: admin
CeritaPerut Banyuwangi memiliki sejumlah kuliner yang khas dan unik. Meskipun tidak semua kuliner tersebut merupakan kuliner asli Banyuwangi, namun ada beberapa diantaranya yang diakui sebagai kuliner khas Banyuwangi. Bagi kamu yang melakukan perjalanan mudik, mungkin kamu bisa berkesempatan untuk menikmati makanan khas Banyuwangi ini. berikut adalah beberpa rekomendasi tempat makan yang ada di Banyuwangi. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259