REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK BOYOLALI

By: Admin

Yuk mudik. Sekarang giliran boyolali nih. Jangan salah, boyolali punya kuliner juga loh. Simak yuk!
 
  • Merbabu Penyet Boyolali

Bentuk warungnya unik, di desain seperti toko-toko yang ada di film koboi. Ternyata warung ini berdiri November 2012, awalnya berdiri di Boyolali, tepatnya di Jl. Merbabu, Boyolali. Oleh karena itu dinamakan merbabu penyet boyolali. Warung ini menyediakan penyetan dengan sambalnya yang istimewa. Menu yang ditawarkan,seperti: lele penyet, bebek penyet, ayam penyet dan jamur crispy. Kalian bisa memilih sendiri sambalnya, ingin sambal matang, mentah, atau sambal penyet. Sambal disini mempunyai ciri khas masing-masing, pokoknya tergantung selera masing-masing. Menu yang favorit atau banyak pelanggan pesan adalah bebek penyet dan jamur crispy.  Warung merbabu penyet boyolali biasanya ramai pada jam makan siang dan makan malam. Selain untuk tempat makan, disini juga bisa untuk tempat rapat untuk acara-acara tertentu karena tempatnya lumayan luas. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 6.500 – Rp 14.500.
 
  • Nasi Urap Sambal Tumpang

Nasi urap sambal tumpang di warung soto nggoper, nama warung makan ini tergolong unik, bagaimana dengan rasanya? Pasti lezat. Selain menyajikan soto di warung ini menyediakan urap dan sambal tumpang (orang boyolali menyebutnya sambal lethok) yang popularitasnya bahkan mengalahkan menu sotonya.Urap khas Boyolali (orang jawa menyebutnya gudhangan) terasa istimewa karena di atasnya ditambahkan taburan bubuk kacang yang memunculkan citarasa khas nan sedap. Kuliner ini berlokasi di jl.sendang lawe, karanggeneng, Boyolali.
 
  • Soto Mbok Giyem

Soto mbok giyem mempunyai kedudukan penting dalam peta kuliner Boyolali. Boleh dibilang ia adalah penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali. Kemunculannya seolah menggairahkan kembali dan makin menyemarakkan dunia kuliner di kota kecil ini. Soto disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian daging sapi/suwiran ayam, kecambah, ditambah taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Untuk soto ayam biasanya ada tambahan keripik kentang di dalamnya. Penasaran? Langsung aja ke jalan garuda, selatan pasar sunggingan, warungnya berhadapan dengan SDN 5 Boyolali.
 
  • Jenang Pecel

Jenang pecel adalah semacam modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya. Pecel tidak lagi disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang dimaksud disini sebenarnya adalah bubur sumsum (yang terbuat dari tepung beras). Jenang pecel biasanya dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, namun ada juga penjual keliling yang pakai gendongan. Terasa makin sedap ketika disajikan di atas pincuk, alas makan dari daun pisang. Makanan yang merakyat, enak dan murah meriah
 
  • Tahu Susu

Tahu jenis ini dipercaya memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dan menjadi obat untuk gangguan hipertensi. Jika susu murni dijual Rp 3.500 per satu liter, susu yang sudah menjadi tahu dijual seharga Rp 5.000. Namun karena susu ini langka (hanya ada jika sapi betina melahirkan), maka tahu susu ini hanya disantap sendiri oleh yang empunya. Namun juga ada yang menjualnya meski sedikit.
 
  • Jadah Bakar Boyolali

Jadah bakar ini terbuat dari beras ketan putih dan kelapa. Nama jadah bakar ini semakin populer sejak adanya jalur Solo ke Borobudur, bila dahulu jadah bakar ini hanya di nikmati oleh masyarakat selo saja sekarang sesudah ada jalur tersebut para wisatawan juga menjadikan jadah bakar ini sebagai makanan yang patut di coba dan dinikmati. Jadah bakar biasanya dibakar di atas tungku arang dan segera dinikmati dalam keadaan panas, cocok ditemani dengan teh manis. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 1.500 per potong, benar-benar murah meriah.
 
  • Iga Bakar Boyolali

Ya, warung iga bakar pak wid, sebuah warung berdinding pagar bahan kayu. Tepatnya berada di Jl.Merapi, jalan ini adalah berdekatan dengan pasar boyolali. Patokannya adalah tugu adipura yang terletak di sebelah barat taman sono kridanggo.Tugu itu menandai jalan pertigaan masuk Jl.Merbabu. Nah, Jl.Merapi terletak persis di selatan Jl. Merbabu. Namun karena masing-masing adalah jalan searah, maka untuk menuju warung iga bakar pak wid, kalian harus melintasi Jl.Merbabu dulu. Iga bakar boyolali adalah menu yang dilarang ditinggalkan. Katanya sih manis dan rasa lainnya tembus hingga daging habis alias mentok ke tulangnya. Selain iga bakar boyolali, ada pula iga goreng, babat gongso dan lainnya. Warung ini buka dari pagi hingga sore. Namun perlu anda catat, seringkali baru siang warung ini harus tutup karena stok habis diserbu penikmat menu iga. Jangan sampai tidak mencoba.
 
  • Bebek Goreng Pak Pinggir

Nama warungnya adalah bebek goreng pak pinggir. Lokasinya ada di Jl.perintis kemerdekaan, jalur yang dilalui bus antar kota dari arah Solo, warung ini adalah cabang dari bebek goreng pak pinggir yang terkenal di Pengging. Sepertinya warung ini belum terlalu lama buka, namun tak sulit untuk menarik pelanggan karena merek ‘Bebek Pak Pinggir’ memang sudah banyak dikenal di Boyolali. Jika datang terlalu sore bersiaplah untuk tidak kebagian bebek gorengnya yang istimewa karena penggemarnya sangat banyak. Selain bebek, warung ini juga menawarkan menu ayam kampung goreng yang kualitasnya pun boleh dipuji. Satu-satunya yang kurang terasa mantapbarangkali adalah sambalnya. Bagi penyuka pedas sambal bawangnya kurang begitu nendang. Tapi bisa di imbangi lah dengan bebek nya yang lezat.
 
  • Sego Tumpang

Sego tumpang? Pernahkah kalian mendengarnya? Sego tumpang atau nasi tumpang adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Jangan kaget dulu mendengar bahan baku utamanya, rasanya tidak semengerikan kedengarannya.
 
Makanan ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya makanan ini disajikan dengan gudangan atau sayur-sayuran sebagai pelengkapnya. Sego tumpang yang terkenal di daerah Boyolali adalah sego tumpang suprih yang terletak di jalan tentara pelajar, boyolali. Yang membuat sego tumpang suprih ini berbeda dengan yang lainnya adalah bahan-bahan yang diolah dengan cara tradisional, yakni menggunakan kayu bakar untuk menjaga cita rasanya. Untuk satu bungkus sego tumpang dihargai 3.000 rupiah saja. Dicoba ya.
 
  • Rujak Mbah Joko

Rujak? Kebayang kan sudah pasti seger, pedes, kecut wahhh… mantab pokoknya! Kalo kalian sedang berada di Boyolali dan penggemar rujak coba deh rujak mbah joko ini, djamin mangstab! Cukup 5 ribu rupiah saja terasa nendang segernya. Mbah joko membuka lapak dengan gerobak dorongnya di depan bank jateng, bersebelahan dengan taman kota Boyolali. So, Coba deh rujak Mbah Joko ;)
 
Sumber: admin
CeritaPerut Yuk mudik. Sekarang giliran boyolali nih. Jangan salah, boyolali punya kuliner juga loh. Simak yuk! 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259