REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK JEMBER

By: Admin
Setelah lelah berkendaraan jauh ketika mudik, pasti ada kalanya mencari tempat perhentian yang nyaman untuk beristirahat dan mengisi perut yang kosong. Maka dari itu, kamu sebagai pemudik wajib mempunyai informasi mengenai tempat-tempat kuliner yang ada di jalur mudik. Salah satunya adalah di Kabupaten Jember. Selain mempunyai tempat wisata alam yang asik untuk dikunjungi, Jember juga punya tempat makan yang cocok buat kamu yang lagi membutuhkan tempat beristirahat. Nah, berikut ini beberapa tempat kuliner yang rekomendasi dari Ceritaperut.
 
  • RM Wande Echo

Wande Echo merupakan sebuah rumah makan dengan suasana yang cukup menyenangkan, di set ala resto sunda dengan gazebo di taman. Ditambah dengan alunan gending Jawa, yang semakin membuat kita betah untuk bersantai di tempat ini. Apalagi sambil menikmati jus jambu yang dipetik dari kebun di bagian belakang kedai ini. Kedai wande Echo terletak di jalan Semeru No. 86A, Panca Karya Agung, bangunannya cukup luas dan mampu menampung hingga 100 pengunjung. Kedai ini mulai melayani pengunjungnya setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Kedai ini juga menyediakan aneka menu makan siang. Ada lalapan lengkap ala Wande Echo, seporsi nasi putih yang disajikan dengan ikan wader goreng, ikan asin, tahu, tempe dan sayur asem. Selain itu ada tempe goreng, lele goreng, ayam kampung goreng/bakar, gurame goreng/bakar, nasi rawon dan rujak cingur.
 
Lokasi : Jl. Semeru No. 86A, Panca Karya Agung – Jember
Harga : Rp. 10.000 – Rp. 30.000
Menu : Jus Jambu & Lalapan Komplit Ala Wande Echo
Telepon : 0331-757051
 
  • Soto Dahlok

Soto yang sudah cukup terkenal di wilayah Jember ini berada di jalan Fatahillah No. 1 atau lebih dikenal dengan nama gang Dahlok. Kedai sederhana yang mampu menampung hingga 30 pengunjung ini dikenal dengan nama “Kedai Soto Dahlok”. Usaha kedai soto ini sudah berjalan turun-temurun, tak heran kalau sudah tidak ada yang asing lagi di kalangan masyarakat terutama wilayah Jember. Soto ini disajikan dengan nasi yang diberi irisan kol, taoge, kentang, tomat dan telur ayam. Kemudian disiram kuah soto bersantan encer lalu ditaburi irisan seledri dan bawang goreng.
 
Lokasi : Jl. Fatahillah No. 1, Jember
Harga : Rp 15.000 – 25.000
Menu : soto ayam
Telepon : 081336739798
 
  • Martabak Malabar

As you know, di Jember tersebar setidaknya lima penjual martabak yang mengatasnamakan diri mereka “Martabak Malabar”. Namun yang originaladalah yang di Jl. Trunojoyo ini. Apa saja yang dijual disana? Tentu saja martabak. Mulai dari martabak kecil sampai martabak super seharga Rp 25.000. Selain itu juga tersedia sate kambing dan kaldu kikil. Hmmm… Martabak telor berukuran jumbo dengan aroma yang begitu menggugah selera, berdampingan dengan sepiring kecil bumbu sate. Ternyata, rasanya memangbener-bener maknyus. Dicoba aja :D
 
  • Rujak Cingur Rambipuji
Salah satu menu favorit  Jember adalah rujak cingur. Rujak cingur Rambipuji di dekat alun-alun Rambipuji sudah lama menjadi rekomendasi untuk dicoba. Nama warung nya sengaja diambil sama dengan nama Kecamatan Rambipuji. Namun, rasa rujak cingur sungguh sangat berbeda dari rujak buah biasa. Di dalam bumbu rujak cingur terdapat bahan utama yang menguarkan aroma dan rasa yang super khas yaitu petis udang.Rujak cingur Rambipuji terkenal dengan bumbunya yang kental dan banyak menutup sayuran, tahu-tempe, cingur dan timun. Rasanya asin manis asam pedas perpaduan petis, cabe, dan kacang tanah terasa pas di lidah. Harganya cukup murah hanya Rp 10.000 per piring. Silahkan dicoba.
 
  • Warung Bebas

Tak perlu khawatir jika sedang di Jember. Jika ingin makan enak mampir saja ke warung bebas. Warung ini terletak di Jl.Raya Jubung, Rambipuji, Jember. Warung bebas menyediakan berbagai macam sayur dan lauk pauk mulai sayur lodeh, sayur bayam, sayur asem, tumis sayur, ikan goreng, ayam goreng, tahu dan tempe goreng sampai ikan teri. Berapa pun jumlah yang kalian makan cukup Rp 10.000 itu bebas ambil nasi dan sayur. Kecuali mengambil lauk tambahan ayam goreng dan ikan goreng dikenakan harga Rp 16.000. Nasi yang disediakan juga ada dua macam yaitu nasi putih dan nasi jagung.Pengunjung yang ingin makan, bisa langsung menyendok sendiri nasi di rice cooker yang disiapkan di meja sepuasnya.
 
  • Nasi Gudeg Pecel

Kalau kalian sedang berkunjung ke kota Jember, cobalah kuline di warung lumintu, Jalan Kartanegara, Jember.Warung lumintu sudah melegenda dan sudah menjadi langganan bagi warga Jember dengan menu khusus campuran nasi gudeg, pecel sayur dan ayam bakar. Nasi gudeg peceldisajikan dengan lauk suwiran ayam bakar, telor masak balado, sambal goreng kerecek, gudeg nangka muda, pecel sayuran dan peyek kacang. Meski harganya untuk ukuran kota kabupaten termasuk mahal seporsi Rp 14.000 tapi nasi campuran itu menjadi favorit loh.
 
  • Suwar-Suwir

Suwar-suwir itu makanan apa? Pasti pertanyaan itu yang ditanyakan orang awam yang belum pernah makan penganan khas Jember, Jawa Timur. Rasanya legit, manis, bercampur kecut. Selintas seperti sedang mencicipi tape. Manisnya pun tak terlalu menggigit. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. Warna pun beraneka, mulai dari hijau, coklat, putih, hingga merah. Rasanya juga bervariasi, ada rasa buah seperti sirsak dan stroberi. Lalu ada rasa pandan, cokelat, dan vanili. Harganya Rp 15.000-Rp 20.000 per kilogram. Setiap rasa mempunyai harga yang berbeda-beda. Rasa orisinal hanya Rp 15.000 per kilogram. Rasa buah Rp 20.000 per kilogram.Makanan ini cocok untuk minum teh sambil santai menonton televisi atau mengobrol seusai berbuka puasa. Langsung aja ke Jln.Raya Gajahmada. Semuanya lengkap kok.
 
  • Pecel Pincuk Garahan

Pecel pincuk garahan berasal dari nama sebuah stasiun yaitu stasiun garahan, kalo kalian penasaran langsung saja ke stasiun garahan gampang kok nyarinya. Kekhasan dari kuliner satu ini adalah menggunakan daun pisang sebagai alas, serta memiliki rasa yang pedas. Bumbu yang digunakan tidak halus ketika diulek, yaitu masih sedikit kasar sehingga kacangnya sangat terasa kentara. Pecel pincuk garahan ini di sajikan menggunakan daun pisang yang di pincuk sebagai wadah. Makanan ini biasanya disajikan dengan rebusan sayur gundo, tauge, dan kacang panjang yang direbus tidak terlalu lembek. Selamat mencoba.
 
  • Soto Ayu

Soto ayu terletak di salah satu sudut pasar tanjung, sebuah pasar induk terbesar di kabupaten Jember. Tepatnya berada di samping kantor pelayanan dinas pasar, jalan Samanhudi. Ini salah satu tempat makan enak legendaris di Jember. Setiap hari, rata-rata soto ayu berhasil menjual 400-500 porsi soto. Bahkan, saat bulan puasa omzet mereka bisa melonjak. Buka sejak pukul 18.00 hingga 02.00, soto ayu banyak dikunjungi warga luar kota. Harus coba niiih.
 
  • Campus Resto

Biasadisebut wilayah kampus, menjadi pusat kota baru di Jember. Campus Resto menjadi tempat makan dan kongko 24 jam nonstop yang dikunjungi mahasiswa dan eksekutif muda. Ini kedai makanan cepat saji khusus makanan jawa dan chinese food. Resto ini berada di Jl.jawa kota jember. Buat yang penasaran langsung kesana aja guys.
 
  • Ayam Pedas Gumukmas

Kuliner satu ini sudah lama terkenal di seantero Jember bahkan sampai ke Bondowoso dan Lumajang. Tempatnya tidak mudah di jangkau karena berada di sudut pedesaan di Kec. Gumukmas, tepatnya di desa Pulorejo. Tapi, itu tidak pernah menyurutkan minat pecinta kuliner pedas untuk berburu menu yang satu ini, seringkali komunitas-komunitas dari kota datang bersamaan untuk menikmati ayam panggang atau ayam pedas, perjalanan jauh terasa sepadan ketika kita sudah duduk bersantap dengan suasana persawahan lengkap dengan angin semilir di gubuk depan warung. Silahkan dicoba.
 
  • Kedai Yoyok

Katanya sih, bagi penggemar nasi ayam hainan. Langsung aja mampir ke "KEDAI YOYOK" itu satu2 nya nasi ayam yg ada di jember, tepatnya di Jl.Sumatra (dpn STIE MANDALA). Soal rasa jangan ditanya, gak kalah sama yg dijual di resto apalagi ditambah sambal nenas. Hmmm bukan maennnn! Seporsi nya dihargai Rp.7.500,- murah banget dibandingkan dengan di resto lain. Rugi deh kalo nggak nyoba.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Setelah lelah berkendaraan jauh ketika mudik, pasti ada kalanya mencari tempat perhentian yang nyaman untuk beristirahat dan mengisi perut yang kosong. Maka dari itu, kamu sebagai pemudik wajib mempunyai informasi mengenai tempat-tempat kuliner yang ada di jalur mudik. Salah satunya adalah di Kabupaten Jember. Selain mempunyai tempat wisata alam yang asik untuk dikunjungi, Jember juga punya tempat makan yang cocok buat kamu yang lagi membutuhkan tempat beristirahat. Nah, berikut ini beberapa tempat kuliner yang rekomendasi dari Ceritaperut. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259