REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK MAGETAN

By: Admin
Jawa Timur meruppakan salah satu propinsi di Indonesia yang kaya akan beragam kuliner khasnya. Oleh karena itu, di Jawa Timur kamu ga bakal kesulitan mencari tempat makan. Terlebih lagi pada saat mudik nanti dan kamu harus beristirahat dan mencari tempat makan untuk mengisi perut yang kosong. Salah satunya adalah Kabupaten Magetan. Magetan berbatasan dengan Jawa Tengah dan berada di daerah kaki gunung sehingga keindahan Magetan ini dijuluki The Nice Of Java. Nah untuk memdudahkan kamu berwisata kuliner di Magetan, Ceritaperut memberikan beberapa rekomendasi tempat kuliner yang wajib kamu singgahi.
 
  • Ayam Panggan  Gandu

Sebenarnya ayam panggang ini secara sekilas memang terlihat seperti ayam panggang pada umumnya, namun ayam ini melalui proses pemasakan dan memiliki cita rasa yang khas dari masyarakat Magetan. Sedangkan nama Gandu sendiri merupakan nama daerah masakan khas ini berasal, yaitu Desa Gandu, Kabupaten Magetan. Dalam proses pemasakannya ayam kampung yang telah dihilangkan bulu dan kotorannya ini dibelah dadanya dan di panggang dalam kuali tanah liat dengan 5 kali proses pemanggangan. Proses ini bertujuan agar daging ayam empuk dan kesat. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah Ayam Panggang Gandu Bu Setu yang ada di Setra Ayam Panggang desa Gandu. Tepatnya Ayam Panggan Bu Setu ini beralamat di Karangrejo (Jl.swadaya Ds.Gandu Karangrejo), Magetan. Perekornya ayam panggang ini di patok harga dari Rp 35 ribu sampai Rp 55 ribu, tergantung dari besar kecilnya.

Lokasi : Karangrejo (Jl.swadaya Ds.Gandu Karangrejo), Magetan
Harga : Rp. 35.000 – Rp. 55.000
Menu : ayam panggang gandu
Telepon :
 
  • Dapur Desa Bu Moer

Dapur desa merupakan sebuah rumah makan berkonsep tradisional yang bertempat di Jalan Raya Takeran. Di Dapur Desa ini menawarkan beraneka menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Seperti nila bakar, ayam bakar, cah kangkung, cah kangkung ayam, dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Raya Takeran, Magetan
Harga : Rp. 20.000 – Rp. 30.000
Menu : nila bakar, ayam bakar, cah kangkung, cah kangkung ayam, dan masih banyak
Telepon :
 
  • Sop Buntut “Bu Goprak”

Depot Makan ini di kenal warga Magetan dengan sebutan depot makan “Bu Goprak” atau juga disebut dengan depot makan yang Goprak. Depot spesialis iga bakar dan sop buntut yang sudah di kenal oleh warga luar maupun lokal kota Magetan. Membaca tulisan sop buntut dan iga bakar tentunya siapapun akan menelan ludahnya sendiri karena terbayang bagaimana enak dan nikmat serta lezatnya makanan tersebut. Bagi kalian yang penasaran untuk mengunjunginya dimanakah letak depot “Bu Goprak” tersebut? Tidaklahsulit di cari, yaitu berada sebelah kanan kilometer 7 dari arah Magetan menuju ke Sarangan pada jalan raya Sarangan atau lebih tepatnya berada di desa Pacalan kecamatan Plaosan kabupaten Magetan.
 
  • Sate Kelinci

Jangan heran jika kalian sedang ke Magetan dan menemui banyak penjual sate kelinci. Karena hewan lucu satu ini memang makanan khas daerah Magetan. Tekstur daging yang lembut membuat sate kelinci banyak yang meminati. Dengan bumbu sate khas penduduk Magetan menambah aneka cita rasa nusantara. Penjual sate kelinci yang terkenal di Magetan adalah penjual sate di Telaga Sarangan. Salah satunya pak Joni. Harga yang dibandrol untuk satu porsi sate kelinci berkisar Rp. 12.000,00 saja.
 
  • Ayam Panggang Gandu

Sebenarnya ayam panggang ini seperti pada umumnya, namun dengan cita rasa dan proses pemasakan yang berciri masyarakat Magetan. Dalam proses pemasakannya, ayam kampung yang telah dihilangkan bulu dan kotorannya ini dibelah dadanya dan di panggang dalam kuali tanah liat dengan 5 kali proses pemanggangan. Proses ini bertujuan agar daging ayam empuk dan kesat. Salah satu rekomendasi tempat makan ayam panggang gandu ini ada di daerah jalan cokroaminoto 165 Desa Gandu, kecamatan karangrejo, Kab. Magetan.
 
  • Tepo Tahu

Mungkin bagi beberapa orang nama "tepo" terdengar tidak akrab di telingga. Namun, pada nyatanya tepo adalah sejenis makanan dari beras yang dikukus dalam bungkusan daun pisang. Ya, nama umumnya disebut lontong. Tepo tahu khas Magetan sendiri adalah tepo tahu yang mengkolaborasikan makanan tepo itu sendiri, tahu, tempe, telur goreng, lodeh, dan taburan kacang. Rekomendasi tempat dari penikmat kuliner Magetan berada di sebelah barat bundaran selosari. Atau di pasar sayur yang ada di jalan mayjend sungkono sukowinangun, Panekan, depan rumah sakit jalan jendral sudirman tambran.
 
  • Nasi Pecel

Magetan terdapat banyak warung pecel yang sangat terkenal diantaranya "pecel Parti" yang berada di Kauman-Magetan, di warung ini dijual menu spesial pecel khas Magetan yang sangat "mak nyusss" dengan harga ekonomis. selain "pecel Parti" sebenarnya masih banyak warung pecel yang lain yang tidak kalah dalam hal rasa dan harga yaitu  “pecel mbah Darmi" yang berada di sebelah utara pasar baru, "pecel terung" di desa terung dan masih banyak lagi
 
  • Sate Jamur Tiram

Sate  jamur magetan ini merupakan makanan yang di cari-cari bagi para pendatang yang ingin berlibur atau para pemudik.Dimagetan pembuat sate jamur yang terkenal yaitu Bu Darmi warga desa Sengolawu, kecamatan plaosan dengan satenya yang khas. Jika kalian ke magetan jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya sate  jamur buatan Bu Darmi datang saja ke jalan tembus Sarangan- Tawangmanggu.
 
  • Sate Landak

Ternyata, tekstur dagingnya yang empuk setelah dimasak, membuat sate landak banyak diburu para pecinta kuliner daging bakar berbumbu kacang dan kecap tersebut. Bahkan, lebih empuk dari daging ayam ataupun kelinci. Untuk satu porsi sate landak, hanya dijual dengan harga Rp15.000 saja. Sedangkan bahan baku daging landaknya didapatkan dari pesanan luar kota. Penasaran dengan rasa sate landak? Jika kalian berkunjung ke objek wisata Telaga Sarangan Magetan, sempatkan diri untuk singgah di warung pemandangan yang berada di sepanjang jalur tembus Sarangan-Karanganyar.
 
  • Rumah Makan Pawon Sewu

Rumah makan pawon sewu ini sangat luas. Rumah makan ini juga memiliki tempat yang cukup indah, tampak gazebo-gazebo yang berada di tengah kolam ikan menambah keindahan dan kenikmatan, serta memanjakan pengunjung didalam menikmati hidangan yang telah di pesannya. Nah para  penikmat kulirer maupun yang sedang mudik ataupun sengaja berkunjung ke kota Magetan tak ada salahnya mampir di rumah makan pawon sewu, terletak di jalan raya Magetan - Sarangan. Rumah makan ini berada di kiri jalan arah Magetan menuju ke Sarangan.
Sumber: admin
CeritaPerut Jawa Timur meruppakan salah satu propinsi di Indonesia yang kaya akan beragam kuliner khasnya. Oleh karena itu, di Jawa Timur kamu ga bakal kesulitan mencari tempat makan. Terlebih lagi pada saat mudik nanti dan kamu harus beristirahat dan mencari tempat makan untuk mengisi perut yang kosong. Salah satunya adalah Kabupaten Magetan. Magetan berbatasan dengan Jawa Tengah dan berada di daerah kaki gunung sehingga keindahan Magetan ini dijuluki The Nice Of Java. Nah untuk memdudahkan kamu berwisata kuliner di Magetan, Ceritaperut memberikan beberapa rekomendasi tempat kuliner yang wajib kamu singgahi. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259