REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK SALATIGA

By: Admin

 
Salatiga merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan mempunyai alam yang sejuk karena terletak di Kaku Gunung Mebabu. Kota yang berbatasan dengan Semarang ini menawarkan berbagai macam tempat wisata, diantaranya wisata alam seperti KopengTreetop, Wisata Tlogo dan sumber mata air Senjoyo, wisata sejarah seperti prasasti Plumpungan dan Museum Lukisan Kandhang Galeri Raprika Angga, atau beberapa acara hiburan rakyat yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya, seperti Karnaval Salatiga, Karnaval Bendosari dan Karnaval Noborejo. Bukan hanya itu saja, Kota Salatiga pun memiliki tempat kuliner yang enak-enak dan siap memenuhi hawa nafsu makan kamu. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat kuliner buat kamu dan mungkin bisa membantu untuk kamu mencari tempat kuliner di Salatiga saat mudik nanti.
 

  • RM Senjoyo


Rumah Makan Senjoyo ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namu karena sering mengalami pasang surut karena lokasinya serng terlihat sepi, orang-orang yang melwati restoran ini seperti tidak menyadari keberadaannya. Namun setelah ramai kembali, rumah makan ini selalu di kunjungi oleh orang-orang baru setiap harinya. Rumah makan Senjoyo ini merupakan rumah makan yang menyediakan menu masakan seafood yang cukup sulit ditemukan di Salatiga. Aneka olahan cumi dan udang merupakan menu andalan yang digemari di sini. Kebanyakan menu makanan di sini di masak ala masakan china. Buat kamu yang kedinginan di udara dingin Salatiga, kamu bisa mencoba menghangatkan dengan sup seafood. RM Senjoyo ini terletak di Jl. Senjoyo No. 5, Salatiga, mempunyai tempat makan yang luas dengan harga menu yang cukup terjangkau dengan kisaran RP. 18.000 sampai Rp. 50.000,-.

Lokasi : Jl Wahid Hasyim No.101 - 103 Karang Klesem, Purwokerto
Harga : Rp. 18.000 – Rp. 50.000
Menu : Seafood
Telepon : 081325661287
 

  • Soto Kwali Pak Iket


Warung Soto Kwali Pak Iket terletak di bagian timur terminal, dekat dengan jalur masuk / keluar bus. Posisinya diapit oleh kios-kios agen bus. Untungnya, di depan warung ada sebuah spanduk nama yang cukup besar sehingga memudahkan orang yang mencarinya. Di bagian depan terdapat kwali soto beserta pikulan tradisionalnya yang menjadi ciri khas sekaligus penanda warung soto Pak Iket ini. Tempatnya tak begitu besar dan penampakannya sederhana, namun cukup nyaman sebagai tempat makan. Warung ini menyajikan soto sapi dengan kuah bening. Kuah kaldunya tipis dan bumbunya tidak terlalu tajam. Citarasanya yang cenderung ringan dan menyegarkan membuat soto ini cocok disantap sebagai menu sarapan. Daging sapinya disuwir tipis dan seratnya halus, sehingga terasa lembut saat dimakan.

Lokasi : Kios 44-45 terminal pos tingkir salatiga, Salatiga
Harga : Rp. 8.000/porsi
Menu : Soto Kwali
Telepon :

 

  • Warung Sate Kambing Pak H. Yono


Makanan pedas dan berempah yang disajikan panas memang menjadi pilihan makanan paling dicari oleh banyak orang karena udara Salatiga yang dingin. Salah satu penyedia makanan pedas dan panas tersebut adalah Warung Sate Kambing Pak H. Yono. Waung ini berlokasi di Jalan Dr. Muwardi, Salatiga. Depan Rumah Sakit Dr. Asmir. Warung ini memang tak hanya menjual Tongseng dan Sate, tapi ada juga gule, gecok dan tengkleng.

Lokasi : Jalan Dr. Muwardi, Salatiga. Depan Rumah Sakit Dr. Asmir
Harga : Rp. 15.000 – Rp. 20.000
Menu : Sate kambing, tongseng, gule, gecok dan tengkleng
Telepon :

 

  • Warung Lawuh Ndeso


Mencari tempat makan dengan menu maskan Jawa yang komplit di Salatiga, mungkin beberpa orang akan merekomendasikan Warung Lawuh Ndeso. Sebelum menjadi rumah makan seperti sekarang, Lawuh Ndeso dulu hanyalah warung mobil yang khusus buka di bulan Ramadhan saja. Warung Lawuh Ndeso ini merupakan rumah makan yang berkonsep pramanan. Seperti namanya Lawuh Ndesom yang berarti masakan kampung, adalah tempat makan yang menyuguhkan menu-menu rumahan khas Jawa. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Langenrejo No. 6, Gendongan, Salatiga. Tempatnya memang tidak berada persisi di tepi jalan, tetapi masuk gang.

Lokasi : Jl. Langenrejo No. 6, Gendongan, Salatiga
Harga : Rp. 10.000 – Rp. 25.000
Menu : Masakan rumahan khas Jawa
Telepon : (0298) 326794

 

  • Gecok Kambing Bu Sari


Buat kamu penggemar olahan kambing, mungkin kamu harus mencoba kuliner Gecok Kambing Khas Salatiga, tepatnya khas dari desa Tlogo di kecamatan Tuntang, Salatiga. Gecok ini  merupakan jenis olahan kambing dengan bumbu rempah yang sangat kaya. Adalah Warung Gecok Kambing Bu Sari, salah satu warung gecok yang rekomendasi. Satu porsi Gecok Kambing Bu Sari dihargai Rp. 14.000,-

Lokasi : daerah belakang bekas stasiun Tlogo, Tuntang – Salatiga. Dari arah Semarang belok kiri tepat setelah jembatan Tuntang. Dari arah Solo, menyeberang ke sisi kanan jalan tepat sebelum jembatan Tuntang.
Harga : Rp. 14.000
Menu : Gecok Kambing
Telepon :

 

  • Sate Ayam dan Kambing Cak Burhan


Para penggemar sate ayam da kambing, Salatiga punya banyak referensi untuk jenis makanan ini. salah satunya adalah Sate Ayam dan Kambing Cak Burhan. Dengan harga berkisar Rp. 12.000 – Rp. 15.000. kita bisa menikmati sate ayam maupun sate kambing yang istimewa. Untuk bisa menuju ketempat ini, kamu tinggal mengarahkan kendaraan kamu ke Sinoman, Salatiga. Berjarak kurang dari 1 km dari Pasar Jetis, arah menuju jalan lingkar baru atau ke Ambarawa.

Lokasi : Sinoman, Salatiga
Harga : Rp. 12.000 – Rp. 15.000
Menu : Sate Ayam dan Sate Kambing
Telepon :

 

  • Opor Bebek Mak Yah


Mungkin kebanyakan orang kalau makan bebek biasanya di goreng atau di bakar. Di Salatiga ada olahan bebek selain di goreng dan di bakar, yaitu di opor. Makan menu Opor Bebek sepertinya emang cocok buat menu mudik lebaran kamu. Jadi buat kamu yang berencana beristirahat di Salatiga, maka cobalah arahkan kendaraan kamu ke Desa Kebumen, Banyubiru, Jalur alternatif Salatiga – Ambarawa. Di daerah itu kamu bisa melihat Warung Makan Opor Bebek & bebek Goreng Mak Yah. Seporsi Opor Bebek dihargai sekitar Rp. 25.000.

Lokasi : Desa Kebumen, Banyubiru, Jalur alternatif Salatiga – Ambarawa
Harga : Rp. 25.000
Menu : Opor Bebek & Bebek Goreng
Telepon :
 

  • Ayam Goreng & Bakar Joyo


Rumah makan Joyo berlokasi di Jl. Pemotongan 24, Salatiga. Rumah makan ini merupakan spesialis pengolahan ayam goreng dan bakar, tapi selain ayam goreng dan ayam bakar, rumah makan ini juga menyjikan menu lainnya seperti sapi, paru, babat, iso, limpa, empal, paru dan juga sate daging sapi. Rumah makan ini memang jadi salah satu tempa makan rekomendasi di Salatiga karena memiliki susana yang cozy dan homy, selain itu harga menu makannnya yang murah dan terjangkau. Untuk sepotong ayam goreng atau bakar dihargai Rp. 10.000/potong.

Lokasi : Jl. Pemotongan 24, Salatiga
Harga : Rp. 10.000/potong
Menu : Ayam Goreng & Bakar
Telepon :
 

  • Bakmi Djowo Semeru


Mencari kuliner malam di kota Salatiga tidaklah terlalu sulit. Selain kotanya yang cukup kecil, akses jalannya kebanyakan menggunakan jalur searah, sehingga lebih memudahkan kita untuk mencari lokasi kulinernya. Salah satu kuliner malam yang menjadi rekomendasi adalah Bakmi Djowo Semeru Pak agus yang ada di Jl. Semeru. Tempat Bakmi Djowo Semeru ini terlihat sangat klasik khas Jawa dengan interiornya yang didominasi oleh kayu. Selain bakmi Jowo, Pak Agus menyediakan menu lainnya yang tak kalah menggiurkan. Misalnya saja nasi goreng/rebus, magelangan
goreng/rebus, capcaym tongseng dan ayam goreng.

Lokasi : Jl. Semeru, Salatiga
Harga : Rp. 10.000/porsi
Menu : Bakmi Djowo
Telepon : 08122532878

 

  • Wedang Ronde Jago


Di udara Salatiga yang dingin ini memang yang paling cocok dan nikmat adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat. Untungnya di Salatiga ini ada minuman khas Wedang Ronde Jago. Ronde adalah makanan tradisional dari cina yang terbuat dari yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus dan disajikan dengan kuah manis. Di Salatiga, Ronde tersebut dicampur dengan Wedang Jahe. Wedang Ronde Jago ini berlokasi di Jl. Jederal Sudirman No. 9 (Pasar Raya 2), Salatiga dan buka mulai dari pukul 14.00 – 21.00. selain Wedang Ronde, disni juga menyediakan menu seperti Sekoteng dan Wedang Campur.

Lokasi : Jl. Jederal Sudirman No. 9 (Pasar Raya 2), Salatiga
Harga : Rp. 8.000 – Rp. 9.000
Menu : Wedang Ronde, Wedang Sekoteng, Wedang Campur
Telepon : 0298-321813
 

Sumber: admin
CeritaPerut Kota Salatiga pun memiliki tempat kuliner yang enak-enak dan siap memenuhi hawa nafsu makan kamu. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat kuliner buat kamu dan mungkin bisa membantu untuk kamu mencari tempat kuliner di Salatiga saat mudik nanti. 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259