REKOMENDASI CERITAPERUT MUDIK SUBANG

By: Admin
Rasanya kurang pas jika kalian dan keluarga mudik ke kota Subang atau sekedar melewatinya  tanpa menikmati kuliner yang ada di sana. Mungkin kalian masih bingung ketika jalan-jalan di Subang, tempat makan yang enak dimana yah. Nih kita kasih tau berbagai kuliner di Subang:
 
  • Ikan Bakar Etong

Berkunjung ke kota Subang, ada yang kurang rasanya bila tidak menikmati makanan khas kota ini. Salah satunya Ikan bakar etong A' Badru yang terletak di Jalan eyang dongdo, depan SMP Negeri 1 Subang. Jika hendak berkunjung ke tempat ini, saya sarankan tidak dalam keadaan perut yang sangat kosong. Kenapa? Soalnya pengolahan ikan bakar ini lumayan cukup memakan waktu. Nggak sampai berjam-jam kok, Cukup menunggu sekitar setengah jam sampai 1 jam. Karena seperti masakan seafood lainnya, pengolahan ikan bakar ini memang cukup lama supaya ikan bisa matang sampai ke dalam. Selain itu, saking banyaknya yang membeli ada nomor antriannya loh. Bagaimana dengan harganya? Cukup terjangkau deh.. Ikan bakar ini di hargai sesuai dengan ukurannya yang dapat kita pilih sebelumnya. Ikan yang berukuran antara 40 cm - 60 cm ini,  dapat dibeli dengan kisaran harga antara 25 ribu - 40 ribu rupiah. Selamat mencoba.
 
  • Sate Biawak

Bagi kebanyakan orang biyawak merupakan hewan buas yang menyeramkan dan menjijikan. Namun siapa sangka ternyata daging hewan buas ini memiliki banyak penggemar. Di sepanjang ruas jalan Ciater – Tangkuban Parahu banyak berjajar jongko (warung) yang menawarkan menu sate dari hewan tersebut.  Satu porsi sate biyawak (10 tusuk + nasi) dibanderol dengan harga Rp. 35.000,-. Cukup mahal memang, namun meskipun mahal, tapi selalu saja ada yang memesan sate biawak di warungnya Didin. Selain menjual sate biayawak Didin juga menawarkan jenis sate lainnya, termasuk sate kelinci. Satu porsi sate kelinci harganya sama dengan sate biyawak. Boleh dicubo buat yang penasaran.
 
  • Belut Goreng Kakulu

Bicara tentang kuliner, Subang memang tidak ada habisnya. Di Subang bagian tengah, para pecinta kuliner tentunya sudah tidak asing dengan kuliner belut goreng. Menu yang satu ini bisa kalian nikmati di warung Ibu Atmi yang berlokasi di kampung Kukulu 2, desa nalimbing, kecamatan pagaden barat. Setiap hari warung sederhana milik ibu Atmi ini selalu dipadati para penggemar belut goreng. Kadang para pengunjung harus rela antri untuk mencicipi belut goreng ibu Emuk karena tempatnya yang sangat terbatas. Musti di coba nih.
 
  • Sup Ikan

Jika hendak berkunjung ke kabupaten Subang dari arah Bandung, tak ada salahnya mencoba sup ikan khas Subang. Ada dua rumah makan di Jalan Cagak, Kabupaten Subang  yang menyuguhkan sup ikan air tawar yaitu Rumah Makan (RM) Sangkuriang dan RM Abah. Di RM Abah tersedia sup ikan gurame, nila dan mas. Masing-masing, memiliki cita rasa kelezatan yang berbeda. Rasa dominan dari sup ikan versi RM Abah ini diantaranya, bumbu racikan untuk sup, rasa gurih mendominasi, dengan kuah yang bening bercampur minyak. Sup ikan ini dijual per ekor, untuk sup ikan gurame ini dibanderol Rp 70.000, ikan nila Rp 50.000, dan ikan mas Rp 25.000 per potongnya,” kata Soleh. RM Sangkuriang, juga menawarkan menu sup ikan  gurame, nila, dan mas. Di RM Sangkuriang ini sup ikan gurame dibanderol Rp 11.000 per ons, sementara untuk sup ikan nila Rp 10.000 per ons, dan sup ikan mas Rp 9.000 per onsnya. Silahkan dicoba.
 
  • D’KEY

Bagi pecinta masakan atau menu western dan jepang, kini tak perlu jauh-jauh bepergian ke luar Kota. Sebab, selain dikenal segudang obyek wisatanya, Subang kini memiliki aneka pilihan wisatakuliner.Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah D'Key di Jl. Pejuang 45 No. 4, kelurahan karanganyar, Subang. D'Key ini menyajikan menu dari Western, Jepang dan Indonesia. Sedikitnya terdapat 17 pilihan menu makanan yang siap menggoyang lidah, dari mulai salad, soup, sirloinn US import,  tenderloin hot plate aneka pilihan, sirloin steak, seafood, hingga menu ringan seperti chickn nuggete, french fries dan lainnya. Menggiurkan bukan??
 
  • Kedai Ma’pinah

Kota Bandung yang menjadi sentranya suku Sunda tentunya memiliki andalan kuliner yang juga bercitarasa Sunda adalah kedai Ma’Pinah yang merupakan salah satu restoran yang diakui. Nama Ma’Pinah sendiri diambil dari nama pendirinya dengan mengandalkan resep keluarga Ma’Pinah secara turun-temurun.Kebanyakan pelanggan Ma’Pinah kesrengsrem dengan tiga masakan yang kelezatan dan kegurihannya sukar ditandingi oleh masakan di resto lainnya. Sayur Asem paling enak dimakan dengan nasi yang masih panas plus sambal mentah yang ekstra pedas.Kedai Ma’Pinah ini berada di Jalan raya mundusari timur, Pamanukan – Subang Jawa Barat.
 
  • Nasi Timbel Ulek Mang Yayan

Rumah makan ini terletak di Jalan Mesjid Agung no.6. Disini menjual menu nasi timbel dengan lauk-pauk seperti ayam, ikan mas, ikan kakap, bebek, belut, bakwan udang, dan hingga ikan patin . Sambal yang dibuat disini adalah sambal dadak sehingga sambal masih segar dan terasa mantap.  Boleh dicoba nih guys.
 
  • Oncom Dawuan

Nih buat kalian yang mudik dari arah Bandung menuju Jakarta tapi melalui Subang dulu. Jangan lupa singgah dulu di Dawuan. Oncom Dawuan sangat terkenal sekali sehingga ada kawih (lagu) sunda yang judulnya Oncom Dawuan. Oncom diproduksi di daerah yang bernama babakan oncom. Jika kalian ingin mendapatkan oncom khas Dawuan anda bisa mendapatkannya di Kios Pak Harun yang terletak di Jalan raya dawuan letaknya tak jauh dengan alfamart. Musti coba.
 
  • Bakso Virgo

Bakso Virgo sudah berdiri puluhan tahun di Subang, sudah pasti banyak yang tau. Lokasi nya itu berada di Jalan Otto Iskandar Dinata, letaknya tak jauh dengan Rumah Sakit Umum PTPN. Selain itu disini tersedia menu lainnya seperti mie ayam. Rasanya lezat loh.
 
  • Saung Lesehan Mang Yeye

Suasana saung  di pinggir area persawahan tentunya menambah nikmat dan lahap makan. Saung lesehan mang Yeye terletak di Jalan raya dawuan, letaknya kira-kira 500 meter setelah POM Bensin Dawuan jika dari arah Bandung. Di sini tersedia berbagai menu masakan sunda seperti pepes ayam, ayam bakar, ikan bakar, belut, dan lain-lain. Mang Yeye adalah perintis saung lesehan disini sebelum di sekitarnya muncul rumah makan yang sama. Harganya relatif terjangkau kok  hehehe.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Rasanya kurang pas jika kalian dan keluarga mudik ke kota Subang atau sekedar melewatinya  tanpa menikmati kuliner yang ada di sana. Mungkin kalian masih bingung ketika jalan-jalan di Subang, tempat makan yang enak dimana yah. Nih kita kasih tau berbagai kuliner di Subang: 4.5 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=07 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259