MAKAN 3 PISANG SETIAP HARI DAN DAPATKAN 10 MANFAATNYA!

By: Admin

Pisang merupakan buah yang serba guna dan bisa dibuat menjadi berbagai jenis olahan makanan seperti smoothies, dijadikan sebagai dessert, atau pun dimakan secara langsung. Jadi tidak heran kalau pisang merupakan buah yang paling popular di dunia.
 
Selain memiliki harga yang terjangkau dan rasa yang manis, pisang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengkonsumsi 3 buah pisang dalam sehari, maka kamu telah memberi asupan sekitar 1500mg Pottasium untuk tubuh kamu dan banyak manfaat lainnya.
 
Berikut ini adalah 10 manfaat buah pisang yang luar biasa yang akan kamu dapatkan.
 
  1. Pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Hasil penelitian menunjikkan dengan mengkonsumsi paling sedikit 3 buah pisang dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Pisang berukuran medium memiliki sekitar 422 mg potassium dan hampir bebas sodium. Rasio dari potassium yang tinggi membantu menetralisir tekanan darah.
 
  1. Pisang meningkatkan sistem pencernaan
Pisang mengandung banyak serat yang sangat penting, seperti serat soluble dan insoluble. Fiber merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu mengatur proses pencernaan. Mengkonsumsi pisang akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama dan juga dapat membantu masalah sembelit.
 
  1. Pisang membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat sangat baik untuk kesehatan jantung, dan pisang merupakan buah yang kaya akan serat. Diet tinggi serat telah dapat mengurangi resiko terhadap dua penyakit berbahaya yaitu penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Serat soluble yang terdapat di dalam pisang sangat berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung.
 
  1. Pisang membantu membangun sel-sel yang sehat
Pisang juga sangat kaya dengan vitamin B6, mengandung 20 persen dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan dewasa. Vitamin B6 membantu tubuh untuk memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino non esensial yang sangat diperlukan untuk membentuk sel-sel yang sehat. Vitamin B6 juga membantu dalam memproduksi antibodi yang aktif melawan infeksi.
 
  1. Pisang meningkatkan kesehatan saluran kesehatan
Dikarenakan pisang ini mudah untuk dicerna, pisang juga dianggap sebagai makanan yang tidak membuat saluran pencernaan menjadi iritasi. Bahkan, pisang tidak hanya dapat mengurangi ketegangan pencernaan, tetapi juga dapat menenangkan saluran pencernaan dan membantu mengembalikan mineral yang hilang setelah diare. Karena itulah sebabnya pisang merupakan salah satu makanan padat yang pertama kali dikenalkan kepada bayi.
 
  1. Pisang juga kaya akan Vitamin C
Ketika kita mendengar kata vitamin C, mungkin jeruk dan strawberry menjadi buah-buahan yang pertama kali muncul di benak kita. tapi, pisang dengan porsi penuh menyediakan sekitar 15 persen nutrisi penting untuk kebutuhan harian. Vitamin C merupakan antioksidan penting yang dapat mentralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan atom bermuatan, molekul, dan ion jahat yang menghancurkan sel-sel di dalam tubuh secara berkelanjutan. Vitamin C juga membantu dalam menjaga pembuluh darah agar tetap sehat dan memproduksi kolagen yang menggabungkan otot, tulang dan jaringan lainnya bersama-sama.
 
  1. Pisang meningkatkan kinerja atletik
mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa para atlit sangat suka mengkonsumsi pisang? Alasannya adalah karena pisang dapat meningkatkan kinerja otot dan memberikan antioksidan dan nutrisi penting lainnya secara alami. Berdasarkan penelitian dari Lab Kinerja Manusia di Universitas Appalachian, mengkonsumsi setengah pisang setiap 15 menit pada saat bersepeda sangat efektif layaknya meminum minuman berkabohidrat khusus untuk berolah raga.
 
  1. Pisang dapat melawan anemia
Pisang juga dapat melawan penyakit anemia karena mengandung zat besi yang tinggi. Dengan mengkonsumsi pisang paling sedikit 3 buah dalam sehari dapat merangsang produksi hemogoblin di dalam darah dan membantu melawan anemia. Anemia merupakan suatu kondisi dimana terdapat penurunan sel darah merah atau hemoglobin yang menyebabkan kelelahan, pucat dan susah bernafas.
 
  1. Pisang menekan rasa lapar
Hal ini terjadi bukan karena makan pisang akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tapi juga karena aromanya yang menenangkan. Aroma dari pisang ternyata bisa menekan nafsu makan dan rasa lapar. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan mencium aroma pisang pada saat sedang lapar dapat mengelabui otak dengan berpikir bahwa kita sudah memakan mereka. Jadi, memang benar buah pisang dapat membantu kamu menurunkan berat badan.
 
  1.  Pisang dapat meningkatkan suasana hati dan membantu kita merasa senang
Pisang dengan ukuran medium mengandung sekitar 27 mg magnesium. Mineral ini dapat membantu meningkatkan mood kita dan membantu tidur yang nyenyak. Pria maupun wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jika kita kekurangn magnesium, sudah dapat dipastikan kita akan menderita dari gangguan kecemasan, depresi, mudah marah, dan gangguan lainnya.
 
Jadi, jika kamu ingin mendapatkan diet yang sehat, masukkanlah 3 buah pisang sebagai menu yang wajib kamu konsumsi sehari-hari. Karena seperti yang sudah dituliskan di atas, selain buah pisang memiliki rasa yang enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sehingga sangat cocok jika pisang ini dimasukkan ke dalam menu diet kamu sehari-hari.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Pisang merupakan buah yang serba guna dan bisa dibuat menjadi berbagai jenis olahan makanan seperti smoothies, dijadikan sebagai dessert, atau pun dimakan secara langsung. Jadi tidak heran kalau pisang merupakan buah yang paling popular di dunia. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=02 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259