9 KEAJAIBAN YANG AKAN KAMU DAPATKAN JIKA MENGKONSUMSI BIJI CHIA

By: Admin

Biji Chia atau yang memiliki nama latin Salvia Hispanica merupakan tumbuhan asli Meksiko dan masih satu keluarga dengan tumbuhan mint (wikipedia). Biji Chia yang pertama kali ditemukan lebih dari 5000 tahun yang lalu ini sekarang sudah menjadi tumbuhan yang popular sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat. Biji Chia ini sangat mudah untuk dicerna dan menawarkan rasa yang mild dan sedikit pedas, sehingga membuat tanaman ini sangat cocok untuk ditambahkan pada dessert, smoothies, dan bubur. Biji Chia ini dapat kita makan secara mentah, direndam atau giling.
 
Selain memberikan tambahan energi yang luar biasa, Biji Chia juga memberikan berbagai manfaat luar biasa lainny, terutama jika kita mengkonsumsinya secara teratur. Berikut ini merupakan 9 manfaat yang kita dapat dari mengkonsumsi Biji Chia seperti yang dilansir dari lifehack.com.
 
Meningkatkan sistem pencernaan
Dengan mengkonsumsi Biji Chia secara teratur, maka kita akan mendapatkan asupan serat yang cukup. Cukup dengan 80 gram per hari maka kita akan mendapatkan 100% serat untuk kebutuhan sehari-hari kita yang akan membantu proses pencernaan kita berjalan lebih lembut. Hal ini juga dapat membantu mengelimnasi racun dan membuang sampah sementara tetap menjaga kita tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama.
 
Meningkatkan tingkat energi dan ketahanan tubuh
Penelitian menunjukkan bahwa seorang atlit yang mengkonsumsi Biji Chia memiliki ketahanan tubuh yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi Biji Chia. Ketika Biji Chia ini terendam air, mereka akan berubah menyerupai gel, yang berisi energi yang banyak layaknya minuman energi yang populer. Setidaknya sekitar 100 kalori per sendok, merupakansalah satu bahan energi alami yang murni.
 
Menurunkan berat badan
Jumlah serat yang dikandung oleh Biji Chia juga bisa dijadikan alternatif diet dalam menurunkan berat badan. membantu kita tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama sementara kita tetap berolah raga untuk membuang kelebihan air dan limbah. Selain itu, Biji Chia juga mengandung banyak zat seng yang diketahui dapat menstimulasi leptin (membantu mengatur dan mengontrol hormon dan nafsu makan).
 
Meningkatkan fungsi kerja otak
Biji Chia merupakan sumber asam lemak omega 3 yang luar biasa, yang sangat penting untuk membantu fungsi otak. Selain itu juga dapat membantu melawan depresi, serta mengurangi peradangan dan membangun jaringan di otak yang berhubungan dengan perasaan. Hal ini juga membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif dan retensi memori, serta memberikan fungsi otak yang lebih cerdas lagi.
 
Meningkatkan kekuatan dan kesehatan jantung
Dikarenakan Biji Chia sangat kaya dnegan kandungan serat larut dan tidak larut yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dan membersihkan berbagai peradangan yang berbahaya dan penumpukan plak di sistem kardiovaskular yang  dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan gagal jantung. Biji Chia juga kaya akan sumber antioksidan yang dapat menurunkan kerusakan radikal bebas dan meremajakan sel serta memberikan kita jantung yang lebih kuat dan sehat.
 
Menurunkan resiko hipertensi
Kekuatan dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam Biji Chia sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah dan meredakan peradangan. Biji Chia juga mengandung magnesium, zat besi, potasium, dan antioksidan yang sangat penting dalam membantu memberikan kualitas darah yang lebih baik dan menajaga tekanan darah pada tingkatan yang ideal. Artinya kita akan jarang merasakan sakit kepala, sedikit berkeringat dan sedikit resiko dalam kehidapan sehari-hari.
 
Mengurangi terkena diabetes level 2
Biji Chia mengandung asam alpha linolenic dan banyak serat yang telah terbukti dapat menyeimbangkan tingkat gula darah dan mengurangi kemungkinan terkena diabetes level 2 secara dramatis. Serat laut yang menyerupai gel membantu untuk memperlambat proses pencernaan dan mencegah resistan insulin dan tekanan darah tinggi, yang merupakan sumber anti diabetes.
 
Memberikan otot yang lebih kuat dan pemulihan yang cepat setelah beraktifitas
Siapa yang akan menyangka bahwa Biji Chia ini mengandung sumber protein yang baik untuk energi? Biji Chia meruapak salah satu tanaman yang memiliki protein nabati terpadat yang pernah ada, dapat membantu memberikan kita otot yang kuat dan memudahkan dalam pembentukan otot serta meningkatkan pembakaran lemak. Bukan hanya itu, tapi juga kaya akan sumber magnesium yang telah terbukti dapat mengurangi keram otot dan mempercepat pemulihan tenaga setelah melakukan aktivitas berat.
 
Membuat kita tersenyum dengan lebih lebar lagi
Biji Chia mengandun kalsium yang setara dengan segelas susu, yang dimana membuat mereka sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Biji Chia juga dapat membantu mengurang olak yang menempel pada gigit dan mengeliminasi bakteri yang menyebabkan bau mulut dan sakit gusi.
 
Jadi kesimpulan yang dapat ditarik dari 9 poin diatas menunjukkan bahwa Biji Chia ini sangat luar biasa bagus untuk kesehatan tubuh kita. selain itu, Biji Chia juga bisa kita jadikan sebagai alternatif makanan dalam program diet kita, terutama setelah mengetahui bahwa Biji Chia juga memberikan rasa dan tekstur yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan kita. cukup untuk direndam selama 15 menit, dan sudah dapat disajikan sebagai pengganti telur pada makanan yang dipanggang, atau dapat dengan mudah ditambahkan pada menu dessert dan smoothies. Bagaimana, apakah kamu sekarang sudah terterik untuk mencobanya?
 
Sumber: Achmad Taufik
CeritaPerut Biji Chia atau yang memiliki nama latin Salvia Hispanica merupakan tumbuhan asli Meksiko dan masih satu keluarga dengan tumbuhan mint (wikipedia). Biji Chia yang pertama kali ditemukan lebih dari 5000 tahun yang lalu ini sekarang sudah menjadi tumbuhan yang popular sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat. Biji Chia ini sangat mudah untuk dicerna dan menawarkan rasa yang mild dan sedikit pedas, sehingga membuat tanaman ini sangat cocok untuk ditambahkan pada dessert, smoothies, dan bubur. Biji Chia ini dapat kita makan secara mentah, direndam atau giling. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=03 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259