TOP REKOMENDASI 10 JAJANAN JADUL YANG JADI KEKINIAN DI BANDUNG

By: Cerita Perut
Salah satu tujuan orang dateng ke Bandung selain untuk berbisnis atau berwisata ya untuk jajan, iya nggak sih? Kuliner di Bandung emang update terus, ada ragam suguhan baru yang bikin penasaran sekaligus sayang kalo nggak nyicip. BTW, kamu yang anak 90an, masih inget nggak sih beberapa jajanan jadul di Bandung yang saat ini udah jarang ditemukan? Pas jaman masih duduk di bangku SD, jajanan satu ini masih ngetren dan jadi rebutan saat jam istirahat sekolah.
 
Yeay, hasil dari pengecekan tim Cerita Perut, saat ini beberapa jajanan jadul ada kok yang masih eksis, bahkan telah berevolusi menjadi jajanan kekinian. Mau tau apa aja? Let’s check this out, guys!
 
Cilok

Sumber Foto : @cilokduolur

Jajanan satu ini emang hampir selalu eksis di setiap sekolah atau kampus. Rasanya yang kenyal dengan bumbu kacang yang khas selalu jadi sajian pas untuk disantap kapanpun. Kini, selain cara masaknya direbus, cilok tersedia dengan sajian cilok goreng atau cilor (cilok goreng telor). Bahkan di salah satu café menyediakan cilok dengan bumbu mozzarella, kekinian banget nggak sih? Hihi. Beberapa cilok yang eksis di Bandung diantaranya ada Cilok Duolur, Cilok Bapri dan Cilok Goreng Setiabudi. Kuy ah, cobain!
 
Cincau

Sumber Foto : @pd_princedaniel
 
Ini dia minuman nyegerin sekaligus mengandung bahan alami yang bikin panas dalam jadi reda. Nasihat orang tua jaman dulu sih kalo kita ngerasa sariawan, sakit tenggorokan, dan panas perut, tinggal diredakan dengan minuman satu ini. Untuk bikin cincau, prosesnya nggak gampang loh, kita harus bersabar mengolah daun cincau menjadi bentuk agar. Well, saat ini cincau bukan sekadar jajanan yang hanya bisa ditemukan di pinggir jalan, di beberapa mall juga kamu nggak susah kok menemukan jajanan satu ini. Bahkan, tidak hanya dicampur dengan gula dan es, tapi tersedia berbagai varian rasa seperti moccacino, taro, blueberry, dan lainnya.

Seblak

Sumber Info : @echal

Pecinta jajanan pedas mana suaranya? Ayey, emang nggak lengkap jajan seblak kalo rasa pedesnya kurang berasa. Jajanan berbahan dasar kerupuk yang crunchy ini dimasak menjadi kenyal, yang bikin khas sih rasa dan aroma dari kencur, bawang putih, juga bawang merahnya. Nggak jauh beda dari jajanan lain, kini seblak punya banyak topping, mulai dari makaroni, siomay, baso, sosis, sampai aneka kerupuk yang warna-warni. Ada juga seblak instan yang cara penyajiannya tinggal seduh aja, simpel bangetkan?
 
Kue Ape

Sumber Foto : @foodnotebdg

Sebetulnya sih kue satu ini surabi ala Jakarta yang bentuknya mirip pancake, namun mudah ditemukan juga kok di Bandung. Beberapa orang punya cara unik dalam menikmat kue ape, yaitu menghabiskan terlebih dahulu pinggiran yang tipis, lalu bagian tengahnya dimakan di akhir, iya nggak sih? Hehe. Nah sekarang kue ape nggak cuma rasa pandan dengan warna khas hijau, tapi ada juga warna putih rasa vanila dan warna ungu taro yang unyu. Ayo, cari mamang penjualnya di daerah Jalan Serayu Bandung
 
Bandros

Sumber Foto : @lets.go.eat

Nikmatin kue bandros sambil naik bandros (Bandung Tour on The Bus) emang paling pas. Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan santan ini tidak hanya tersedia dengan pilihan bandros asin atau manis yang polos, namun juga beberapa penjual kue bandros kreatif di Bandung mencampurkan berbagai topping seperti cokelat, salah satu tempat yang rekomendasi ada di daerah pasar cihapit. Hmm, kebayangkan nikmatnya bandros hangat dengan topping cokelat yang lumer di atasnya?
 
Awug

Sumber Foto : @lets.go.eat

Suka jajan makanan yang ngenyangin? Pas banget deh beli awug, selain mengandung karbohidrat dengan bahan dasarnya tepung beras, dalam setiap sajian awug terdapat gula merah dan kelapa parut. Minumnya? Tinggal sajikan teh tawar khas Bandung untuk mengimbangi rasa manisnya. Awug paling melegenda di Bandung ya awug Cibeunying, jajan disini harus bersabar mengantri. Selain awug tersedia juga ali agrem, kelepon, jiwel, putri ayu, dan lainnya. Cobain satu persatu ah!
 
Peuyeum

Sumber Foto : @festieroosma

Banyak loh sajian jajanan dengan bahan dasar peuyeum, ada peuyeum bol (bola-bola peuyeum), peuyeum goreng tabur gula pasir, sampai molen isi peuyeum yang ditaburi keju. Peuyeum paling terkenal yaitu produksi dari daerah Desa Cimenyan Kabupaten Bandung, teksturnya lebih empuk dengan rasa yang pas sehingga lebih digemari.
 
Cireng


Jajanan berbahan dasar tepung kanji ini emang kenyal-kenyal ngangenin. Kalo dulu aci digoreng ini isinya hanya bumbu kacang, sekarang udah kekinian dengan berbagai isi seperti kornet, sosis, keju, baso, ayam, sapi, dan lainnya. Bahkan sudah ada beberapa brand cireng beku yang dijual di supermarket, jadi setelah beli tinggal digoreng saja. Mau nyoba cireng yang legendaris di Bandung? Cus ke daerah Cipaganti, ada Cirreng Cipaganti yang sudah eksis sejak Tahun 1990.
 
Cendol

Sumber Foto : @nyendol.id

Kamu yang kurang suka dengan cincau, ada pilihan lain yaitu cendol. Sama-sama nyegerin sih, cuma bahan dasar dan bentuknya yang agak berbeda. Cendol terbuat dari tepung beras, tepung hunkwe, dan tepung kanji dengan warna hijau alami dari daun pandan atau daun suji. Cendol paling pas dinikmati bareng buah nangka atau peuyeum. Cendol masa kini sih dicampur dengan topping seperti oreo, sponge crunch, pudding, astor, dan lainnya.
 
Surabi

Sumber Foto : openrice

Nah, kalo jaman dulu sih jajanan satu ini jadi favorit menu sarapan pagi pengganti nasi. Penjual surabi biasanya hanya berjualan di waktu pagi atau sore, penjualnya itu cenderung nenek-nenek, iya nggak sih? Hehe. Dulu, hanya ada 2 pilihan rasa yaitu polos yang dicampur gula kinca atau oncom. Sekarang? Hmm jangan ditanya, kekinian banget deh, dari mulai topping sosis, keju, mayones, sampai ada yang namanya surabi pizza. Penasaran? Kamu bisa menemukan di Jalan Setiabudi Bandung.
 
Sumber: admin
CeritaPerut Salah satu tujuan orang dateng ke Bandung selain untuk berbisnis atau berwisata ya untuk jajan, iya nggak sih? Kuliner di Bandung emang update terus, ada ragam suguhan baru yang bikin penasaran sekaligus sayang kalo nggak nyicip. BTW, kamu yang anak 90an, masih inget nggak sih beberapa jajanan jadul di Bandung yang saat ini udah jarang ditemukan? Pas jaman masih duduk di bangku SD, jajanan satu ini masih ngetren dan jadi rebutan saat jam istirahat sekolah. 4 Visit us on Google+
{{ comments:display entry_id=02 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259