MAKAN GUDEG LANGSUNG DI DAPURNYA!

By: Stefkurniadi
4 Stefkurniadi @CeritaPerut Kuliner Yogya yang ga akan pernah saya lupakan adalah ini nih! Gudeg Pawon! Ga tau karena pengalaman baik atau buruknya ya jadi ga terlupakan :D Sebenarnya sudah beberapa kali pas berkunjung ke Yogya… Kuliner Yogya yang ga akan pernah saya lupakan adalah ini nih! Gudeg Pawon! Ga tau karena pengalaman baik atau buruknya ya jadi ga terlupakan :D Sebenarnya sudah beberapa kali pas berkunjung ke Yogya… Visit us on Google+
Kuliner Yogya yang ga akan pernah saya lupakan adalah ini nih! Gudeg Pawon! Ga tau karena pengalaman baik atau buruknya ya jadi ga terlupakan :D

Sebenarnya sudah beberapa kali pas berkunjung ke Yogya saya direkomendasikan untuk coba Gudeg ini. Tapi biasanya ga jadi aja karena gudeg ini bukanya baru jam 9 atau 10 malam. 

Sebenarnya ada alasan lain lagi setelah buka malamnya yaitu antriannya biasa panjang. Nah betul saja, pas saya dan teman setelah makan malam cari makanan malam lainnya :D kami berkunjung ke Gudeg Pawon ini. Eh betul saja, padahal tempat makannya blm secara resmi di buka, antrian sudah ada!

Antriannya ga terlalu heboh banget sih, paling ada 10 orang jadi akhirnya kami ikut mengantri. Berterima kasih ke teman saya karena dia yang maksa, kalo saya sendiri sih sebenarnya udah ngantuk pengen pulang :D tapi karena katanya tanggung udah sampai sana ya udah diperjuangkan deh!

Tapi shocknya lagi, selain kita memang harus menunggu sampai mereka buka baru antrian bisa maju perlahan, ternyata antrian ga maju2.. karena ternyata 10 orang tersebut adalah perwakilan antrian. Hitung saja per kelompok 5 orang berarti ada 50 orang di depan kami! Walahhhh.. beneran sampai akhirnya kami bisa megang piring itu total 1 1/2 jam berdiri!

Wow mengesankan banget kan memang :)) Selain itu juga tempat makan ini beda dari yang lain. Para pengunjung diminta mengantri langsung ke dapur. Para pengunjung mengambil makanan nya langsung di dapur. Sebenarnya setelah di dapur bukan kita juga yang ambil makanannya sih, tetep diambilin sama si bapak dan ibunya :D

Di dalam dapurnya udaranya cukup panas, karena pemasakan dengan arang nya langsung di sana. Tapi makan gudeg di sini dijamin masih hangat, karena kuah dan lauknya smua masih fresh dari kompor langsung.

Di sini yang dijual adalah gudeg basah. Karena di Yogya kan ada 2 tipe gudeg. Ada yang kering dan ada yang basah. Officially Gudeg Pawon hanya jual gudeg basah saja. Jadi ga ada menu lain. Minumannya juga paling teh dan jeruk. Yang dimaksud jeruk di sini adalah jeruk nipis.

Overall menurut saya enak! Jadi terbayarkan ngantri 1 1/2 jam juga! Karena ini adalah gudeg paling enak yang pernah saya makan! Semua nya enak.. dari krecek, nangka, ayam nya juga. Buat yang ga beruntung karena ga dapet ayam biasa dikasi ati ampela oleh si ibu.

Harganya juga ga terlalu mahal. Saya berdua teman sudah termasuk pakai ayam, ati ampela dan minuman jeruk berdua habis sekitar 40ribuan.

Memang buat yang tinggal di Yogya sih ga kerajinan juga sering2 ngantri untuk cuma makan gudeg, tapi buat yang berwisata kuliner sih wajib nih!! Di sini pengalamannya seru karena kita boleh pilih mau makan di mana aja, mau makan di teras, di dapurnya langsung, di pekarangan samping, sampai di teras tetangga juga boleh :D

Dari namanya "Pawon" artinya adalah dapur.. jadi makan gudeg langsung di dapurnya! Begitu kira2 maksud namanya :))) So... wajib dikunjungi saat ke Yogya nanti ya!

Penulis: Stefkurniadi

Food Blogger since 2009. Love everything about Indonesia! \nFollow my Twitter @stefkurniadi
{{ comments:display entry_id=1078 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259