TAHU TEK, MASAKAN KHAS MURAH KUALITAS GAK MURAHAN

By: Cerita Perut
4 Cerita Perut @CeritaPerut Apaan sih Tahu Tek? Buat kamu yang belum tau, Tahu tek itu salah satu masakan khas dari Surabaya. Tahu tek terdiri dari tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong-potong, ditambah dengan kentang… Apaan sih Tahu Tek? Buat kamu yang belum tau, Tahu tek itu salah satu masakan khas dari Surabaya. Tahu tek terdiri dari tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong-potong, ditambah dengan kentang… Visit us on Google+

Tahu Tek & Telor Warung 98

Alamat
Jalan Tukad Yeh Aya, Panjer, Denpasar
Telepon
Range Harga
Rp. 15.000 - Rp. 20.000
Apaan sih Tahu Tek? Buat kamu yang belum tau, Tahu tek itu salah satu masakan khas dari Surabaya. Tahu tek terdiri dari tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong-potong, ditambah dengan kentang goreng, sedikit tauge, dan irisan ketimun yang dipotong kecil-kecil (kayak acar), terus di siram sama bumbu petis di atasnya, dan dikasih kerupuk udang. Dikasih nama “Tek” karena ciri dari proses pembuatannya yang menggunakan guntungi untuk memotong tahu dan berbunyi tek tek tek.
 
Di Bali juga ada yang menjual tahu tek ini, tepatnya di Warung 98. Berlokasi di Jalan Tukad Yeh Aya, Panjer, Denpasar, dan beroperasi dari jam 10.00 – 24.00. pada dasarnya menurut saya tahu tek ini hampir sama dengan masakan tradisional lainnya seperti di Jakarta kita kenal dengan nama gado-gado dengan ketopraknya, di jawa barat kita kenal dengan kupat tahu petis, nah di Surabaya namnya Tahu Tek, cuman beda nama dan mungkin bumbu yang dipakai juga meski mirip-mirip pakai bumbu kacang, pasti ada rempah yang beda waktu proses pembuatan bumbu kacang tersebut, seperti tahu tek ini, bumbu petis yang dipakai warnanya lebih gelap dan pekat dari pada kupat tahu petis.
 
Begitu melihat bumbu petisnya tahu tek ini, kita pasti bakal nyangka kalau rasanya bakal manis, secara gitu, masakan jawa yang terkenal dengan rasanya yang lebih manis. Tapi tenang aja, kita bisa minta ditambahin cabe biar rasa lebih terasa pedas dan nendang. Rasanya? Dari tahunya, kentangnya, sampai ke bumbunya, semuanya terasa enak dengan campuran bumbu petis yang khas dari serabaya ini. Masakan ini sangat cocok buat di nikmatin waktu sarapan, tapi buat makan siang sama makan malam juga engga jadi masalah sih.
 
Di Warung 98 ini, selain menu tahu tek, menu favorit lainnya adalah tahu telur. Dari jenisnya hampir sama dengan tahu tek, hanya saja yang satu ini di tambah telor dadar sebelum dikasih bumbu petis. Menu lainnya yang bisa di coba adalah tahu campur, rujak cingur, gado-gado dan es campur.
 
Untuk harganya? Murah banget, secara gitu, warungnya sejenis warung kaki lima. Tapi saya jamin walaupun jenisnya kaki lima, tapi untuk kualitas masakannya kualitas restoran deh.

Penulis: Cerita Perut

Top 1000 Kuliner Indonesia
{{ comments:display entry_id=1742 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259