MENIKMATI MAKAN MALAM DI RUMAH MAKAN TORANI BALIKPAPAN

By: Anggi Alfonso
4.5 Anggi Alfonso @CeritaPerut Setiba di Balikpapan gue selalu mencari tempat kuliner yang asik buat dicoba, beberapa tempat kuliner balikpapan banyak yang jatuh bangun. Ada beberapa tempat favorite yang pernah gue coba namun… Setiba di Balikpapan gue selalu mencari tempat kuliner yang asik buat dicoba, beberapa tempat kuliner balikpapan banyak yang jatuh bangun. Ada beberapa tempat favorite yang pernah gue coba namun… Visit us on Google+

Setiba di Balikpapan gue selalu mencari tempat kuliner yang asik buat dicoba, beberapa tempat kuliner balikpapan banyak yang jatuh bangun. Ada beberapa tempat favorite yang pernah gue coba namun sekarang telah tutup. Terkadang harga menjadi kendala saat mencoba salah satu tempat kuliner di Balikpapan. Mungkin kalian yang pernah berkunjung ke Balikpapan pasti mengetahui soal harga tempat makanan di Balikpapan yang terbilang cukup mahal.

Kemarin malam sebelum artikel ini dibuat gue bersama salah satu sahabat yang datang jauh dari Makassar mencoba mencari tempat kuliner malam di Balikpapan, saat itu jam sudah menunjukan pukul 10.00 malam.  Perjalananpun dimulai mengelilingi bagian tengah kota Balikpapan untuk mencari tempat makan, awalnya cafe adalah tujuan utama kami untuk makan malam. Namun gue fikir jika makan di cafe pasti menunya nasi goreng. Sambil terus menelusuri jalanan Kota Balikpapan, hingga akhirnya gue teringat salah satu rumah makan yang buka hingga jam 23.30 malam yaitu rumah makan torani yang berada dekat dengan kawasan Brimob Balikpapan. Tanpa fikir panjang guepun merekomendasikan tempat makan tersebut kepada sahabat jauh yang datang dari makassar.

Sesampai di Rumah Makanan Torani gue dan sahabat gue langsung memilih meja, saat itu kami memilih meja di dekat aquarium arwana. Meja tersebut menjadi pilihan karena gue bisa melihat seekor ikan arwana yang berada di dalam aquarium, selain itu meja tersebut berada hampir di tengah-tengah bangunan sehingga gue bisa mengambil gambar untuk bahan tulisan ini. Sambil beristirahat sejenak kamipun dihampiri pelayan RM. Torani yang sembari menyodorkan buku menu makanan. Karena gue udah lama ga kesini akhirnya gue meminta rekomendasi pilihan makanan. Beberapa rekomendasipun terbilang cukup menggiurkan seperti kepiting dan udang, namun cukup disayangkan gue sendiri alergi dengan dua seafood tersebut.

Setelah menemukan pilihan makanan akhirnya gue memesan 3 menu untuk makan malam di Rumah Makan Torani yaitu Bandeng bakar tanpa duri, terong goreng dan ring cala mari. Kurang lebih 15-20 menit setelah memesan, menu pesanan kami datang satu persatu.

Menu pertama yang gue coba yaitu ring calamari menu ini terbuat dari cumi namun dibentuk seperti cincin, kemudian diluarnya dilapisin tepung crispy yang sangat gurih jika dimakan, untuk saucenya sendiri yaitu mayonaise yang terbilang sangat pas di lidah jika dikombinasikan dengan cumi tersebut. Untuk sayur terong sebenarnya ada beberapa pilihan seperti dibuat dengan sambel balado, namun gue memilih terong goreng polos karena gue dapat mengetahui bahwa terong tersebut masih fresh saat dimakan dan saat gue mencoba terong tersebut terbilang sangat fresh padahal saat itu jam sudah menunjukan pukul 22.30.

Menu ketiga yang gue coba yaitu menu bandeng bakar tanpa duri, untuk menu satu ini tidak perlu diragukan lagi karena menu tersebut adalah menu yang paling banyak peminatnya jika kalian berkunjung ke Rumah Makan Torani.

Oh iya untuk porsi nasi dan lalapan seperti kol disini bersifat prasmanan jadi ambil sendiri, pas banget buat gue yang lagi kelaparan.

Untuk soal rasa ga perlu diragukan lagi, apalagi dengan pengalaman Rumah Makan Torani yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun di Kota Balikpapan. Kenikmatan pilihankuliner Balikpapan sebenarnya dapat kalian lihat dengan berapa lama tempat tersebut berdiri, jika tempat tersebut tidak menjadi rekomendasi maka kurang dari 2 tahun tempat tersebut pasti akan tutup. Ini gue buktikan dengan banyaknya tempat-tempat kuliner di Balikpapan yang muncul dan hilang begitu saja.

Untuk soal harga Rumah Makan Torani terbilang cukup murah, apa lagi rumah makan yang berada di Kota Balikpapan. Hal tersebut bisa kalian buktikan dengan membandingkan harga beberapa tempat kuliner di Balikpapan dengan harga Rumah Makan Torani Balikpapan. Berikut adalah menu dan harga dari Rumah Makan Torani yang terbilang cukup murah.

Setelah selesai makan, tanpa sengaja gue melihat ruangan baru di Rumah Makan Torani yaitu ruangan VIP. Ruangan VIP Rumah Makan Torani ini terbagi menjadi dua ruangan yaitu ruangan family dan ruangan bisnis, terakhir ke Rumah Makan Torani ruangan ini belum tersedia. Tanpa fikir panjang akhirnya gue meminta ijin pada pihak Rumah Makan Torani untuk mengambil sedikit gambar untuk bahan tulisan di blog ini.

Setelah mengambil gambar guepun sempat menanyakan apakah ada minimal pemesanan untuk mengakses / menggunakan ruangan VIP tersebut, ternyata untuk sementara ruangan tersebut masih bebas di gunakan oleh rombongan yang berkepentingan tanpa ada minimal pembayaran/paket. Namun kedepannya pada ruangan VIP tersebut akan dikenakan biaya paket menu untuk penggunaan ruangan. Untuk fasilitasnya sendiri kedepannya akan ditambah, misalnya pada ruangan VIP Bisnis nantinya akan ditambah proyektor, screen proyektor, mic dan sound dimana standart dari ruangan bisnis pada umumnya. Untuk ruangan family gue belum sempat menanyakan tapi saat gue melihat langsung didalam ruangan sudah terdapat beberapa tempat bakaran atau memasak.

Setelah makan dan foto-foto ruangan di rumah makan torani, disini ada salah satu tempat yang asik banget nurut gue untuk berselfie ria. Dimana terdapat banner Rumah Makan Torani yang berada di tengah ruangan, jadi kalo selfie disini trus upload ke path berarti bukti sah bahwa kalian udah pernah datang ke Kota Balikpapan dan makan di Rumah Makan Torani Balikpapan.

Bagi yang pengen nyoba Rumah Makan Torani Balikpapan bisa datang ke alamat di bawah.

Alamat Rumah Makan Torani Balikpapan :  Jl. Jendral Sudirman No. 73 Stall Kuda Balikpapan
Nomor Telepon Reservasi / Pesanan : 0542 – 761 250

{{ comments:display entry_id=2482 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259