ROTI LEGENDARIS BERUSIA 60 TAHUN LEBIH!!!

By: Jeremy Meldika
4 Jeremy Meldika @CeritaPerut Hai pecinta kuliner! Kali ini gue mau cerita tentang salah satu roti paling legendaris di Indonesia. Kenapa gue bilang legendaris? Cause roti ini bukan sekedar roti biasa yang dijual di mall-mall,… Hai pecinta kuliner! Kali ini gue mau cerita tentang salah satu roti paling legendaris di Indonesia. Kenapa gue bilang legendaris? Cause roti ini bukan sekedar roti biasa yang dijual di mall-mall,… Visit us on Google+

Hai pecinta kuliner! Kali ini gue mau cerita tentang salah satu roti paling legendaris di Indonesia. Kenapa gue bilang legendaris? Cause roti ini bukan sekedar roti biasa yang dijual di mall-mall, di bakery terkenal, or di pasaran. Roti ini udah berusia 60 tahun lebih! WOOOOOOW!! Penasaran??? Setua dan selezat apakah dia??? Check this out!

Roti yang gue maksud adalah roti yang dijual di Toko Roti Sidodadi. Toko ini udah mulai beroperasi sejak tahun 1954 atau sekitar 61 tahun yang lalu! GILEEEE JADUL BANGET... Lo semua belum lahir kali ya.... Di kalangan warga Bandung, roti ini udah terkenal banget, bahkan sejak jaman dulu! Toko ini buka mulai dari jam 10.00 WIB dan tutup pada jam 20.00 WIB. Walaupun toko ini belum buka, udah banyak pendatang yang beli lho. Jam 09.00 pagi pun udah bisa beli roti ini walaupun pintu gerbangnya ditutup. Lo tinggal ketuk aja pintunya, entar dibukain sama pelayannya. Gak heran kalo lo datang pas siang hari, hampir sebagian roti udah LUDES TERJUAL. Gile benerrr...

Uniknya nih, toko ini masih mempertahankan desain KEJADULAN bangunannya, nuansa jaman penjajahan Belanda gitu deh. Disaat semua toko roti berpenampilan serba WAH dan modern, toko ini tetap eksis dan keren dengan gaya JADULnya, Papan namanya aja jadul abissss, hanya dengan papan persegi panjang dengan tulisan merah. Penataan ruangannya pun masih terkesan jaman-jaman penjajahan gitu deh. Selain itu, semua roti yang fresh from the oven dipajang di etalase kaca yang sederhana dengan tulisan harga yang sederhana pula. Pokoknya begitu masuk, lo seperti merasa berada di dunia yang berbeda. Wkwkwk apaan sih... Pokoknya UNIK BANGET! Gue aja yang kelahiran tahun 90-an begitu masuk tempat ini ngerasa ada di jaman dulu banget. Tapi yang buat gue terkagum adalah aroma di ruangan ini bener-bener mmmmmmm.... WANGI banget! Aroma khas roti yang habis dipanggang bener-bener memanjakan dan menggetarkan bulu hidung lo! Mantap!!

Nanyain masalah rasa? Gak usah ditanya deh. Ini roti bener-bener menggoda dan buat perut lo meraung-raung! Di sini disediain roti berbagai rasa, mulai dari rasa cokelat, keju, susu, strawberryblueberry, cinammon cokelat, pisang cokelat, pisang keju, sarikaya, horn originalhorn cokelat, dan masih banyak lagi! Selain itu disini juga di jual aneka kue-kuean dan jajanan yang lain seperti bolu, sus, lumpia, dan lainnya. Gue pernah coba roti rasa cinamon, sarikaya, horn cokelat, keju, jagung, susu, dan pisang blueberry. SEMUANYA ENAK DAN PATUT LO COBA!! Rasanya pas banget di lidah. Gak terlalu manis dan gak bikin mual. Yang favorit gue tuh rasa jagung dan horn cokelat. Jagungnya tuh bener-bener manis dan renyah. Seimbang banget antara jagung manis dan adonan roti yang empuk. Horn cokelatnya juga bener-bener enak dan gak giung karena fla cokelatnya gak terlalu manis dan juga creammy. Rotinya juga empuk banget dan adonannya pas! Yang buat roti ini beda dari yang lain adalah ragi yang mereka gunakan masih ALAMI banget. Pas lo sobek rotinya, keliatan banget seratnya masih alami, beda dari roti-roti lain. Walaupun teksturnya ada padat tapi empuk banget.. Semua adonannya pure resep jaman dulu dan beberapa rasa disesuaikan dengan jaman sekarang. Halal dan berkualitas! Pokoknya sekali lo makan BIKIN NAGIH deh!

Harganya?????? Jangan khawatir. Rata-rata roti yang disedian di sini sekitar Rp 3000-an ke atas. HAAAAH??? Yakin? 100% YAKIN! Gue beli 4 jenis roti hanya bayar Rp 14500 saja. Itu pun ukuran rotinya gak kecil. Untuk roti tawar ukuran gede pun dipasang harga Rp 9000. WOW BANGET! Walaupun harganya tergolong murah, rasanya gak murahan sama sekali!! Ini yang menjadi salah satu daya tarik dan daya pikat yang membuat roti ini digemari banyak orang. 

Yang uniknya lagi, kemasan rotinya bener-bener sederhana dan jadul abizzz. Setiap roti yang dibeli pasti dimasukkan ke dalam bungkus warna putih dengan gambar seorang wanita yang memegang roti. Jenis tulisannya dan kata-katanya pun masih terkesan jadul, contohnya aja kata 'KUE' masih ditulis 'KUWEH'. Wkwkwk. Selain itu di bawahnya tertulis himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya dan himbauan untuk menjadi peserta KB.. WKWKWK.. Bener-bener unik! Jarang banget lho menemukan toko roti yang masih mempertahankan kemasan makanan yang jadul seperti ini.

Nah begitulah pengalaman kuliner saya di Toko Roti Sidodadi ini. Walaupun toko ini jadul banget, namun dengan kejadulannya banyak orang yang terpikat ke tempat ini. Salut banget deh sama toko roti ini! Buat kamu yang penasaran dan kepo sama toko roti ini, langsung aja terjun ke Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) No. 255, Bandung. Kalian harus cermat ya soalnya toko roti ini susah ditemukan karena didempet dengan bangunan lain dan papan namanya pun tidak terlalu jelas. Sekali ketemu, pokoknya LO HARUS WAJIB BANGET COBA! RECOMMENDED! 

Sumber gambar : Dokumentasi Pribadi 2015, http://www.haphap.comhttp://www.serbabandung.com


Penulis: Jeremy Meldika

Hobby makan dan ngemil tapi badan tetep kurus. wkwkwk
{{ comments:display entry_id=2538 entry_key="storyposts:storypost" [module="storyposts"] }}
Fatal error: Call to a member function encode() on a non-object in /var/www/html/ceritaperut.com/system/cms/modules/comments/libraries/Comments.php on line 259